Cara Hemat Listrik Di Rumah

9 Cara Hemat Listrik Di Rumah Agar Tagihan Listrik BulananTidak Bengkak

Sangat sulit untuk mengurangi kebutuhan listrik di rumah. Karena hampir semua aktivitas membutuhkan listrik. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda dapat menggunakan sumber daya sesuka hati. Selain membuang-buang energi, pengeluaran Anda juga sia-sia tanpa disadari. Selain itu, banyak orang baru-baru ini mengeluh tentang tagihan listrik rumah mereka yang melonjak.

Tagihan listrik bisa menjadi salah satu pengeluaran bulanan yang cukup besar untuk alokasi anggaran rumah tangga. Apalagi jika Anda memiliki banyak perangkat elektronik di rumah. Biasanya beban tagihan listrik akan membengkak oleh peralatan elektronik sehari-hari seperti kulkas, AC, TV bahkan dispenser air. Menggunakan perangkat elektronik yang tidak dikelola dengan baik sebenarnya dapat membuat tagihan listrik bulanan Anda naik.

Baca Juga :  Sistem pemantauan dan kontrol daya nirkabel dengan fungsi pemantauan untuk pembangkit listrik tenaga surya rumah

ada banyak kok cara membudayakan hemat listrik di rumah yang mudah dilakukan, agar pemakaina listrik kalian hemat dan pembayaran tagihan listrik semakin murah.

Cara Menghemat Listrik Rumah yang Efektif

Cabut Kabel dan Peralatan Saat Tidak Digunakan

Cara hemat daya selanjutnya yang harus dilakukan tentunya dengan meningkatkan efisiensi daya. Apakah Anda memiliki kebiasaan mencolokkan pengisi daya ponsel ke stopkontak saat tidak digunakan? Jika iya, sebaiknya segera singkirkan kebiasaan buruk ini. Bahkan saat tidak digunakan, arus tetap akan mengalir melalui kabel yang masih terhubung ke stop kontak.

Baca Juga :  Pengertian Dan Fungsi AVO Meter Sebagai Alat Utama Pengukuran Listrik

Hemat dan Bijak Menggunakan AC

Dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya, penggunaan arus bolak-balik membutuhkan konsumsi yang lebih besar. Cara menghemat listrik untuk AC dan kulkas sebenarnya sangat sederhana. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membatasi penggunaannya sesuai kebutuhan.

Anda dapat meminimalkan udara panas di rumah Anda dengan memaksimalkan udara segar di rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu menggunakan AC. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis AC dengan teknologi hemat energi. Misalnya, dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis.

Baca Juga :  5 Tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah

Bijak Menggunakan Kulkas

Sama seperti AC, lemari es juga membutuhkan konsumsi daya yang sangat besar. Oleh karena itu, salah satu cara yang harus dicoba untuk menghemat daya lemari es adalah dengan menggunakannya dengan lebih bijak. Saat Anda bepergian dalam waktu lama, jangan lupa untuk menurunkan suhu lemari es ke suhu terendah. Jika memungkinkan, yang terbaik adalah mematikannya saat Anda meninggalkan lemari es.

Menggunakan Listrik Prabayar

Cara hemat listrik selanjutnya yang terbukti efektif adalah dengan menggunakan sistem tenaga listrik prabayar. Saat ini pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) mewajibkan setiap rumah tangga menggunakan meteran listrik dengan sistem pulsa. Meteran listrik dengan sistem prabayar memungkinkan Anda untuk mengatur konsumsi listrik di rumah.

Baca Juga :  Kode Keselamatan Listrik Ontario untuk Proyek Renovasi Listrik yang Aman

Hemat Penggunaan Lampu

Kebiasaan menyalakan lampu di siang hari atau saat keluar rumah juga merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu dihentikan. Jika tidak diperlukan, jauh lebih baik mematikan lampu di rumah. Anda tetap bisa menggunakan sinar matahari sebagai penerangan alami di siang hari. Selain itu, Anda dapat melewati penerangan di rumah Anda dengan beberapa cara sederhana tanpa harus menyalakan lampu terus menerus.

Mengganti TV tabung menjadi TV LED

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengganti TV dengan TV LED. Jika belum, segera ganti TV tabung Anda dengan TV LED. Hal ini dikarenakan daya listrik yang dibutuhkan oleh TV tabung 50% lebih tinggi dibandingkan dengan TV LED. Selain pengalaman menonton TV yang lebih menyenangkan, Anda bisa lebih berhemat.

Baca Juga :  Mengenal Satelit Luar Angkasa

Apalagi sekarang harga TV LED sudah sangat terjangkau, bahkan tidak sampai 1 juta rupiah! Ini adalah cara paling mudah untuk menghemat daya yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.Bekerja keras untuk mendaftar, dan tagihan listrik Anda akan berkurang bulan depan!.

Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Kedua, salah satu cara menghemat listrik di rumah adalah dengan menghindari mesin cuci yang tidak perlu. Semakin besar kapasitas mesin cuci, semakin banyak daya yang dikonsumsi secara otomatis. Memilih mesin cuci sesuai kebutuhan akan lebih menghemat biaya perawatan mesin cuci dan tagihan listrik bulanan. Jika Anda memang ingin menurunkan tagihan listrik bulanan, maka upaya penghematan listrik semacam ini juga perlu mendapat perhatian.

Baca Juga :  5 Stop Kontak yang Awet Digunakan Dirumah Kalian

Hindari Pemakaian Dispenser

Trik hemat daya selanjutnya adalah meminimalkan dan menyederhanakan penggunaan dispenser. Secara kumulatif, pemanas air dan pendingin air yang digunakan dalam dispenser air mengkonsumsi lebih banyak listrik daripada AC dan lemari es. Oleh karena itu, hindari penggunaan pemanas air dan pendingin air di dispenser air. Untuk menghemat listrik, Anda bisa merebus air panas di atas kompor dan memasukkan air dingin ke dalam lemari es.

Mengganti PC dengan laptop

Banyak orang masih lebih suka menggunakan PC daripada laptop. Biasanya orang-orang tersebut adalah para gamer, desainer grafis, dan mereka yang harus membuka data dalam jumlah besar di perangkat komputer. Namun, jika Anda tidak membutuhkan PC, Anda harus segera beralih ke laptop. Karena CPU di PC bisa menyerap daya berkali-kali lipat. Jika daya yang dibutuhkan sebuah laptop hanya di kisaran 25 watt, maka PC membutuhkan hingga 400 watt.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Menyambung Kabel Listrik yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *