Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Maktec

6 Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Maktec Tidak Hidup

Dalam berbagai aktivitas kerja, untuk membantu mempercepat proses kerja dan menghasilkan produk berkualitas tinggi yang diharapkan konsumen. Ada banyak pekerjaan yang sangat membutuhkan alat asah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, salah satunya adalah bengkel las, tukang, dan perusahaan jasa lainnya.

Mesin Grinda banyak digunakan untuk memoles bagian-bagian sisa pengelasan pada besi, kemudian sebagai alat pemotong keramik dan alat poles batu akik. industri perkayuan. Oleh karena itu, terdapat berbagai macam merek dan keunggulan produk Grinda yang bersaing dipasaran.Salah satu merek yang banyak digunakan oleh konsumen adalah Grinda Maktec.

Baca Juga :  10 Tips Agar Mesin Cuci Kalian Tahan Lama

Karena fungsinya yang sangat penting dan merupakan salah satu kebutuhan utama para pelaku usaha di industri perkayuan, maka mesin gerinda ini harus selalu dalam kondisi terbaik agar tidak menemui kendala yang mengganggu aktivitas kerja yang direncanakan selama digunakan. Karena dalam hal ini, saya ingin memberikan beberapa pengalaman atau tips tentang cara memperbaiki Maktec gerinda tidak berfungsi dengan baik.

Kecepatan mesin granat ini mencapai 2800 rpm. Membutuhkan tenaga fisik dan ketelitian agar tidak membahayakan pengguna. Daya mesin granat 550 watt. Padahal, komponen mesin granat ini sangat sederhana. mesin gerinda gagal, kita bisa lebih mudah memperbaikinya. .

Baca Juga :  Apakah Perlu Membeli Mesin Jahit Bekas?

Jika mesin Grinda gagal dihidupkan, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Maktec Tidak Hidup

1. Periksa kabel penghubung

Periksa kondisi kabel, lalu gunakan tester untuk mengukur apakah kabel masih tersambung dengan baik atau ada bagian kabel yang rusak atau terbakar. Biasanya karena kondisi yang sangat panas saat digunakan, kabel pada akhirnya akan menjadi lemah dan bisa putus secara internal, menyebabkan mesin gerinda tidak bisa dihidupkan.

2. Periksa saklar/ switch on/off

Ukur dengan ujung positif dan negatif sakelar untuk memastikan sakelar gerinda tidak rusak.Jika sakelar dalam posisi ON tetapi kedua ujung sakelar tidak terhubung selama pengukuran, dapat ditentukan bahwa sakelar telah telah rusak.

Baca Juga :  4 Tips Memotong Kaca dengan Mesin Gerinda

3. Periksa carbon brush

Sikat karbon adalah salah satu cara menyambung listrik saat mesin dimatikan, bisa jadi sikat karbon di mesin sudah habis atau arus tidak tersambung karena korsleting. Sikat karbon ini terletak di samping mesin dan memiliki penutup lubang, yang dapat dilepas dengan memutarnya dengan obeng minimal. Coba cek kondisi carbon brush setiap kali digunakan, karena jika short tapi mesin masih digunakan, maka jika habis dalam posisi terbuka akan merusak armature connector.

4. Periksa Stator

Periksa secara fisik kondisi gelang stator, perhatikan apakah belitan generator terbakar atau putus, kemudian gunakan tester untuk mengukur apakah salah satu ujung cincin stator terhubung dengan ujung yang lain artinya masih bisa digunakan, dan kemudian gunakan metode yang sama untuk mengukur Demikian pula di ujung yang lain, ada empat ujung kabel di stator ini, dua di antaranya adalah cincin stator pada pemegang sikat.

Baca Juga :  Perangkat Lunak CAD / CAM dan Permesinan Kecepatan Tinggi

5. Periksa kondisi bearing

Coba putar kepala gerinda dan periksa kondisi bantalan pada angker, karena jika bantalan mesin gerinda macet, mesin tidak akan hidup karena berat posisi berputar.

6. Periksa Kondisi Armature

Periksa kondisi armature dengan memeriksa apakah ada yang terbakar atau rusak, kemudian gunakan tester untuk memeriksa apakah setiap ujung konektor harus saling terhubung.Jika beberapa konektor tidak terhubung, berarti armature dalam keadaan mati .

Perlu diperhatikan bahwa jika kita menghidupkan mesin Gerinda, tetapi putaran mesin sangat lambat, maka kemungkinan armature pada mesin Gerinda sangat kecil, yang biasanya menyebabkan mesin muncul suhu tinggi, karena kecepatan normal adalah hingga 2800rpm.

Baca Juga :  3 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

Untuk memprediksi kerusakan fatal dari mesin Gerinda Maktec yang kita miliki, kita harus memperhatikan perawatan dan penggunaan yang benar, misalnya setelah mesin digunakan dan aktivitas selesai, coba buka mesin Gerinda selama sekitar lima menit. tanpa beban agar menempel di area Gerinda Kotoran akan terbuang melalui ventilasi, terutama setelah banyak debu digunakan, jika Anda merasa tidak stabil atau mengeluarkan suara kasar saat mesin hidup, coba periksa dan perbaiki segera dan tidak akan bertambah buruk.

Semoga artikel sederhana ini dapat membawa manfaat dan dapat menjadi sarana bertukar informasi dan pengalaman.Jika ada kekurangan mohon maaf dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya, kecuali cara memperbaiki mesin Gerinda maktec tidak berfungsi.

Baca Juga :  4 Kompresor Angin Mini Terbaik Untuk Mengecat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *