Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai yang Perlu Dipertimbangkan

Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai yang Perlu Dipertimbangkan

Ukuran besi cor rumah 2 lantai tentunya sangat berbeda dengan rumah 1 lantai. Saat ini, rumah yang terdiri dari 1 dan 2 lantai menjadi pilihan hunian yang disukai banyak orang. Khusus untuk keluarga dengan lebih dari 4 anggota keluarga, ruang vertikal juga dapat menghemat jumlah lahan yang digunakan di dalam rumah.

Baca Juga : Cara Mengetahui Ukuran Cakar Ayam yang Dibutuhkan untuk Sebuah Bangunan

Baca Juga :  5 Variasi Desain Tangga Lipat Untuk Keperluan Kamu

Jika Anda menginginkan rumah dengan halaman outdoor yang luas, namun rumah yang tidak sempit, ini juga bisa menjadi pilihan. Sekarang dalam rencana, sangat penting untuk memahami berapa banyak bahan yang dibutuhkan. Di bawah ini adalah informasi mengenai dimensi besi cor rumah 2 lantai.

Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai

Beban yang harus dipikul oleh struktur rumah berlantai dua akan sangat besar. Banyak pertimbangan dan perhitungan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah ukuran besi cor. Dalam berbagai proyek, besi beton masih menjadi pilihan yang aman. Kedua bahan ini memiliki sifat komposit yang baik. Besi merupakan bahan tarik, sedangkan beton merupakan bahan tekan.

Baca Juga :  Fungsi Dasar Manajemen Konstruksi

Baca Juga : Tips Memilih Kontraktor Rumah Agar Tidak Rugi

Pada bangunan gedung, struktur umum yang selalu digunakan adalah pondasi, rangka, rangka, dan atap. Masing-masing komponen tersebut membutuhkan besi cor yang cukup kuat untuk menahan beban. Di bawah ini adalah informasi mengenai dimensi besi cor yang dibutuhkan untuk membangun rumah 2 lantai yang telah di rangkum oleh Jalkotku.

Baca Juga :  6 Keuntungan Menggunakan Wallpanel Dinding untuk Ruangan

Kolom / Tiang

Bagian ini nantinya akan menghubungkan tapal kuda dan ring, dan juga akan menjadi tulang belulang tembok rumah Anda. Tiang atau tiang rumah 2 lantai biasanya berukuran 15 x 40 cm. Isi tulang utama berupa besi 12 mm, hingga 6 begel dengan diameter 8 mm. Jarak antar begel adalah 20 cm, dan tebal tuang dari begel terluar adalah 1,5 cm.

Baca Juga :  7 Alasan Menggunakan Baja Ringan Dalam Membuat Rumah dan Gedung

Baca Juga : 10 Bagian Konstruksi yang Harus Diperhatikan dalam Pembangunan Rumah

Untuk kolom yang merupakan perpotongan 4 titik dinding (persimpangan jalan) dapat diperkuat dengan membuat kolom berukuran 40 x 40 cm dengan 8 tulangan baja beton sebagai tulang utamanya. Untuk penghitungan kolom yang lebih detail, Anda juga dapat mempelajari cara menghitung kolom.

Pondasi

Jenis pondasi yang paling baik untuk rumah 2 lantai adalah cakar ayam karena akan bisa mencengkeram tanah dengan baik. Untuk ukuran besinya, ukuran 10 atau pun 12 dengan model ulir bisa digunakan. Ukuran 100mm x 100xm x 25cm untuk cor nya juga sudah memadai.

Baca Juga :  4 Fungsi Keramik Dalam Konstruksi Bangunan

Baca Juga : Cara Mengetahui Ukuran Cakar Ayam yang Dibutuhkan untuk Sebuah Bangunan

Sloof

Sloof / balok pengikat biasanya akan berada di atas pondasi. Dalam bangunan rumah 2 lantai, ukuran 15 x 35 cm sudah cukup. Dengan besi tulangan 12 mm, begel besi 8 mm dan ketebalan cor 15 mm maka Anda sudah mendapatkan struktur yang baik. Untuk mengetahui berapa banyak besi sloof yang perlu disediakan dalam proses pembangunan, sebaiknya Anda mengetahui juga cara menghitung kebutuhan besi sloof.

Baca Juga :  Jenis Plafon Rumah Minimalis dan Tips Memilih Plafon yang Baik

Baca Juga : 4 Fungsi Keramik Dalam Konstruksi Bangunan

Ring

Ini adalah bagian yang akan berada di atas tembok yang akan menjadi penyangga untuk lantai 2 dan juga atap. Dimensi yang harus digunakan adalah 12 x 15 cm. Gunakan tulang utama sebesar 10 mm, begel 8 mm, dan jarak antar begel 15 cm. Tebal yang diperlukan untuk cor dari permukaan begel terluar adalah 1,5 cm.

Baca Juga :  9 Tips Membuat Kamar Mandi Menjadi Cerah

Baca Juga : Jenis Konstruksi yang Perlu Diketahui

Nah itulah kira-kira kebutuhan ukuran besi cor dalam pembangunan rumah 2 lantai. Persiapkan dengan baik dan sediakan cadangan untuk berbagai hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga gunakan bahan berkualitas untuk hasil terbaik.

Pencarian Kata Kunci : Besi Cor - Besi Cor Dak - Besi Cor Jadi - Besi Coran - Besi Untuk Cor Dak - Harga Besi Cor - Harga Besi Cor Rakitan - Harga Besi Dak Cor - Harga Besi Rangka Cor - Harga Bondek Dan Wiremesh 2020 -