Konstruksi Pembangunan Rumah

10 Bagian Konstruksi yang Harus Diperhatikan dalam Pembangunan Rumah

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah Anda sendiri? Pastikan Anda memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan rumah. Hal ini sangat penting karena struktur rumah merupakan pondasi dari rangka, yang akan mempengaruhi daya tahan dan tampilan rumah.

Untuk itu, Jalkotku akan memberikan tinjauan singkat tentang struktur bangunan dari bawah ke atas. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga :  Penyebab Kerusakan Struktur Bangunan

Konstruksi Bangunan Bagian Bawah

Balok sloof

Jika kita melihat bagian bawah rumah, dekat dengan pondasi, kita bisa melihat Balok sloof. Balok sloof ini terletak di alas tiang atas. Fungsi Balok sloof sama pentingnya dengan pondasi.

Untuk membantu membangun fondasi, Balok sloof ini menghubungkan setiap bagian bawah ke setiap kolom. Selain itu, balok juga memikul beban bangunan agar tetap rata, serta dapat meminimalkan selisih reduksi yang disebabkan oleh perubahan kemampuan tanah untuk memikul beban bangunan, atau biasa disebut dengan reduksi bangunan.

Baca Juga :  7 Daftar Penyebab Utama Keramik Pecah

Baca Juga : Tips Memilih Kontraktor Rumah Agar Tidak Rugi

Fondasi

Pondasi adalah bagian paling bawah dari struktur bangunan, bagian bangunan yang langsung menempel pada tanah keras. Pondasi sangat berguna untuk memikul beban penuh bangunan, sehingga dapat berdiri kokoh dan memindahkan beban ke tanah keras di sekitarnya.

Konstruksi Bangunan Bagian Atas

Dinding

Dinding digunakan sebagai penutup bagian dalam rumah. Dinding juga dapat digunakan sebagai partisi ruang untuk rumah dan menambah keindahan bangunan. Jika dinding berada di tengah struktur, dapat juga digunakan untuk menopang beban bangunan atas.

Baca Juga :  8 Tips Agar Kamar Tidak Pengap dan Panas

Ventilasi

Ventilasi dapat diartikan sebagai lubang yang memungkinkan udara masuk ke dalam rumah dari luar. Pintu, jendela atau ventilasi pada dinding bangunan itulah yang disebut  ventilasi.

Rangka Atap atau Kuda-kuda

Kuda-kuda , juga disebut rangka atap, digunakan untuk menopang atap dari genteng hingga bilah. Rangka atap biasanya terbuat dari kayu. Namun kini sudah ada rangka atap yang terbuat dari baja ringan yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca Juga :  Pengaruh Uap Air Pada Struktur Bangunan

Baca Juga : 9 Tips Membuat Kamar Mandi Menjadi Cerah

Lantai

Lantai adalah aspek penting lain dari desain arsitektur dan tidak dapat diabaikan. Setiap lapisan bangunan memiliki peran yang sangat penting, terutama untuk memastikan tampilan strukturnya indah dan tidak monoton.

Ada beberapa gaya lantai yang berbeda, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda harus terlebih dahulu menentukan desain rumah yang diinginkan. Kemudian, pilihlah lantai yang desainnya sesuai dengan konsep rumah untuk menciptakan kesan yang lebih indah dan nyaman.

Baca Juga :  Beberapa Jenis Kayu untuk Pekerjaan Konstruksi yang Paling Populer

Jendela dan Pintu

Ada banyak desain rumah yang tidak mempertimbangkan pentingnya model jendela untuk arsitektur. Pintu dan jendela memainkan peran penting dalam penampilan rumah dan secara signifikan dapat mengubah penampilannya. Pintu yang terbuat dari bahan yang tepat akan bertahan lebih lama (awet), sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memperbaiki pintu di kemudian hari.

Baca Juga :  7 Jenis Keramik Lantai Untuk Mempercantik Rumah Kalian

Baca Juga : Agar Nyaman Berikut 7 Tips Desain Interior untuk Lansia

Atap

Jika Anda melihat bangunan dari luar, Anda dapat melihat atap di bagian atas bangunan. Tujuan dasar dari atap bangunan adalah untuk melindungi seluruh bagian dalam bangunan dari hujan, salju, dan angin kencang.

Baca Juga : Jenis Konstruksi yang Perlu Diketahui

Baca Juga :  5 Tips Cara Meminimalisir Hawa Panas Di Kamar Tidur

Ini adalah bagian penting dari konstruksi bangunan dan harus dipertimbangkan dengan cermat. Agar bangunan dapat bertahan lama, usahakan selalu menggunakan bahan berkualitas tinggi. Baca artikel lain di blog prospektus untuk mempelajari lebih lanjut tentang real estat dan konstruksi.

Balok latei

Cobalah untuk fokus pada area di sekitar bagian atas pintu atau jendela. Balok Latei, juga disebut gelagar, digunakan untuk menopang atap bangunan dan mengurangi beban pada rangka.

Baca Juga :  6 Jenis Triplek Untuk Keperluan Rumah Tangga

Latei memungkinkan rangka untuk berdiri kokoh dan tanpa risiko bengkok atau patah. Tujuan utama dari night beam adalah untuk menjaga agar rangka tetap tegak saat terjadi gempa.

Tangga

Tangga merupakan salah satu area yang sering diabaikan dalam konstruksi bangunan. Padahal, membangun tangga sama pentingnya dengan membangun komponen rumah lainnya. Tangga memiliki spesifikasi pembuatannya sendiri, jika tidak diikuti maka tidak aman untuk digunakan.

Baca Juga :  Cara Mengecat Dinding Rumah Anda Dengan Cat Anti Jamur
Pencarian Kata Kunci : Bangunan Baja Ringan - Jasa Konstruksi Dan Bangunan - Jasa Konstruksi Rumah - Jasa Sipil Bangunan - Konstruksi Baja Ringan Untuk Rumah - Konstruksi Rumah - Konstruksi Rumah Baja Ringan - Rumah Konstruksi Baja - Tangga Beton Rumah Minimalis -