5 Tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah

5 Tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah

Mati lampu ! Merupakan sebuah kalimat yang sering kita dengar ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba. Bila ini terjadi, semua aktivitas akan terhenti karena hampir semua perangkat yang kita gunakan sehari-hari menggunakan listrik.

Pesatnya perubahan dan perkembangan teknologi modern juga mendorong berkembangnya peralatan listrik dan elektronika yang dibutuhkan untuk mempermudah pekerjaan kita. Semua peralatan harus menggunakan listrik.

Lihatlah berapa banyak peralatan listrik dan elektronik yang kita miliki di rumah kita saat ini. Suka atau tidak suka, kita semua mengandalkan penggunaan sumber daya dan pengoperasian yang optimal. Jumlah, jenis, dan penggunaan peralatan menentukan tagihan listrik bulanan yang kita bayar.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Peralatan Dapur Elektronik untuk kalian yang Hobi Masak

Baca Juga : Daftar Merek Kabel Listrik Terbaik yang Direkomendasikan

Tanpa disadari, ketika kita menggunakan peralatan listrik dan elektronik di rumah, kita memiliki kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi listrik. Sangat penting bagi kita untuk membangun model penghematan listrik dan mengurangi ekspansi tagihan listrik.

Tips Menghemat Penggunaan Listrik

Berikut ini adalah tips untuk Menghemat Penggunaan Listrik dalam kehidupan sehari-hari yang dirangkum oleh Jalkotku.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tukang listrik

Penggunaan Lampu

Mematikan lampu memang terdengar sepele. Namun, jika Anda dapat mematikan lampu dengan hemat saat tidak digunakan, seperti mematikan lampu di siang hari, maka Anda akan melihat efek hemat energi dari pencahayaan yang sangat besar pada tagihan listrik bulanan Anda.

Baca Juga : 10 Peralatan Listrik yang Harus dimiliki di Rumah

Baca Juga :  Inovasi Perkembangan Kelistrikan di Dunia

Selain mematikan lampu saat tidak digunakan, Anda juga bisa menghemat energi dengan menggunakan lampu LED atau lampu hemat energi lainnya. Dengan cara ini, meski sering menggunakan lampu di rumah, Anda tetap bisa menghemat listrik.

Penggunaan AC

Sama seperti lampu, Anda juga dapat menghemat energi di rumah Anda dengan mematikan AC saat tidak digunakan. Saat menggunakan, pastikan untuk mematikan ruangan tempat AC berada, agar AC dapat digunakan secara maksimal.

Baca Juga :  9 Cara Hemat Listrik Di Rumah Agar Tagihan Listrik BulananTidak Bengkak

Baca Juga : Kenali Tanda-Tanda Korsleting Listrik di Sekitar Kalian

Cara yang lebih baik adalah menggunakan udara alami dengan membuat lubang ventilasi yang baik. Dengan cara ini, Anda mungkin dapat sepenuhnya menghilangkan daya AC dan menghemat daya dengan lebih baik.

Cabut Kabel dari Saklar

Jangan biarkan kabel atau peralatan pada saklar dalam keadaan tidak terpakai, karena dalam hal ini arus akan tetap mengalir pada kabel dan terbuang percuma. Selain itu, cabut kabel daya dari sakelar untuk menghindari korsleting.

Baca Juga :  Mengenal Satelit Luar Angkasa

Matikan Alat Elektronik di Malam Hari

Minimalkan penggunaan peralatan elektronik di malam hari. Sebelum tidur, biasakan untuk memeriksa dan mematikan perangkat elektronik, terutama jika tidak diperlukan.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi untuk Korsleting Listrik Peralatan Rumah Tangga

Misalnya, Anda dapat menyalakan TV dan menyalakan lampu saat Anda tidur. Selain itu, Anda dapat mematikan gadget yang sedang diisi daya saat Anda tidur. Ini tidak hanya untuk mencegah pemborosan daya, tetapi juga untuk mencegah kerusakan pada gadget dan risiko korsleting.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Lampu Plafon Untuk Rumah Anda

Perhatikan Penggunaan Alat Elektronik

Sesuai dengan kapasitas dan daya yang rendah, gunakan peralatan elektronik sesuai kebutuhan.

Misalnya kulkas. Atur suhu lemari es yang ideal pada 2-4 derajat Celcius. Jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam lemari es, karena akan mempersulit pendinginan. Saat bepergian dalam waktu lama, sebaiknya matikan kulkas.

Baca Juga :  3 Tips Cara Memperbaiki Stop Kontak Dirumah kalian

Kemudian, pilih mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Gunakan pengering pakaian saat musim hujan (gunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian).

Perangkat elektronik selanjutnya adalah rice cooker/magic pot. Jangan menyalakan rice cooker terus menerus. Setelah nasi matang, penanak nasi akan otomatis beralih ke mode pemanasan. Hal ini memungkinkan perangkat untuk terus mengkonsumsi daya.

Baca Juga :  3 Alasan Utama Mengapa Lampu LED Banyak Diminati

Baca Juga : Ini Solusi MCB Posisi On Tapi Listrik Mati

Terakhir, besi. Meski berukuran kecil, perangkat elektronik ini memiliki tenaga yang besar. Pilih setrika dengan fungsi kontrol pemanas otomatis, yang akan mati secara otomatis saat suhu cukup tinggi. Sesuaikan juga suhu pemanasan yang digunakan untuk pakaian yang akan disetrika.

Itulah tips hemat daya yang bisa Anda coba. Meskipun mungkin terlihat kecil, hal-hal seperti mematikan lampu atau perangkat elektronik lain yang tidak digunakan di siang hari dapat berdampak signifikan pada upaya Anda untuk menghemat energi di rumah. Dengan hemat energi, Anda akan berusaha untuk hidup lebih disiplin dan sekaligus menjaga lingkungan.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bohlam Lampu Tidur Agar Tidur Kamu Semakin Nyaman
Pencarian Kata Kunci : Agar Hemat Listrik - Cara Agar Listrik Hemat - Cara Hemat Listrik - Cara Menghemat Energi Listrik - Cara Menghemat Listrik - Cara Menghemat Listrik 900 Watt - Cara Menghemat Listrik Di Rumah - Hemat Listrik - Penghematan Listrik -