Tahapan Cara Pasang AC Yang Benar di Rumah

7 Tahapan Cara Pasang AC Yang Benar di Rumah

Sebagai benda elektronik, arus bolak-balik memegang peranan penting di dalam rumah, meski sirkulasi udara lancar. Kini dengan adanya jasa teknisi, pemasangan AC menjadi lebih mudah. Namun, terkadang tidak semua daerah memiliki layanan teknis komunikasi yang mumpuni. Suka atau tidak suka, Anda harus menginstalnya sendiri. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Berikut cara memasang power supply AC yang baik dan benar untuk rumah Anda.

Cara memasang power supply AC yang baik dan benar

1. Siapkan Alat yang Diperlukan

Sebagai langkah awal, Anda harus menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Beberapa peralatan tersebut antara lain lakban atau bahan isolasi, tangga lipat, braket, dan Dianabol untuk pemasangan braket. Alat lain untuk pelebaran pipa AC atau flaring, pipa AC dan pemotongnya serta kabel untuk menyambung panjang arus. Alat lain yang tidak kalah pentingnya adalah kunci pas, kunci pas, obeng, bor listrik, dan palu yang digunakan untuk melubangi dinding.

Baca Juga :  5 Stop Kontak yang Awet Digunakan Dirumah Kalian

2. Pilih Tempat Indoor Terbaik

Dalam peletakan AC indoor, lokasi pemasangan harus ditentukan agar daya yang terbaik dapat diberikan. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah Anda tidak boleh menghadap ke luar. Sedangkan untuk sisi-sisinya, sisakan ruang minimal 15 cm. Tembok juga harus kokoh dan tingginya minimal sekitar 2,13 meter, serta tidak terlalu dekat dengan sumber listrik, terutama sumber listrik tegangan tinggi.

3. Pasang Bracket-nya

Kemudian, langkah selanjutnya adalah memasang braket. Untuk melakukan ini, buka braket dari karton dengan hati-hati. Anda bisa melakukannya dengan membalik karton agar lebih mudah. Kemudian, pasang braket ke lokasi yang dipilih. Pastikan braket ini tidak miring selama pemasangan, agar tidak mengganggu kinerja AC di masa mendatang.

Baca Juga :  Apakah Radiator Listrik Efisien?

4. Lubangi Dinding untuk Jalur Pipa

Sekarang braket Anda sudah terpasang, lalu buat lubang di dinding. Secara khusus, braket samping terhubung ke lubang pipa AC dalam dan luar ruangan. Di sini, Anda perlu menggunakan palu dan pahat untuk mengetuk perlahan agar dinding atau dinding tidak retak. Periksa dengan seksama apakah lubangnya cocok untuk kabel AC dan pipa pembuangan.

5. Sambungkan Kabel

Tahap selanjutnya cara memasang AC adalah memasang kabel dengan kemampuan arus AC indoor dan outdoor. Untuk pengkabelan AC ini, buka sisi AC dengan obeng dan temukan panel sambungan kabel. Pastikan kabel negatif dan positif tidak tercampur. Sebab, jika kabel-kabel ini ditukar, dapat menyebabkan korsleting listrik, dan berbahaya dalam kondisi tegangan tinggi.

Baca Juga :  4 Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri di Rumah Kalian

6. Pasang AC Outdoor dan Indoor

Setelah semua wiring disiapkan dan selesai, selanjutnya pasang instalasi AC indoor dan outdoor. Pertama, Anda perlu memasang AC dalam ruangan pada braket yang sudah disiapkan. Pastikan pemasangan pipa terhubung dengan benar ke lubang dinding. Anda dapat menggunakan selotip untuk lebih mudah memasukkannya ke dalam lubang dinding. Setelah pipa masuk, pasang AC indoor. Kemudian, untuk pemasangan unit AC outdoor sebaiknya jangan diletakkan terlalu jauh dari AC indoor.

7. Lakukan Percobaan

Setelah semua komponen terpasang dengan benar, hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melakukan uji coba. Misalnya dengan mencoba kabel listrik atau power supply. Cara pemasangan AC yang benar adalah dengan menempelkannya di bagian samping AC. Setelah mencolokkan kabel power ini, tancapkan ke stop kontak dan nyalakan power AC, apakah normal atau tidak. Jika tidak, Anda perlu memeriksa kembali bagian yang terpasang.

Baca Juga :  Apa itu Listrik Prabayar untuk Penduduk Texas dan Konsumen Bisnis?

Dengan berbagai cara di atas, inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat memasang AC, sehingga Anda sudah bisa memasang AC sendiri. Bagaimana, cukup sederhana bukan memasang AC di rumah Anda tanpa bantuan teknisi? Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat untuk Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *