Tips Bagimana Cara Mudah Menggunakan dan Merawat Mesin Las Listrik

Tips Bagimana Cara Mudah Menggunakan dan Merawat Mesin Las Listrik

Mesin las listrik/trafo las inverter digunakan untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui elektroda. Mesin las listrik digunakan untuk menyambung atau menggabungkan berbagai bagian media kerja menjadi satu kesatuan/bentuk yang tidak mudah dibongkar pasang. Beberapa media kerja yang dapat dilakukan dengan alat las listrik adalah besi dan stainless steel (pelat dan batang).

Cara menggunakan mesin las listrik 900 Watt

Mesin las 900 watt relatif murah dan mengkonsumsi daya rendah, dan telah banyak digunakan di Indonesia. Dengan menggunakan mesin las listrik 900Watt dapat digunakan untuk membuat pagar, kanopi, jalan setapak, dll. Cara dan langkah penggunaan mesin las listrik adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  5 Keuntungan Menggunakan Pengisi Daya Aki Portabel

Hubungkan kabel power dengan sumber listrik

Gunakan catu daya yang sesuai dengan spesifikasi mesin las Anda, jika mesin las Anda 900 watt, gunakan catu daya yang lebih besar dari daya yang dibutuhkan. Daya yang tidak mencukupi akan mengakibatkan hasil pengelasan tidak sempurna/tidak optimal dan menjatuhkan juru las. Jika mesin las Anda dilengkapi dengan pelindung generator, maka Anda dapat menggunakan generator sebagai sumber listrik.

Baca Juga :  9 Alat Cuci Mobil Di Rumah Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Pasang clamp massa

Langkah pertama dalam menggunakan tukang las listrik adalah menghubungkan penjepit massa ke terminal negatif (-) dan penjepit elektroda ke terminal positif (+).

Jepit tang massa

Jepit mass clamp pada benda kerja yang akan dilas, dan massa sebagai ground/(-).

Pilih / sesuaikan ampere

Pilih ampere sesuai dengan benda kerja yang ingin dilas. Penentuan ampere akan menentukan berapa banyak panas yang dihasilkan. Semakin besar arus, semakin besar panas yang dihasilkan. Panas yang dihasilkan juga dapat menentukan kematangan las.

Baca Juga :  Kenali 5 Tanda Perkakas Listrik Anda Sudah Mulai Rusak

Tang elektroda

Fungsi dari penjepit elektroda adalah untuk menjepit elektroda sebagai penghantar yang mengubah listrik menjadi panas.Ukuran elektroda mempengaruhi efek pengelasan. Pemilihan kawat elektroda harus disesuaikan dengan kemampuan mesin las untuk mencapai efek pengelasan yang sempurna.

Pergerakan elektroda harus konstan, agar hasil pengelasan matang dan tidak ada lubang. Tidak semua orang bisa mengelas hasil yang bagus, tetapi jika Anda terus berlatih, keterampilan Anda akan menjadi lebih baik dan hasil pengelasan Anda akan sempurna. Saat mengelas, Anda harus memprioritaskan keselamatan untuk menghindari kecelakaan.

Baca Juga :  Daftar Tools  yang Wajib Dimiliki Di Rumah

Kaca mat alas/topeng las

Kenakan kacamata atau masker las khusus sebelum pengelasan untuk menghindari pengaruh sinar ultraviolet.

Pecahkan/bersihkan fluk

Batang las terbakar menghasilkan fluks atau kotoran, elektroda menjadi besi lengket, dan lapisan elektroda menjadi fluks/cladding. Fluks biasanya menempel pada permukaan las. Jika tidak dibersihkan, efek pengelasan tidak akan merata dan mudah berkarat .

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Merawat Mesin Mobil Agar Awet

Gunakan alat yang biasanya disertakan dalam mesin las pada saat pembelian untuk membersihkan fluks. Ketuk terlebih dahulu lalu sikat, perlahan dan rapi, agar efek pengelasan yang Anda lakukan juga sangat rapi.

Tips merawat mesin trafo las inverter

  • Mesin las inverter biasanya dilengkapi dengan sensor suhu konstan untuk melindunginya jika terjadi panas berlebih, tetapi panas berlebih yang ditanggung mesin masih membutuhkan kipas pendingin untuk memberikan suplai pendinginan yang maksimal. Oleh karena itu, sirkulasi udara yang dihasilkan oleh kipas pendingin masih perlu diperhatikan apakah sudah  beroperasi secara normal.
  • Karena lokasi kerja tidak dapat menjamin kebersihan, usahakan untuk sering membersihkan unit mesin las untuk menghindari penumpukan debu atau serbuk besi yang biasanya masuk ke dalam mesin. Karena meskipun terlihat seperti debu, debu seperti ini dapat menyebabkan hubungan pendek antar sirkuit                  elektronik, terutama debu yang dihasilkan oleh serbuk besi saat penggilingan atau pemotongan.
  • Hindari kontak dengan berbagai cairan. Rangkaian elektronik pada mesin las inverter sangat rentan terhadap berbagai bentuk cairan, karena dapat menyebabkan hubungan pendek pada konektor rangkaian atau komponen lainnya. Oleh karena itu, unit mesin harus tetap di tempatnya selama bekerja atau penyimpanan untuk memastikan bahwa unit mesin dijauhkan dari bahan cair.
  • Gunakan catu daya yang stabil untuk menyalakan mesin las inverter. Dengan sumber daya yang stabil, mesin akan bekerja lebih lancar dan masa pakai regulator dapat diperpanjang.
  • Hindari penggunaan daya dari genset yang tidak dilengkapi penstabil tegangan. Karena jika arus yang dihasilkan generator masih naik turun, selain efek pengelasan yang buruk, juga akan menyebabkan kerusakan yang cepat pada regulator unit las inverter.
  • Sesuaikan kawat las atau elektroda dengan kapasitas yang diizinkan oleh spesifikasi mesin. Hal ini sangat penting untuk memberikan hasil kerja yang sempurna sekaligus menjaga performa mesin dalam kondisi prima.
Baca Juga :  4 Tips Memilih Mesin Pemotong Kayu

Demikian pembahasan tentang cara penggunaan dan perawatan mesin las listrik/trafo las inverter, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Pencarian Kata Kunci : Harga Mesin Las Listrik 900 Watt Bekas - Harga Mesin Las - Trafo Las - Mesin Las Listrik Terbaik - Mesin Las Generator - Harga Mesin Las Listrik - Harga Mesin Las Generator - Mesin Las - Mesin Las Listrik - Trafo Las Listrik - Travo Las -