7 Keutamaan Menggunakan Lampu Tidur Saat Tidur Malam

7 Keutamaan Menggunakan Lampu Tidur Saat Tidur Malam

Keutamaan Menggunakan Lampu Tidur –  kebanyakan orang, lampu tidur kecil di kamar sangat penting. Pasalnya, lampu yang remang-remang ini dapat membantu mereka yang sulit tidur dalam gelap atau takut tertidur.

Selain itu, lampu jenis ini sering digunakan sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik interior ruangan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali jenis dan model lampu tidur yang beredar di pasaran.

Baca Juga :  Mengenal Satelit Luar Angkasa

Beberapa orang merasa nyaman tidur dengan lampu menyala. Namun, beberapa orang mungkin hanya tertidur saat lampu di dalam ruangan dimatikan atau saat hari sudah gelap. Sebenarnya, mana yang lebih baik untuk tidur atau tidak?

Tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu di kamar akan membuat kualitas tidur lebih baik. Cahaya adalah faktor kunci dalam mengatur tidur dan jam tubuh. Cahaya menjadi acuan jam biologis tubuh, karena cahaya yang diterima tubuh saat tidur dapat memberikan sinyal yang menunjukkan waktu tertentu di dalam tubuh. Lampu tidur memiliki banyak manfaat lain. Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan:

Baca Juga :  5 Tips Instalasi Kabel Listrik Agar Terhindar Dari Kecelakaan

Manfaat Menggunakan Lampu Tidur

1. Memaksimalkan proses detoksifikasi tubuh

Tubuh manusia memiliki jam biologis untuk proses tertentu. Salah satunya adalah proses detoksifikasi. Saat kita tidur di malam hari, proses ini dilakukan oleh hati.

Nah, menggunakan lampu malam bisa membuat tidur ibu lebih nyenyak, karena menciptakan suasana santai. Otomatis, proses detoksifikasi tubuh akan maksimal.

Baca Juga :  Penyebab dan Solusi untuk Korsleting Listrik Peralatan Rumah Tangga

2. Memicu produksi hormon melatonin di dalam tubuh

Ada banyak hormon dalam tubuh, masing-masing dengan fungsinya sendiri. Salah satunya adalah hormon melatonin yang berfungsi menghasilkan rasa kantuk, menjaga kesehatan sel dan melancarkan peredaran darah.

Nah, melatonin diproduksi di dalam tubuh hanya saat tidak terkena cahaya di malam hari. Karena itu, gunakan lampu malam untuk mengurangi cahaya dan memicu produksi hormon melatonin.

Baca Juga :  Otomasi Kendaraan Listrik-Alasan dan Hasil yang Wajar Saat Membeli

3. Meningkatkan kualitas tidur

Suasana gelap dan remang-remang erat kaitannya dengan ketenangan. Dengan menggunakan lampu malam, kamar tidur ibu akan diselimuti cahaya remang-remang sehingga membuat tubuh lebih rileks dan rileks. Hasilnya, kualitas tidur Anda akan meningkat dan Anda akan bangun lebih bertenaga di pagi hari.

4. Sebagai unsur dekorasi kamar

Seperti disebutkan sebelumnya, lampu samping tempat tidur digunakan tidak hanya karena fungsinya sebagai lampu, tetapi juga sebagai elemen dekoratif.Saat ini banyak sekali model dan jenis lampu tidur yang bisa Anda pilih. Dari lampu meja, chandelier, lampu dinding, hingga lampu modeling karakter lucu. Otomatis, dengan menggunakan lampu malam, kamar ibu akan semakin cantik!.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Daftar Merk Saklar dan Stop Kontak Terbaik

5. Menciptakan suasana hangat yang lebih nyaman

Cahaya lampu dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu cahaya hangat (warm) dan cahaya dingin (cool). Umumnya, lampu putih yang digunakan di siang hari memiliki jenis cahaya dingin.

Berbeda dengan lampu tersebut, sebagian besar lampu tidur akan memaparkan cahaya kuning redup yang hangat. Otomatis, suasana di kamar pun akan terasa lebih hangat dan nyaman.

Baca Juga :  7 Tips Aman Pemasangan Instalasi Listrik di Rumah

6. Mengurangi konsumsi listrik di malam hari

Mengurangi konsumsi listrik selalu menjadi topik diskusi di sebagian besar keluarga. Tidak hanya untuk menekan biaya bulanan, tetapi juga untuk mengurangi pemanasan global yang semakin terasa.

Nah, Moms bisa mengurangi konsumsi listrik di malam hari dengan menggunakan lampu malam lho. Secara umum, lampu jenis ini membutuhkan lebih sedikit listrik daripada lampu biasa.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Lampu Bohlam LED Untuk Rumah Anda

7. Meminimalisir risiko berbagai penyakit

Menyalakan lampu untuk tidur meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker, obesitas, dan penyakit mental seperti depresi. Paparan cahaya merupakan faktor yang meningkatkan risiko. Nah, kalian bisa menguranginya dengan menggunakan lampu malam. Dengan lampu ini, tubuh lebih kecil kemungkinannya terkena cahaya di malam hari, sehingga lebih aman.

Baca Juga :  Tips Memilih Jenis Lampu Senter Sesuai Kebutuhan Pekerjaan

Inilah keutamaan  menggunakan lampu tidur. Sebagai pengingat pilihlah lampu malam dengan lampu kuning atau merah yang redup. Pasalnya, lampu tidur yang terlalu terang tetap akan mengganggu produksi hormon dan jam biologis, sehingga meningkatkan risiko penyakit.