Melihat 7 Hasil Karya Arsitek Terbaik Indonesia

Arsitek Indonesia memiliki karya yang tak kalah dari karya arsitek dunia. Nggak cuma populer, beberapa karya arsitek Indonesia juga kerap menjadi studio dan juga menerima berbagai penghargaan bergengsi dari dunia arsitektur internasional.

intip dan kenali 7 karya arsitektur yang mengharumkan nama arsitek Indonesia di mata dunia arsitektur internasional

1. Masjid Istiqlal (Fredrich Silaban)

Masjid Istiqlal (Fredrich Silaban)

Fredrich Silaban adalah salah satu arsitek Indonesia pada era kemerdekaan yang dikagumi tak hanya oleh sesama arsitek Indonesia, namun juga oleh arsitek dunia. Dari sekian banyak karyanya, salah satu yang terkenal dan masih berdiri megah hingga saat ini adalah Masjid Istiqlal.

Baca Juga :  5 Tips Perawatan Agar Rumah Tidak Mudah Rusak

Karya Fredrich Silaban ini merupakan hasil memenangkan sayembara yang dibuat oleh Bung Karno. Masjid karya arsitek Indonesia satu ini bahkan sempat menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara pada era 1970-an.

2. Menara Phinisi UNM (Yu Sing)

Menara Phinisi UNM (Yu Sing)

Yu Sing adalah arsitek Indonesia asal kota Bandung yang terkenal akan kemampuannya bermain dengan material-material daur ulang yang berani dan juga konsep bangunan serta rumah ramah lingkungan.

Baca Juga :  4 Fungsi Keramik Dalam Konstruksi Bangunan

Salah satu karya megah dan terbaik dari arsitek Indonesia ini adalah UNM Phinisi Tower. Melalui karya Yu Sing, Anda bisa melihat gaya kontemporer yang selaras dengan desainnya.

3. Perpustakaan Universitas Indonesia (Budiman Hendropurnomo)

Perpustakaan Universitas Indonesia

Karya terbaik arsitek Indonesia berikutnya adalah Perpustakaan Universitas Indonesia karya arsitek Indonesia Budiman Hendropurnomo.

Dengan konsep dan kesan yang dekat dengan alam, perpustakaan yang dirancang oleh arsitek Indonesia ini juga menyediakan ruang terbuka yang dapat digunakan sebagai ruang rekreasi publik bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga :  6 Jenis Triplek Untuk Keperluan Rumah Tangga

Ruang yang semarak di gedung perpustakaan ini membuat arsitektur megah arsitek Indonesia semakin mengesankan.

4. Museum Tsunami Aceh (Ridwan Kamil)

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami merupakan salah satu karya terbaik arsitek Indonesia selanjutnya. Sebagai monumen simbolis bencana tsunami tahun 2004, bangunan megah yang dirancang oleh arsitek Indonesia Ridwan Kamil ini kaya akan unsur filosofis dan mewakili situasi, situasi dan perasaan bencana tsunami.

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Baja untuk Struktur Bangunan

Selain Museum Tsunami, karya Ridwan Kamil lainnya juga populer, antara lain Rumah Botol, Masjid Merapi, dan Masjid El Siad.

5. KCN Office (Atelier Cosmas Gozali)

KCN Office (Atelier Cosmas Gozali)

Melihat bentuknya saja, Anda akan merasa bahwa bangunan ini layak untuk dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya, bangunan ini memiliki bentuk arsitektur modern yang unik yang berhasil tampil menonjol dan megah.

Baca Juga :  Pengaruh Uap Air Pada Struktur Bangunan

Yang lebih membanggakan lagi, gedung ini dirancang oleh arsitek Indonesia Cosmas Gozali. Cosmas Gozali sendiri adalah seorang arsitek Indonesia yang masih aktif di dunia arsitektur dan sangat dekat dengan dunia seni rupa, hal ini dapat dilihat pada karya-karya unik dari arsitek Indonesia ini.

6. Alor Island Airport / Mali Airport (Nataneka)

Alor Island Airport / Mali Airport (Nataneka)

Bandara Yaro atau Bandara Mali adalah bangunan arsitek Indonesia Nataneka Architects. Nataneka dibangun di era yang menarik dan unik, dengan konsep desain arsitek Indonesia, dan memenangkan kompetisi pembangunan Bandara Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :  Tips Cara Mudah Membersihkan Lantai Dengan Deterjen

Anehnya, karya arsitek Indonesia ini dipamerkan di Korea International Architecture Exhibition bersama karya-karya arsitek Indonesia lainnya.

7. Konservasi Mbaru Niang (Yori Antar)

Konservasi Mbaru Niang (Yori Antar)

Meskipun arsitek Indonesia sebelumnya dikenal dengan karya arsitektur modernnya, Yori Antar, putra arsitek Indonesia Han Awal, justru dikagumi karena proyek pelestarian arsitektur Indonesia yang berkelanjutan.

Salah satu proyek arsitek Indonesia yang terkenal dan disegani ini adalah melindungi rumah adat suku “Mbaru Niang” dan Wae Rebo. Selain itu, ia juga aktif mengembangkan berbagai rumah adat dan bangunan tradisional Indonesia lainnya yang terancam punah jika tidak dilindungi.

Baca Juga :  Model dan Harga Keran Air Cuci Piring yang Populer di Pasaran

Ini adalah beberapa tokoh yang terkenal di industri arsitektur Indonesia, dan mereka memiliki beragam karya yang luar biasa. Karya-karya yang berbeda ini tidak hanya membanggakan dunia arsitektur Indonesia, tetapi juga memberikan kontribusi besar bagi budaya, masyarakat, pendidikan dan aspek lainnya. Ayo lebih bangga lagi dengan karya-karya arsitek nusantara!

Pencarian Kata Kunci : Arsitek Terbaik - Arsitek Terbaik Di Dunia - Arsitek Terkenal - Desainer Rumah Terkenal - Perusahaan Arsitek Terbaik Di Dunia - Perusahaan Arsitektur Terbaik Di Dunia -