9 Tahapan Cara Merawat Mesin Bor Dengan Baik

9 Tahapan Cara Merawat Mesin Bor Dengan Baik

Mesin bor merupakan salah satu alat listrik yang sangat penting dimiliki oleh setiap keluarga. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa hal tentang mesin bor ini. Mengetahui cara merawat mesin bor Anda sekarang adalah hal yang baik dan perlu bagi kami.

Jika Anda tidak memiliki rig pengeboran di rumah tetapi ingin memilikinya, baca juga Memilih rig pengeboran yang tepat untuk Anda. Jika Anda sudah memilikinya tetapi masih ingin tahu cara menggunakan rig bor dengan aman, silakan baca juga Cara menggunakan rig bor dengan aman.

Baca Juga :  5 Tips Mengatasi Mobil Overheat

Dengan memilih mesin bor yang tepat, Anda akan terhindar dari kehilangan investasi pada saat pembelian. Kami menyebutnya “investasi” karena harga rig pengeboran yang bagus tidak bisa dikatakan murah. Dengan menggunakan mesin bor secara aman, Anda dapat meningkatkan efisiensi kerja pengeboran, dan juga meningkatkan keselamatan Anda sebagai pengguna, sehingga menjaga kesehatan Anda.

Cara Merawat Mesin Bor

  • Saat tidak digunakan, cabut kabel bor dari soket listrik. Ini untuk mencegah kecelakaan akibat rig yang dihidupkan secara tidak sengaja. Pastikan juga tombol pemicu tidak dalam posisi ON atau tidak sengaja ditekan oleh benda lain.
  • ¬†Setelah selesai, pastikan untuk melepas mata bor dan semua aksesori mesin bor. Gunakan alat khusus untuk melepaskan mata bor dari pegangannya. Lepaskan aksesori dengan hati-hati, seperti pegangan tambahan. Jika bor dipisahkan dari mereka, mereka lebih mudah dibersihkan dan disimpan. Menempatkan bor secara tidak sengaja dengan mata bor terpasang akan merusak pegangan lebih cepat, dan mata bor akan berkarat atau bahkan melengkung.
  • Biasakan membersihkan rig setelah digunakan. Cukup dengan menyeka permukaan luar bor dengan kain bersih. Ini untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel dan menjaga permukaan luar bor tetap kering. Jika ada permukaan logam yang mulai berkarat, bersihkan dengan sikat kuningan dan lumasi dengan minyak mesin jahit.
  • Bersihkan mata bor dan aksesoris mesin bor. Baca juga Merawat bor Anda untuk mempertahankan investasi Anda. Semakin lama umur mata bor, semakin lama investasi Anda. Aksesori mesin bor, seperti pengukur kedalaman pengeboran, dapat dengan mudah berkarat jika tidak dibersihkan. Lumasi bor besi dan aksesorinya dengan minyak mesin jahit sebelum disimpan.
  • Pastikan kabel rig digulung dengan benar dan tidak sembarangan. Kabel yang terpilin secara tidak sengaja akan memiliki risiko lebih besar untuk putusnya kabel tembaga pada kabel tersebut. Pastikan juga kabel dalam keadaan kering dan permukaan dalam kondisi baik. Jika ada celah, mohon segera diperbaiki.
  • Simpan mata bor, mata bor, dan aksesori di tempat yang bersih dan kering. Jika memungkinkan, simpan dalam wadah kedap udara. Hal ini untuk mencegah mesin bor terkena debu, kotoran dan kelembapan tambahan yang akan menyebabkan karat dan kerusakan pada mesin bor dan aksesorisnya.
  • Selalu gunakan aksesoris yang sesuai dengan jenis mesin bor. Ini untuk melindungi mesin bor dari kerusakan yang tidak perlu. Jika aksesori yang tidak tepat dipasang secara paksa, mesin bor akan rusak. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan mesin bor sebagai obeng listrik atau sebagai penggiling, dll.
  • Selalu gunakan mata bor yang sesuai dengan jenis operasi pengeboran. Gunakan mata bor beton untuk mengebor beton. Gunakan mata bor kayu untuk mengebor kayu. Hal ini untuk mengurangi kerusakan pada motor bor akibat beban kerja yang berlebihan. Silakan baca juga artikel tentang jenis mata bor.
  • Melakukan servis dan perbaikan mesin bor kepada teknisi yang sesuai. Pilih pusat layanan yang sesuai dengan rig Anda. Anda dapat menemukannya dari manual atau informasi yang terdapat dalam paket mesin bor. Anda juga dapat mencari di Internet sesuai dengan merek rig pengeboran.
Baca Juga :  10 Tips Agar Mesin Cuci Kalian Tahan Lama

Jika Anda meminta tukang menggunakan bor untuk memperbaiki atau memasang sesuatu di rumah, jangan lupa untuk memastikan bor dan semua peralatan dan aksesorinya bersih dan tersimpan dengan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *