7 Alasan Menggunakan Baja Ringan Dalam Membuat Rumah dan Gedung

7 Alasan Menggunakan Baja Ringan Dalam Membuat Rumah dan Gedung

Awalnya, rangka atap baja ringan dianggap remeh. Namun, kini semakin banyak orang yang memilih sebagai bahan rangka atap rumahnya. Baja ringan mulai mengubah penggunaan kayu atau baja tradisional untuk rangka atap.

Bahan ini diluncurkan di Indonesia pada tahun 2005 dan tidak hanya ringan. Rangka atap juga kuat dan tahan rayap, sehingga dapat dijadikan acuan sebagai alasan lain mengapa Anda bisa memutuskan untuk memilih dan menggunakan baja ringan untuk rangka atap rumahnya.

Baja ringan merupakan material yang ramah lingkungan karena dapat meminimalisir kegiatan penebangan yang berujung pada deforestasi pada hutang.

Baca Juga :  Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai yang Perlu Dipertimbangkan

Alasan Banyak Orang Memilih Baja Ringan

Banyaknya masyarakat yang beralih ke baja rendah karbon untuk membangun gedung tentu bukan tanpa alasan. Jelas, itu tidak terlepas dari alasan khusus berikut:

Mudah untuk Dipasang

Tidak semua orang mengerti cara memasang komponen pada saat pembangunan suatu bangunan. Hanya saja baja ringan seringkali lebih mudah dipasang dan lebih mudah dipelajari. Selain itu, di tangan tukang profesional, waktu pemasangan tidak lama, sehingga menghemat tenaga dan waktu.

Bahan Lebih Kuat dan Tahan Lama

Dіlіhаt dari nаmаnуа, baja rіngаn mеmаng mаѕіh ѕаtu kеluаrgа dеngаn lоgаm bеrnаmа bаjа nаmun hadir dengan bobot lеbіh rіngаn. Sеbаb іnіlаh baja jеnіѕ ini juga mеmіlіkі ѕіfаt kuаt dаn tаhаn lama sesuai dengan kаrаktеr bahan bаjа pada umumnуа. Mеnjаdіkаnnуа ѕеbаgаі bаgіаn dаlаm kоnѕtrukѕі bangunan adalah pilihan paling tераt.

Baca Juga :  Analisis Struktur Bangunan yang Komprehensif

Aman dari Bahaya Kebakaran

Tentunya dalam membangun gedung perlu memperhatikan tingkat keamanannya, dan salah satu alasan mengapa baja ringan rendah harus digunakan adalah karena pertimbangan tersebut. Selain ringan, juga bebas dari rayap dan karat. Fakta membuktikan bahwa baja ringan tidak mudah terbakar bahkan dapat memadamkan api yang mulai melewati material ini. Jika Anda berdiri di tempat yang rawan kebakaran, maka material baja ringan adalah pilihan yang tepat.

Bebas Rayap dan Korosi

Bosan dengan rayap? Oleh karena itu, Anda dapat beralih dari bahan kayu ke baja ringan bebas rayap. Sehingga tidak mudah terkena cuaca, karena rayap tidak akan suka atau memakannya. Menariknya, salah satu alasan Anda harus menggunakan baja ringan lainnya adalah karena tidak korosif. Sehingga tidak akan berkarat dan keropos.

Baca Juga :  4 Fungsi Keramik Dalam Konstruksi Bangunan

Lebih Ringan

Seperti namanya, bobot material baja ringan ini memang jauh lebih ringan dibandingkan jenis logam lainnya. Solusi bebas rayap memang menggunakan bahan anti rayap yaitu logam. Namun jika terlalu berat akan mempengaruhi kekuatan konstruksi. Jadi baja ringan adalah pilihan terbaik karena menjamin bobotnya yang ringan.

Ketahanan Baik Terhadap Cuaca

Secara umum, bahan logam akan memuai saat terkena panas dan menyusut saat terkena dingin. Baja ringan sebaiknya digunakan untuk bahan konstruksi logam karena tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca. Karena tidak akan mengembang atau mengerut akibat perubahan cuaca yang ekstrim, dimensinya akan stabil, membuat bangunan kuat dan aman.

Baca Juga :  Kenali 8 Penyebab Lantai Keramik Terangkat dan Pecah dan Cara Mengatasinya

Pilihan Hemat

Jika mengira harga baja ringan ini mahal maka Anda sudah keliru, karena sebenarnya malah lebih murah. Apalagi jika membeli dalam jumlah banyak maka akan memperoleh harga lebih ekonomis. Namun ditinjau dari segi harga normal sekalipun, material baja ringan jauh lebih murah dibanding material bangunan lainnya. Jika ingin berhemat maka baja ringan adalah solusinya.

Baja ringan selalu menjadi primadona karena memiliki banyak keunggulan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk menggunakannya, karena dijamin Anda tidak akan kecewa.

Baca Juga :  Penyebab Kerusakan Struktur Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *