10 Tips Merawat Mesin Genset Yang Baik Dan Benar

10 Tips Merawat Mesin Genset Yang Baik Dan Benar

Genset adalah alat yang disebut alat pembangkit listrik, yang biasanya digunakan oleh rumah, perusahaan, toko, dll di daerah pedesaan. Genset yang merupakan singkatan dari genset, tentunya sama seperti alat-alat lainnya, memerlukan perawatan khusus agar dapat digunakan dalam waktu yang lama dan menjaga kondisi operasinya yang terbaik. Jika dirawat dengan baik, genset dapat bekerja secara efektif dan bertahan lebih lama. Berikut kami berikan beberapa tips cara merawat genset dengan benar.

Baca Juga :  Kenali Perbedaan Power Tools Maktec Dan Makita

10 Cara Perawatan Genset

1. Jaga kebersihan Genset

Dengan memperhatikan kebersihan genset, genset yang Anda miliki akan lebih optimal dan indah. Bersihkan secara berkala debu, kotoran, oli, dan air yang menempel pada genset, terutama bagian radiator genset, agar genset tidak mudah rusak.

2. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik

Saat genset berjalan di dalam ruangan, pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Tujuannya agar gas buang yang dihasilkan dari pembakaran genset dapat terbuang percuma. Sirkulasi udara yang baik tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menjauh dari racun dengan lebih aman, tetapi juga membuat mesin genset cenderung tidak cepat panas.

Baca Juga :  4 Profesi Ini Takkan Mampu Digantikan oleh Robot dan Mesin

3. Letakkan Genset pada tempat yang kering

Genset merupakan salah satu alat yang harus diperhatikan saat menempatkannya, karena jika mesin genset diletakkan sembarangan, air, panas matahari, dll akan cepat merusak genset, bahkan menyebabkan sengatan listrik.

4. Ganti Spare part Genset yang sudah Aus termakan Usia

Bila genset memiliki suku cadang yang tidak dapat bekerja secara normal setelah jangka waktu tertentu, gantilah suku cadang tersebut sebelum suku cadang genset lainnya rusak. Tidak ada solusi segera. Untuk memahami apa saja komponen genset dan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti suku cadang, Anda dapat mengetahuinya dengan membaca buku panduan yang diberikan saat Anda membeli genset.

Baca Juga :  5 Cara Cepat Mengatasi Saluran Air Mampet

5. Segera matikan jika terjadi hal yang mengganjal

Saat Anda mengoperasikan genset, jika ada kelainan atau kelainan, seperti suara keras (lebih besar dari biasanya) atau getaran yang berlebihan, harap segera matikan genset. Segera periksa kembali kondisi genset dalam keadaan tertutup.

6. Periksa bahan bakar

Nah, bahan bakar merupakan item penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan mesin genset itu sendiri, karena jika bahan bakar tidak mencukupi/tidak sesuai maka genset mudah rusak akibat kekeringan.

Baca Juga :  5 Tips Merawat Agar Mesin Genset yang Jarang Digunakan

7. Pastikan pengoperasian Genset dengan benar

Ketika hendak menggunakan Genset baik Genset Baru maupun Genset Bekas, maka pastikan anda benar benar tau bagaimana cara menggunakannya sehingga tidak akan terjadi hal hal yang tidak di inginkan dan terjadinya kerusakan pada Genset. Sebaiknya baca buku petunjuk Penggunaan Genset atau konsultasikan kepada Penjual Genset tempat Anda membeli Genset.

Baca Juga :  10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik Yang Bisa Kalian Coba

8. Perhatikan Kabel kabel instrument

Pada bagian genset terdapat beberapa kabel yang harus diperhatikan dan sangat perlu diperhatikan, karena kabel ini merupakan bagian dari peralatan penting dari mesin genset itu sendiri.

9. Cek Oli Mesin Genset secara berkala

Oli genset merupakan salah satu komponen penting pada genset. Periksa secara berkala dan ganti oli genset jika oli genset mulai menghitam/keruh, atau jumlah oli berkurang di bawah level normal. Itu harus diganti setiap 6 bulan atau ketika kondisi oli tidak normal.

Baca Juga :  4 Kompresor Angin Mini Terbaik Untuk Mengecat

10. Lakukan pemeriksaan Distilled Water pada bagian Battery

Aki menyediakan distilat dan harus diisi ulang dalam jangka waktu tertentu, biasanya 2 hingga 3 tahun.Pemilik mobil perlu mengisi aki, jika tidak maka akan mempengaruhi kinerja genset itu sendiri.

Itulah beberapa tips cara merawat genset yang benar.Saat memasang genset, tips ini bisa menjadi sumber informasi Anda.

Baca Juga :  4 Tips Memotong Kaca dengan Mesin Gerinda