10 Manfaat Menggunakan Lampu LED Dibanding Lampu Biasa

10 Manfaat Menggunakan Lampu LED Dibanding Lampu Biasa

Manfaat Menggunakan Lampu LEDLampu LED merupakan inovasi teknologi canggih di bidang penerangan. Bayangkan jika lampu LED memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis lampu lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat dari penggunaan lampu sangat dibutuhkan oleh setiap orang, mulai dari lampu tidur, lampu taman, lampu baca dan lain sebagainya.

Baca Juga :  9 Cara Hemat Listrik Di Rumah Agar Tagihan Listrik BulananTidak Bengkak

Ketika melihat semua jenis ruangan pasti perlu menggunakan pencahayaan, untuk kenyamanan harus memperhatikan kualitas pencahayaan ruangan. Selain kenyamanan, kesehatan mata juga perlu diperhatikan. Jika pencahayaan di dalam ruangan tidak mencukupi, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Jenis lampu LED ini bisa dikatakan beberapa teknologi pencahayaan yang memberikan berbagai kelebihan dan kelebihan.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Menyambung Kabel Listrik yang Baik dan Benar

Kelebihan dan Keunggulan Lampu LED

1. LED Lebih Hemat Listrik

Secara umum, lampu LED mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada lampu lainnya. Banyak penelitian menunjukkan bahwa lampu LED dapat membuat efisiensi penggunaan energi 60%-70% lebih tinggi dibandingkan jenis lampu lainnya. Tak heran jika banyak kendaraan yang menggunakan lampu LED speedometer untuk menghemat daya.

Baca Juga :  6 Jenis CCTV Yang Umum Dijumpai Di Pasaran

2. LED Kompatibel Dengan Teknologi Dim

Lampu LED sangat cocok dengan teknologi peredupan, karena pada dasarnya lampu LED bekerja pada persentase yang telah ditentukan (0-100%). Karena itu, jika Anda ingin memanfaatkan fungsi peredupan (untuk lampu tidur, misalnya), gunakan sakelar yang memungkinkan peredupan lampu.

3. Umur LED Lebih Panjang

Masa pakai lampu LED seringkali lebih lama dari jenis lampu lainnya. Masa pakai lampu LED setidaknya 2-4 kali lebih lama dari jenis lampu lainnya. Tepatnya, masa pakai rata-rata lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Peralatan Dapur Elektronik untuk kalian yang Hobi Masak

4. LED Secara Desain Fleksibel

Bentuk LED yang ringkas memungkinkannya ditempatkan secara fleksibel di mana saja, mulai dari menggantung hingga menjadi lampu tempel. LED dapat memenuhi kebutuhan pencahayaan apapun tanpa mengorbankan keindahan ruangan, yang sangat cocok untuk orang yang ingin mengoptimalkan desain ruangan.

5. LED Ramah Lingkungan

Lampu LED lebih ramah lingkungan karena mengkonsumsi lebih sedikit energi. Selain itu, lampu LED tidak menggunakan merkuri di dalamnya, sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga :  Otomasi Kendaraan Listrik-Alasan dan Hasil yang Wajar Saat Membeli

6. LED Adaptif Terhadap Cuaca

Seperti yang kita semua tahu, lampu LED sangat mudah beradaptasi dengan kondisi cuaca apa pun. LED dapat bekerja dalam rentang suhu yang luas tanpa menurunkan kinerja lampu secara signifikan. Fakta ini membuat banyak orang menggunakan LED sebagai lampu taman.

7.  Keamanan Penggunaan LED Lebih Terjamin

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa LED lebih aman daripada jenis lampu lainnya. Dibandingkan dengan jenis lampu lain yang menggunakan 90% daya untuk menghasilkan panas, LED hampir tidak memancarkan panas. Tegangan rendah juga dapat meminimalkan risiko yang terkait dengan penggunaan listrik.

Baca Juga :  Inovasi Perkembangan Kelistrikan di Dunia

8. LED Punya Daya Render (CRI) Yang Baik

Indeks rendering warna adalah kemampuan cahaya untuk menampilkan warna sebenarnya dari suatu objek dibandingkan dengan sumber cahaya (cahaya alami). Secara umum, nilai CRI lampu LED cukup tinggi dibandingkan jenis lampu lainnya.

9. LED Tidak Memproduksi Emisi UV

Tidak seperti lampu lainnya, LED hanya menghasilkan cahaya dalam spektrum dan spektrum inframerah, bukan sinar ultraviolet. Hal ini tentu saja memungkinkan LED untuk melindungi pengguna dari bahaya sinar ultraviolet pada kulit. Inilah sebabnya mengapa lampu LED populer sebagai lampu belajar.

Baca Juga :  7 Tips Agar Instalasi Listrik Rumah kalian Aman dari Korsleting

10. LED Beroperasi Dengan Voltase Rendah

Lampu LED dapat bekerja tanpa memerlukan penggunaan tegangan tinggi. Tuntutan tegangan yang sangat rendah tentunya akan mempengaruhi efisiensi penggunaan listrik. Itu juga membuat LED cocok untuk kebutuhan pencahayaan luar ruangan.

Nah, itulah kelebihan lampu LED. Padahal, lampu LED sangat berguna untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan penerangan, seperti lampu meja dan lain-lain

Baca Juga :  6 Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Kalian Coba Selain AC