Jenis Keramik Lantai

7 Jenis Keramik Lantai Untuk Mempercantik Rumah Kalian

Memilih jenis keramik lantai yang tepat saat membangun rumah sangat penting untuk disesuaikan dengan desain dan anggaran Anda. Selain itu, jenis keramik lantai juga beragam, sehingga Anda harus memilih gaya yang tepat untuk membuat tampilan rumah lebih menarik.

Sekarang, Kania akan mengulas jenis-jenis keramik lantai yang banyak digunakan di pasaran beserta karakteristik dan kegunaannya. Untuk itu bagi yang bingung memilih jenis keramik lantai terbaik, silahkan simak petunjuknya di bawah ini, yuk!

Baca Juga :  Analisis Struktur Bangunan yang Komprehensif

Jenis Keramik untuk Lantai

1. Jenis Keramik Lantai Porselen

Keramik lantai keramik, tampilannya mirip dengan keramik standar, namun permukaannya lebih cerah, membuat hunian terlihat lebih elegan. Keramik ini memiliki dua finishing, glossy dan matte, serta berbagai warna dan motif, dan harganya mulai dari Rp100.000 per meter persegi.

2. Jenis Keramik Lantai Standar

Jenis keramik lantai ini mudah ditemukan, bahkan melalui toko-toko keramik kecil. Keramik lantai standar ini terbuat dari tanah liat dan terdiri dari berbagai ukuran atau warna. Cocok digunakan di ruang tamu atau kamar mandi, keramik lantai jenis ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp 35.000 per meter persegi.

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan Baja untuk Struktur Bangunan

3. Jenis Keramik Lantai Granit

Jika Anda menyukai tampilan lantai marmer namun memiliki budget terbatas, maka Anda bisa menggunakan jenis keramik lantai granit ini. Dengan material utama batu alam, pola granit juga sangat unik, yang berbeda di setiap petaknya. Nah, jika Anda tertarik menggunakan keramik granit, Anda bisa menemukannya di pasaran, mulai dari Rp 150.000 saja per meter persegi.

Baca Juga :  3 Perbedaan Antara Hotel Dan Hostel Yang Perlu Diketahui

4. Jenis Keramik Lantai Kuadrat

Cocok digunakan di area outdoor, keramik lantai jenis ini terbuat dari campuran tanah liat yang dipanaskan pada suhu tinggi untuk menghasilkan keramik yang tahan lama. Dengan finishing warna coklat atau merah matte, Anda bisa membeli keramik lantai jenis ini dengan harga Rp 350.000 per meter persegi.

Baca Juga :  5 Trik yang Harus Diketahui Oleh Setiap Manajer Konstruksi

5. Jenis Keramik Lantai Mosaik

Cocok untuk yang ingin menciptakan kesan unik di rumah, ukuran mozaik keramik ini seringkali kecil. Hal ini dikarenakan mozaik keramik terbuat dari kaca atau lembaran keramik kemudian dirangkai menjadi pola tertentu.

Mosaik keramik ini terdiri dari berbagai warna dan bentuk, tidak hanya cocok untuk digunakan di lantai, tetapi juga dapat ditempel di dinding, termasuk sebagai backsplash dapur. Untuk harga, Anda bisa menemukan keramik mozaik dengan harga mulai dari Rp 20.000 per buah.

Baca Juga :  4 Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

6. Jenis Keramik Lantai Marmer

Jika Anda ingin membangun rumah yang terlihat mewah dan megah, maka keramik lantai marmer jenis ini sangat cocok digunakan. keramik lantai yang terbuat dari marmer sangat cocok untuk berbagai ruangan, termasuk ruang tamu, dan memiliki gaya yang unik karena serat yang berbeda di setiap plotnya. Harga keramik lantai marmer jenis ini berkisar antara 300.000 rupiah per meter persegi hingga beberapa juta rupiah, lho!

Baca Juga :  3 Tips Membuat Kamar Mandi Bebas Bocor dan Rembes

7. Jenis Keramik Lantai Teraso

Berikutnya adalah jenis keramik lantai terrazzo, yang diproduksi dengan menggabungkan bahan sisa yang terbuat dari marmer dengan keramik semen, pasir dan keramik. Jenis keramik lantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat desain kamar bertema etnik, dan harga per meternya mulai dari Rp 300.000.

Baca Juga :  6 Jenis Triplek Untuk Keperluan Rumah Tangga

Di atas adalah jenis-jenis keramik lantai yang umum digunakan, tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain informasi di atas