9 Jenis Sambungan Pipa PVC untuk Kebutuhan Konstruksi

9 Jenis Sambungan Pipa PVC untuk Kebutuhan Konstruksi

Ssambungan pipa PVC – Pipa yang terbuat dari polivinil klorida atau polivinil klorida sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lain. Agar aliran air dapat berjalan secara optimal, diperlukan sambungan pipa. Dari sambungan pipa lurus hingga sambungan pipa PVC empat arah. Jenis sambungan pipa PVC dibagi lagi menjadi delapan jenis. Berikut adalah beberapa di antaranya!

Baca Juga :  Melihat 7 Hasil Karya Arsitek Terbaik Indonesia

Jenis sambungan pipa PVC

1. Elbow

Jika soket digunakan untuk menghubungkan dua pipa air dengan ukuran yang sama, siku memiliki efek membelokkan aliran air. Orang biasanya menyebutnya sebagai bentuk koneksi “L”. Benang atau benang pada siku biasanya terletak di bagian dalam dan digunakan untuk menyambung pipa PVC. Menurut tingkat rotasi, siku dibagi lagi menjadi tiga jenis. Sambungan pipa memiliki siku 90 derajat, siku 45 derajat dan siku dengan ulir eksternal atau internal.

Baca Juga :  Penyebab Kerusakan Struktur Bangunan

2. Cross

Untuk sambungan pipa PVC horizontal, fungsinya untuk membagi saluran air menjadi tiga arah. Tekanan kiri, kanan, dan tengah adalah sama di tiga arah. Dengan cara ini, setiap orang akan mendapatkan pasokan air yang cukup. Pastikan untuk memeriksa apakah salib ini ada sebelum digunakan, untuk melihat apakah masih dalam kondisi baik, untuk menghindari kebocoran.

Baca Juga :  10 Bangunan Bersejarah yang Menarik di Indonesia

3. Socket

Soket disebut sambungan pipa PVC utama. Fungsinya untuk memperpanjang pipa dengan menghubungkan pipa secara langsung dari satu pipa ke pipa lainnya. Dalam penerapannya, soket digunakan untuk menyambung pipa yang jenis dan ukurannya sama. Jenis soket dibagi menjadi soket ulir eksternal dan soket ulir internal. Ada juga soket dengan dua utas, utas eksternal dan utas internal.

Baca Juga :  Perbedaan Kolam Retensi dan Retarding Basin yang Perlu Diketahui

4. Tee Stuck

Sambungan pipa PVC empat arah dapat secara efektif mengalihkan aliran air. Namun, sebelum koneksi muncul, sudah ada saluran dua arah, yang disebut tee macet. Nama tersebut karena bentuknya seperti huruf “T”. Aliran yang ada berasal dari pipa lurus kemudian membelok ke kiri dan ke kanan. Meski familiar dengan bentuk huruf “T”, beberapa jenis bentuk sedikit terdistorsi, seperti bentuk huruf “Y”.

Baca Juga :  5 Cara Memotong Kaca Dengan Mudah

5. Cross

Untuk sambungan pipa PVC horizontal, fungsinya untuk membagi saluran air menjadi tiga arah. Tekanan kiri, kanan, dan tengah adalah sama di tiga arah. Dengan cara ini setiap orang akan mendapatkan air yang cukup. Pastikan untuk memeriksa apakah salib ini ada sebelum digunakan untuk melihat apakah masih utuh untuk menghindari kebocoran.

Baca Juga :  Jenis Konstruksi yang Perlu Diketahui

6. Adapter

Adaptor banyak dipilih dan menjadi solusi penyambungan atau penyambungan dua buah pipa PVC. Sangat cocok untuk pipa dengan ukuran diameter yang berbeda. Kelebihannya, pipa yang bisa disambungkan dengan adaptor tidak hanya dua sambungan, tetapi lebih dari dua yang bisa disambungkan.

7. Reducer

Lalu ada sesuatu yang disebut peredam di perangkat sambungan pipa PVC. Tujuannya adalah untuk menghubungkan dua pipa dengan diameter berbeda. Ini berbeda dengan soket yang hanya dapat menghubungkan pipa PVC dengan diameter yang sama. Ada dua jenis peredam yang berbeda. Siku pereduksi memiliki fungsi membelokkan dan mengurangi aliran air, dan fungsi pereduksi soket adalah untuk menghubungkan pipa lurus dan mengurangi aliran di soket.

Baca Juga :  Terapkan 3 Tips Ini Dalam Membangun atau Renovasi Rumah agar Tidak Boncos

8. Nipple

Terakhir, sambungan pipa PVC yang perlu Anda ketahui adalah nipple. Dalam hal ini fungsinya untuk mengencangkan pipa-pipa yang digunakan. Biasanya, puting tidak hanya sambungan pipa PVC empat arah, tetapi juga berbentuk heksagonal.

9. Penutup

Seperti namanya, pipa ini memiliki fungsi sebagai penutup pipa. Apakah itu untuk menutup ujung aliran dan bertindak sebagai sumbat atau penutup khusus untuk menutupi sambungan pipa PVC empat arah dan sambungan lainnya. Ada juga yang disebut tutup penutup, yang akan tertutup permanen dan tidak bisa dibuka lagi.

Baca Juga :  5 Tips Cara Membeli Sofa Agar Lebih Murah

Itu adalah delapan sambungan pipa PVC empat arah yang sering digunakan dan koneksi lainnya.