6 Daftar Kursus Desain Grafis Online Gratis

6 Daftar Kursus Desain Grafis Online Gratis

Keterampilan desain grafis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan saat ini. Salah satu cara untuk mengasah keterampilan tersebut adalah dengan mempelajarinya dengan mengikuti kursus desain grafis. Lalu apa saja kursus yang direkomendasikan? Berikut enam saran kursus desain grafis online gratis yang bisa Anda ikuti.

Daftar kursus desain grafis online gratis

Udemy

Udemy jadi rekomendasi kursus desain grafis online selanjutnya yang bisa kamu coba. Udemy juga menyediakan berbagai materi kursus desain grafis seperti design thinking, design sprint, dan produksi komik.

Baca Juga :  Menghasilkan Uang Dengan Menjadi Desain Grafis

Anda juga dapat menemukan beberapa kursus desain yang dapat Anda ikuti secara gratis, seperti kursus desain grafis praktis, yang akan mengajarkan Anda pengetahuan dasar desain, cara membuat poster, dan memulai karir sebagai desainer.

Sayangnya, dalam jenis kursus gratis ini, Anda tidak dapat memperoleh sertifikat atau menggunakan fungsi Tanya Jawab dengan instruktur yang ada. Anda hanya dapat melihat konten video secara online.

CreativeLive

Kursus desain grafis online pertama yang direkomendasikan yang dapat Anda ikuti adalah dari CreativeLive. Website biasanya ditujukan untuk desainer dan seniman. Anda dapat mengakses beberapa kursus video gratis melalui CreativeLive.

Baca Juga :  Program Desain Grafis - Corel Draw

Misalnya, sebuah kursus yang menggunakan 15 bahan untuk membuat sampul buku dapat diselesaikan dalam waktu 4 jam 37 menit. Sayangnya, tidak semua materi pembelajaran dapat diakses secara bebas. Anda perlu membayar sekitar $13 untuk mendapatkan semua materi dan latihan.

Alison Online

Tidak kalah dengan dua website lainnya, Alison Online juga menawarkan kursus desain grafis online untuk tingkat pemula dan lanjutan. Anda dapat memilih berbagai materi di situs web ini, termasuk materi kursus desain gratis untuk siswa.

Baca Juga :  Bagaimana Menjadi Desainer Grafis

Tetapi karena perusahaan ini adalah organisasi nirlaba, mereka yang ingin mendapatkan sertifikat kursus harus membayar $20 untuk jenis sertifikat digital dan $100 untuk jenis sertifikat kerangka kerja.

Semua kursus Alison dibuat dalam bentuk slide, sehingga materi lebih pendek dan lebih mudah dicerna. Namun, setiap kali Anda mengubah topik dalam kursus, Anda akan menemukan iklan yang berdurasi sekitar 8 detik. Untuk memblokir iklan ini, Anda harus membayar sekitar $9 per bulan untuk menjadi anggota premium.

Coursera

Anda dapat menemukan daftar kursus desain grafis terakhir melalui Coursera. Sama seperti Alison dan Udemy, Coursera adalah platform resmi untuk berbagai topik kursus online yang diperlukan, termasuk desain grafis.

Baca Juga :  Pembuatan Flyer Sebagai Alat Pemasaran Murah

Salah satu kursus desain grafis online gratis yang dapat Anda temukan melalui Coursera berasal dari jurusan desain grafis. Melalui kursus ini, Anda akan mempelajari lima hal:

  • Dasar-dasar Desain Grafis
  • Pengantar Tipografi
  • Pengenalan merek gambar
  • Sejarah Ide Desain Grafis
  • Promosi Merek

Kursus ini diajarkan oleh beberapa guru dari California Institute of the Arts, dan dibutuhkan sekitar enam bulan untuk menyelesaikannya.

Envato

Saran selanjutnya untuk kursus desain grafis online yang bisa Anda ikuti berasal dari situs web Envato. Envato menyediakan lebih dari 1.000 kursus dan tutorial di situs webnya.Tidak heran Anda dapat mempelajari berbagai topik melalui situs web ini, seperti Illustrator, Photoshop, Cinema 4D, vektor, lukisan digital, dll.

Baca Juga :  7 Kesalahan Mencetak Flyer dan Cara Menghindarinya

Selain itu, Anda dapat dengan mudah mencari kursus tentang topik tertentu dan menyesuaikannya sesuai dengan tingkat kemampuan Anda. Menariknya, beberapa kursus juga ditawarkan secara gratis.

Contohnya adalah kursus pengolahan foto dari Adobe Photoshop, yang terdiri dari 15 topik yang diberikan oleh instruktur dalam bentuk video dalam waktu 1 jam.

Creative Pro

Creative Pro sebenarnya adalah website yang membahas artikel tentang teknik desain grafis. Namun keunikan situs tersebut juga mencakup konten seperti kursus desain grafis online, yang membahas berbagai keterampilan dan teknik di bidang desain grafis.

Baca Juga :  4 Tips Membuat Katalog Produk yang Baik dan Menarik

Salah satu materi kuliah berjudul “Menggunakan InDesign, Illustrator, dan Photoshop Bersama: Memindahkan Vektor”, yang berisi tentang teknik untuk memindahkan grafik vektor dalam bentuk Adobe InDesign, Photoshop, dan Illustrator.

Materi dalam mata kuliah ini terkadang berupa artikel panjang dengan deskripsi penjelasan, atau dalam bentuk video tutorial dan artikel penjelasan.

Sebagian besar materi kursus di situs web ini dirancang untuk desainer senior. Meski begitu, Anda bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *