Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri

4 Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri di Rumah Kalian

Listrik dan penerangan di dalam rumah merupakan hal terpenting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Instalasi listrik rumah tangga harus diperhatikan dan dirawat secara berkala.

Salah satunya adalah penggantian switch secara berkala yang sudah mulai rusak. Namun, masih ada sebagian dari kita yang mungkin belum mengetahui cara memasang saklar lampu yang baik dan benar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan dibahas cara memasang saklar lampu yang benar dan apa saja yang perlu disiapkan.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Lampu Plafon Untuk Rumah Anda

Cara Pasang Saklar Lampu dengan Aman

Cara memasang saklar lampu sepintas terlihat mudah. Akan tetapi, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui dalam memasang saklar yang baik dan benar. Anda juga harus beberapa jenis saklar seperti saklar tunggal dan saklar ganda yang memiliki rangkaian listrik dan cara pemasangan yang cukup berbeda.

Baca Juga :  5 Tips Hemat Daya Listrik yang Bisa Sobat Lakukan di Rumah

Berikut beberapa cara memasang saklar lampu yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk mendapatkan hasil terbaik.

1. Siapkan Peralatan

Pada langkah pertama, Anda dapat menyiapkan beberapa peralatan, seperti kabel tembaga, lampu, tabung pelindung kabel, kotak sakelar, dan klem pipa. Alat tambahan lainnya adalah kombinasi yang benar dari tang, pena uji, dan bahan isolasi dan pita untuk menghubungkan kabel. Ada baiknya juga menggunakan sarung tangan karet, jika tidak sengaja tersengat listrik dapat menghambat aliran listrik.

Baca Juga :  10 Manfaat Menggunakan Lampu LED Dibanding Lampu Biasa

2. Matikan Sumber Listrik

Kemudian matikan sumber arus di rumah dengan cara menggeser MCB pada kWh meter ke posisi 0. Anda dapat menggunakan pena uji untuk memastikan bahwa daya dimatikan. Jika gagang test pen masih terbuka dan MCB tertutup, berarti ada kebocoran.

Oleh karena itu, jangan langsung memasang sakelar lampu dalam kasus ini. Hanya ketika pena uji tidak menyala, Anda dapat mulai melepas dan memasang sakelar lampu, karena aman.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Lampu untuk Kamar Tidur Anda

3. Bongkar Saklar Lampu

Selanjutnya, Anda perlu menggunakan obeng untuk melepas sakelar lampu yang tidak digunakan dan melepas sekrup.

Lepaskan semua kabel dari sakelar. Kemudian, ambil sakelar dan tekan pin merah kabel yang masuk ke sakelar dan sambungkan kabel netral lampu.

4. Letak Pemasangan Saklar Lampu

Sekarang Anda dapat menghubungkan kabel listrik sakelar sebelumnya ke sakelar lampu baru. Pemasangan yang baik yaitu ujung kabel masuk ke saklar lampu dengan rapat untuk mendapatkan arus yang maksimal.

Baca Juga :  Keamanan listrik untuk anak-anak: kabel listrik, instruksi manual, sengatan listrik

Nyalakan lampu setiap kali Anda mengubah posisi dan coba periksa fungsi sakelar. Saat berfungsi normal, Anda dapat memasang kembali sakelar lampu dengan mengencangkan sekrup agar lebih rapi di dinding.

Untuk pemasangan yang baik, sakelar lampu terletak pada posisi yang lebih tinggi dari lantai dasar agar tidak terendam dan jauh dari jangkauan anak-anak saat banjir.

Baca Juga :  Sistem pemantauan dan kontrol daya nirkabel dengan fungsi pemantauan untuk pembangkit listrik tenaga surya rumah

Perhatikan Stop Kontak saat Memasang Saklar Lampu

Tidak hanya cara memasang saklar, ada beberapa tips lain yang perlu diperhatikan sebagai faktor keamanan saat memasang saklar lampu. Selain itu, pasang sakelar lampu yang terkait dengan arus. Jika Anda tidak memperhatikan, Anda dapat melukai diri sendiri, seperti tersengat listrik atau tertabrak alat lain. Langkah-langkah untuk mendukung keselamatan saat memasang saklar lampu adalah sebagai berikut:

  • Gunаkаnlаh аlаѕ kaki ѕааt mеmаѕаng ѕаklаr lampu tеrѕеbut. Bеgіtu jugа dеngаn tаngаn Andа, раѕtіkаn dаlаm kondisi kеrіng untuk menghindari diri dari tеrѕеngаt аruѕ lіѕtrіk.
  • Lepaskanlah kotak sekering dаn ѕіmраnlаh dеngаn baik ѕеlаmа рrоѕеѕ реmаѕаngаn agar tidak ada orang yang ѕаlаh mеnggunаkаnnуа.
  • Pаѕtіkаn рulа tеgаngаn arus listrik yang аdа dі rumаh Anda ѕudаh mаtі dan lakukan реngесеkаn dеngаn tеѕt pen.
  • Lаlu, Andа pun реrlu memastikan bаhwа alat уаng dіgunаkаn dаlаm kоndіѕі baik dаn tidak ruѕаk guna menghindari adanya kоrѕlеtіng аlіrаn listrik.
Baca Juga :  9 Cara Hemat Listrik Di Rumah Agar Tagihan Listrik BulananTidak Bengkak

Inilah cara aman memasang saklar lampu yang bisa Anda terapkan. Secara umum, Anda dapat memasang dua jenis sakelar: sakelar ganda dan sakelar tunggal. Pastikan jenis sakelar apa yang akan Anda pasang untuk menghindari kesalahan. Perhatikan catu daya sebelum, selama, dan setelah memasang sakelar. Pastikan juga sakelar Anda berada di posisi yang benar. Karena sakelar dipasang di posisi yang salah, itu dapat menyebabkan bahaya.

Baca Juga :  Kenali Tanda-Tanda Korsleting Listrik di Sekitar Kalian