7 Penyebab Mesin Cuci Rusak dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Mesin Cuci Rusak dan Cara Mengatasinya

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang paling banyak digunakan. Namun bagaimana jika alat ini tiba-tiba rusak? Tidak perlu bingung, langsung saja cek di sini cara memperbaiki mesin cuci yang rusak dan penyebabnya!

Hampir semua pemilik rumah di Indonesia memiliki mesin cuci di rumahnya untuk membantu dalam mencuci pakaian. Hal ini karena lebih nyaman dan lebih cepat untuk mencuci pakaian di mesin cuci, sehingga banyak orang yang menyukai alat ini.

Namun, barang ini merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering mengalami masalah atau kerusakan di rumah. Jadi ketika ini terjadi di rumah Anda, apa yang harus Anda lakukan? Simak alasan umum berikut cara memperbaiki mesin cuci yang telah dirangkum oleh Jalkotku.

Baca Juga :  7 Tips Membeli Mesin Espresso Rumah

Cara Memperbaiki Mesin Cuci dan Penyebabnya

1. Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Airnya Tidak Terbuang Otomatis

Selain tidak bisa menambahkan air secara otomatis, masalah yang sering dihadapi mesin cuci adalah air kotor tidak hilang dengan sendirinya. Penyebab masalah ini biasanya selang yang kotor atau tersumbat. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memeriksa rongga selang mesin dan membersihkannya sampai semua kotoran yang tersumbat hilang.

2. Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bising

Masalah pertama yang biasa ditemui pada mesin cuci adalah kebisingan saat digunakan dalam waktu lama. Suara bising dari mesin cuci biasanya disebabkan oleh benda asing yang tersangkut di dalam mesin. Cara memperbaiki mesin cuci yang berisik adalah dengan membongkar mesin dan mengeluarkan semua benda asing yang tertinggal di dalam mesin, seperti koin.

Baca Juga :  7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Mesin Bubut CNC

3. Cara Mengatasi Air yang Bocor di Mesin Cuci

Terkadang mesin cuci akan bocor dan membanjiri area cucian Anda. Masalah ini disebabkan oleh selang dan segel yang longgar pada mesin sehingga air jatuh dan mengalir keluar dari mesin. Cara mengatasi kebocoran air pada mesin cuci adalah dengan mengganti selang dan seal baru.

Selain itu, Anda juga bisa menuangkan setengah cangkir cuka untuk mengurangi luapan residu busa yang sering menyebabkan kebocoran.

4. Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Tombolnya Rusak

Mematikan fungsi layar atau tombol pada mesin cuci tentu sangat mengganggu, karena tidak bisa mengetahui waktu kerja atau mode penggunaan pada mesin tersebut.

Baca Juga :  Seperti Ini Cara Kerja Mesin Diesel

Ketika Anda mengalami masalah ini, yang terbaik adalah segera menghubungi ahli atau layanan mesin cuci untuk menyelesaikan masalah. Hal ini dikarenakan kerusakan bukan berasal dari mesinnya, melainkan dari softwarenya.

5. Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Berputar

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pemilik mesin cuci adalah bak mandi tidak berputar. Ini disebabkan oleh terlalu banyak cucian atau traksi mesin cuci yang lemah, yang mencegah bak mandi berputar. Jika masalahnya berasal dari jumlah pakaian, Anda dapat mengurangi jumlah pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin. Selain itu, Anda juga dapat mencoba mencabut kabel daya dan memindahkannya ke sakelar lain untuk meningkatkan traksi mesin.

Baca Juga :  4 Tips Memotong Kaca dengan Mesin Gerinda

6. Cara Mengatasi Mesin Cuci yang Tidak Terisi Air

Masalah berikutnya adalah mesin bekerja dengan baik, tetapi air tidak secara otomatis disuntikkan ke dalam mesin. Ini karena ada masalah dengan selang mesin. Bisa jadi selangnya bengkok atau tergulung sehingga menyebabkan air tersumbat dan tidak bisa masuk ke area pipa. Namun, jika masalah berlanjut setelah perbaikan, yang terbaik adalah memeriksa apakah filter mesin tersumbat.

7. Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Mesin cuci berfungsi normal, tetapi cucian berbau apek yang tidak sedap? Penyebab masalah ini adalah wadah yang penuh dengan pakaian kotor dan penuh bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan pakaian berbau berjamur. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci secara rutin agar masalah ini segera teratasi.

Baca Juga :  Perangkat Lunak CAD / CAM dan Permesinan Kecepatan Tinggi

Itulah cara memperbaiki mesin cuci beserta penyebabnya, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *