Tips Memotong Kaca dengan Mesin Gerinda

4 Tips Memotong Kaca dengan Mesin Gerinda

Ada beberapa langkah atau metode untuk memotong kaca dengan grinder. Tentu saja, Anda memiliki beberapa produk kaca atau kaca, seperti botol, dan sayang jika Anda harus membuangnya. Jika bisa dipotong, maka benda kaca tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang pasti bermanfaat.

Baca Juga : 7 Jenis Genset dan Spesifikasinya yang Sering Dijumpai

Baca Juga :  Apakah Perlu Membeli Mesin Jahit Bekas?

Untuk dapat memotong kaca dengan mudah, Anda membutuhkan grinder. Tanpa penggiling, sepertinya sulit untuk melakukan ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda dapat dengan mudah memotong kaca, dan efeknya sangat rapi. Tanpa basa-basi lagi, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Siapkan Seluruh Peralatan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan semua peralatan. Mulailah dengan gerinda, roda gerinda/gerinda halus, roda potong, alas kayu, sarung tangan dan gelas. Ya, agar Anda tetap aman selama proses pemotongan kaca dengan gerinda, jangan lupa untuk memakai sarung tangan dan kacamata.

Baca Juga :  Ketahui 5 Sebab Rusaknya Penyebab Bearing Pada Roda

Baca Juga : 4 Tips Memilih Pompa yang Baik untuk Sumur Bor

Kedua perangkat ini dapat melindungi tangan dan mata Anda dari kotoran yang mungkin menyerang tubuh Anda. Jika semua peralatan sudah siap, mari kita mulai proses pemotongannya.

Potong Kaca dengan Mata Gerinda yang Tepat

Ambil alas kayu dan letakkan gelas atau benda kaca di atasnya. Alas kayu ini sangat berguna, sehingga proses pemotongan dapat dilakukan dengan lancar dan aman tanpa terasa licin. Kemudian ambil penggiling dengan ujung pisau.

Baca Juga :  4 Tips Memilih Kompresor Angin Sesuai Kebutuhan Anda

Baca Juga : 3 Komponen Utama Mesin Las Listrik yang Perlu Diketahui

Sekarang saatnya untuk memulai proses pemotongan. Anda harus meletakkan gelas di posisi yang paling sesuai. Cobalah untuk menemukan sudut pemotongan yang baik untuk menyelesaikan proses pemotongan dalam satu upaya. Dengan cara ini, hasilnya akan lebih baik.

Potong dengan Hati-Hati

Anda harus ingat bahwa penggiling sangat tajam dan jika proses pemotongan salah, dapat menyebabkan masalah. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memotongnya dengan hati-hati dan perlahan. Potong gelas sesuai kebutuhan sampai diperoleh hasil yang benar.

Baca Juga :  7 Merk Mesin Cuci Terbaik¬†dan Hemat Listrik

Baca Juga : Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las 450 Watt

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang sudut pemotongan, jangan ragu untuk menunda proses ini. Gunakan imajinasi Anda untuk menemukan sudut yang paling cocok lagi. Jika sudah yakin, Anda bisa melanjutkan proses pemotongan.

Haluskan Permukaan Kaca yang Masih Tajam

Pemotongan kaca telah selesai, tetapi tidak berhenti di situ. Anda perlu melakukan satu langkah lagi. Dengan mengganti mata pisau pemotong dengan mata pisau poles, gunakan grinder untuk memoles permukaan yang masih tajam. Proses ini berguna untuk menghaluskan permukaan kaca yang baru dipotong.

Baca Juga :  5 Tips Mengatasi Mobil Overheat

Baca Juga : Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik untuk Rumah

Tepat setelah dipotong, masih ada bagian yang tajam di permukaan kaca. Tentu saja, sangat berbahaya untuk tetap seperti ini. Anda harus menggilingnya dengan penggiling. Lakukan langkah ini dengan hati-hati dan perlahan. Jangan khawatir, karena hasil akhirnya mungkin tidak memuaskan dan akan tetap ada permukaan yang tajam. Bahkan, Anda harus melakukan proses ini berulang kali untuk memastikan semua bagian permukaannya halus.

Baca Juga :  Ketahui Perbedaan Genset Open dan Genset Silent