6 Jenis Triplek Untuk Keperluan Rumah Tangga

6 Jenis Triplek Untuk Keperluan Rumah Tangga

Ada banyak jenis triplek di pasaran saat ini. Kualitas masing-masing jenis tidak bisa sama. Hal ini karena setiap jenis memiliki fungsinya masing-masing. Ada triplek yang cocok untuk furnitur, ada yang cocok untuk plafon rumah, dan ada juga yang lebih cocok untuk lantai. Berikut ini adalah jenis kayu lapis rumah tangga yang umum.

Grade triplek

Kayu lapis diklasifikasikan berdasarkan kualitas, dari A hingga D. Berikut penjelasan dari masing-masing level:

Grade A: Kayu lapis kualitas terbaik. Ini memiliki permukaan atas yang lembut dan halus yang dapat dengan mudah diwarnai dengan cat.

Baca Juga :  Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai yang Perlu Dipertimbangkan

Kelas B: Kayu lapis kelas 2. Hal ini ditandai dengan permukaan yang keras dan kokoh. Tidak semulus triplek Grade A, namun penataannya tetap terlihat rapi.

Kelas C: Kayu lapis kelas 3. Tanda C-level adalah serat dan warna kayu terlihat tidak rata dan cenderung bergelombang.

Level D: Level kayu lapis terendah. Teksturnya kasar dan penataannya tidak rapi. Biasanya digunakan sebagai panel dalam.

Selain membedakan grade berdasarkan kualitas, plywood juga dibedakan berdasarkan karakteristik dan bahan penyusunnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis kayu lapis yang biasa digunakan untuk keperluan konstruksi rumah.

Baca Juga :  Kenali 8 Penyebab Lantai Keramik Terangkat dan Pecah dan Cara Mengatasinya

Jenis – Jenis Untuk Keperluan Rumah Tangga

1. Blockboard

Blockboard kadang-kadang disebut kayu lapis Meranti. Kayu lapis ini terdiri dari tiga lapisan kayu yang berbeda. Lapisan luar blockboard seringkali tipis tetapi kuat. Lapisan dalam, lapisan kedua dan ketiga, terbuat dari kayu akasia yang tebal dan kuat. Susunan ini membuat kayu lapis Meranti sangat kuat dan kokoh.

2. Particle block

Pernahkah Anda melihat kayu lapis yang terbuat dari serpihan kayu? Kayu lapis disebut pelet dan terbuat dari berbagai jenis serpihan kayu. Lembaran-lembaran itu disatukan dan kemudian dicetak menjadi papan. Bahan bakunya yang sederhana membuat pelet relatif murah. Namun kayu lapis ini sebaiknya tidak digunakan sebagai bahan utama karena mudah lapuk dan memiliki kelembapan yang tinggi.

Baca Juga :  Melihat 7 Hasil Karya Arsitek Terbaik Indonesia

3. Teak block

Berikutnya adalah balok kayu jati. Tidak seperti MDF yang terbuat dari kombinasi kayu lunak dan kayu keras, blok bangunan kayu jati dibuat dari papan kayu jati. Lembaran disusun dengan cara ini dan kemudian direkatkan dengan perekat. Balok jati memiliki ketahanan yang baik terhadap rayap. Dengan keunggulan tersebut, harga kayu lapis jati biasanya cukup tinggi.

4. Melaminto

Berikutnya adalah melamin. Kayu lapis jenis ini juga sering disebut dengan kayu lapis dekoratif atau kayu lapis dekoratif. mengapa seperti ini? Hal ini karena melamin sering digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan papan kayu. Lapisan luar melamin dilapisi dengan poliester dan melanin untuk membuat permukaan terlihat halus dan licin.

Baca Juga :  Terapkan 3 Tips Ini Dalam Membangun atau Renovasi Rumah agar Tidak Boncos

5. Medium density fibreboard (MDF)

Yang pertama adalah jenis MDF atau papan serat kepadatan menengah. Kayu lapis jenis ini terbuat dari campuran serat kayu lunak dan kayu keras kemudian direkatkan dengan lem khusus. MDF memiliki kerapatan yang cukup baik karena pori-porinya sangat rapat. Kayu lapis jenis ini biasanya digunakan untuk membuat furnitur seperti meja.

6. Multipleks

Terakhir, ada jenis kayu lapis komposit. Kayu lapis jenis ini dibuat dari beberapa lapis kayu kemudian dipres dengan mesin bertekanan tinggi. Kelebihan kayu ini adalah pori-porinya kecil dan rapat. Karena ukuran pori yang kecil, Multiplex juga memiliki ketahanan air yang baik. Oleh karena itu Multiplex sering digunakan untuk pembatas ruangan kayu lapis.

Baca Juga :  Desain Arsitektur Rangka Baja, Kayu dan Beton

Jenis-jenis kayu lapis di atas dapat digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah, dan dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi. Jika Anda membutuhkan kayu lapis untuk aplikasi atap, lantai atau dinding,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *