7 Tips Cara Perawatan Mesin Bor yang Baik

7 Tips Cara Perawatan Mesin Bor yang Baik

Apa metode perawatan yang benar untuk mesin bor? Mesin bor merupakan alat yang sangat penting digunakan untuk menunjang kelancaran pekerjaan perforasi pada kayu, dinding, besi dan permukaan lainnya. Berkat alat ini, Anda dapat membuat lubang yang membutuhkan objek tambahan.

Rig pengeboran harus dirawat secara teratur untuk memastikan bahwa fungsi dan kegunaannya terpelihara dengan baik. Secara alami, mesin bor juga harus dirawat dengan baik. Mata bor tidak hanya harus diasah, tetapi juga mesin harus dirawat secara menyeluruh. Pastikan rig pengeboran memiliki masa pakai lebih lama setelah perawatan.

Baca Juga :  Tips Bagimana Cara Mudah Menggunakan dan Merawat Mesin Las Listrik

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam  perawatan mesin bor

1. Penyimpanan yang Benar

Untuk penyimpanan harian, Anda dapat meninggalkan semua lampiran bor di lampiran untuk digunakan pada hari berikutnya. Tetapi jika Anda berencana untuk menyimpan mesin ini untuk waktu yang lama, lebih dari seminggu, yang terbaik adalah melepas semua aksesori terlebih dahulu. Harap dicatat bahwa bagian-bagian mesin bor biasanya rapuh dan rentan terhadap karat. Oleh karena itu, Anda harus menyimpannya secara terpisah dari mesin. Jika perlu, lumasi dengan oli/pelumas mesin jahit.

Baca Juga :  Mendapatkan Traktor Kebun yang Tepat Untuk Anda

2. Pakai Mesin Bor sesuai Jenisnya

Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis mesin bor sesuai dengan namanya? Tidak hanya mesin bor tangan di pasaran, tetapi juga mesin bor bangku, mesin bor radial, mesin bor vertikal, dan mesin bor koordinat. Saat digunakan, masing-masing mesin bor ini harus digunakan sesuai dengan spesifikasinya. Jangan sekali-kali menggunakan bor besi khusus untuk mengebor lubang pada permukaan beton, karena hasilnya pasti akan kurang rapi dan mesin akan mudah rusak.

Baca Juga :  3 Komponen Utama Mesin Las Listrik yang Perlu Diketahui

3. Bersihkan Setelah Dipakai

Bentuk dasar dari perawatan peralatan setiap tukang adalah membersihkan seluruh tubuh segera setelah digunakan. Tidak harus terlalu rumit. Yang harus Anda lakukan adalah menyeka permukaan dengan kain bersih. Dengan menjaga kebersihan alat Anda setiap saat, Anda dapat mencegah karat/korosi.

4. Simpan di Tempat Kering

Musuh utama alat tukang adalah kelembaban tinggi. Disarankan untuk menyimpan bor di ruangan yang berventilasi baik, tidak lembab, dan kering. Sebelum memasukkannya ke dalam wadah, pastikan kembali posisi sakelar tidak ditekan. Garis mesin juga harus digulung dalam posisi yang rapi untuk menghindari kusut atau kusut.

Baca Juga :  Seperti Ini Cara Kerja Mesin Diesel

5. Lepaskan Mata Bor dengan Benar

Jika Anda menggunakannya secara kasar, semua alat pertukangan akan cepat rusak. Misalnya, ketika Anda ingin melepas mata bor. Gunakan alat khusus yang dirancang untuk membuka mata bor untuk melepaskan mata bor. Jangan pernah mencoba alternatif berbahaya lainnya, seperti menggunakan palu atau tang.

6. Serahkan Kepada Ahlinya

Anda dapat memberikan perawatan rig harian dengan menerapkan semua tips di atas. Agar kondisi rig lebih stabil, tidak ada salahnya mencari bantuan dari orang yang lebih ahli untuk mengecek kelayakan rig Anda. Istilah kerennya adalah pelayanan. Minta mereka untuk memeriksa apakah mesin bor masih tersedia atau beberapa komponennya perlu diperbaiki.

Baca Juga :  Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik untuk Rumah

7. Pasang Aksesori yang Sesuai

Sebaiknya Anda juga menggunakan aksesoris yang sesuai dengan desain mesin bor yang Anda miliki. Jangan memasang aksesori yang tidak sesuai. Menggunakan mesin bor yang tepat tanpa aksesoris yang tepat justru dapat merusak mesin. Misalnya, penggunaan mata bor yang tumpul memaksa mesin bekerja keras, dan memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Baca Juga :  Ketahui 5 Sebab Rusaknya Penyebab Bearing Pada Roda