Ketahui Perbedaan Genset Open dan Genset Silent

Ketahui Perbedaan Genset Open dan Genset Silent

Genset (genset) adalah perangkat dengan fungsi pembangkit listrik. Pengertian genset mengacu pada sekelompok peralatan yang terdiri dari dua peralatan yang berbeda, mesin dan generator atau alternator. Saat ini ada dua jenis mesin genset yang beredar di pasaran, yaitu genset terbuka dan genset senyap.

Alat-alat tersebut biasanya digunakan untuk menghasilkan daya cadangan ketika catu daya yang ada terputus, atau sebagai sumber daya ketika tidak ada catu daya (seperti saat berkemah, dll). Di bawah ini adalah penjelasan dari open generator dan silent generator.

Baca Juga :  10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik Yang Bisa Kalian Coba

Perbedaan genset open dan genset silent

Genset open

Open generator atau yang lebih dikenal dengan open generator merupakan generator yang biasa digunakan oleh pengguna. Secara umum, ada beberapa jenis genset seperti ini, terutama kapasitas listrik yang mereka buat. Disebut genset terbuka karena tidak dilengkapi lemari (ruang genset/kanopi).

Keuntungan dari genset terbuka adalah mudah dalam perawatannya, karena genset dalam keadaan terbuka dan mudah dipasang dan dibongkar. Genset didesain siap pakai, dilengkapi dengan panel pengontrol yang mudah dipahami, tangki diesel yang mudah dipasang, dan alat pembuangan yang langsung dipasang di mesin.

Baca Juga :  8 Tahap Cara Mengelas/Welding yang Baik dan Benar

Genset silent

Sedikit berbeda dengan genset terbuka, genset senyap biasanya diproduksi seluruhnya dengan menggunakan casing genset (penutup), yang membuat suara mesin lebih kecil saat genset dihidupkan. Tidak hanya itu, ruang genset juga dapat melindungi sistem genset dari suhu tinggi atau hujan. Kanopi dari silent generator itu sendiri biasanya dilapisi dengan plat besi dan busa penyerap suara. Inilah mengapa genset merupakan genset senyap yang dapat meredam suara.

Baca Juga :  Mendapatkan Traktor Kebun yang Tepat Untuk Anda

Untuk proses perawatannya sendiri, silent generator tidak kalah dengan open generator. Kanopi genset bisu dirancang khusus, dilengkapi dengan sistem pembongkaran, dilengkapi dengan pintu overhaul, dan genset dapat dilepas untuk pemeliharaan.

Di sisi lain, jika kita berbicara tentang harga, harga generator terbuka akan lebih murah dibandingkan dengan generator diam. Ini karena kebisingan yang dihasilkan ditekan dengan baik oleh generator bisu. Namun dari segi performa, keduanya tidak jauh berbeda.

Baca Juga :  Kenali Perbedaan Power Tools Maktec Dan Makita

Generator bisu dapat ditempatkan di mana saja di dalam ruangan karena suara dapat ditekan. Namun, berbeda dengan generator terbuka yang membutuhkan ruangan khusus untuk meredam suara yang sangat bising.

Saya harap artikel ini dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat ketika memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memahami perbedaan antara generator terbuka dan generator diam.

Baca Juga :  4 Tips Cara Membuat Mesin Standar Lebih Cepat dan Awet