4 Tips Hemat Listrik Disaat Musim Panas

4 Tips Hemat Listrik Disaat Musim Panas

Pada musim kemarau, udara semakin panas, mendorong peningkatan penggunaan air conditioning (AC). Cara ini ditempuh karena dinilai lebih praktis dan cepat dalam menurunkan suhu udara dalam ruangan sebuah rumah agar terasa lebih nyaman.

Padahal, intensitas listrik AC yang tinggi secara alami akan mempengaruhi konsumsi listrik, dan biaya listrik juga akan meningkat.

Baca Juga :  5 Tips Hemat Daya Listrik yang Bisa Sobat Lakukan di Rumah

Padahal, untuk menghadirkan suhu udara yang nyaman ke dalam ruangan, ada beberapa cara atau cara yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Misalnya dengan memaksimalkan ventilasi dan pendinginan area sekitar rumah dengan taman.

Tips Hemat Listrik Disaat Musim Panas

1. Gunakan perangkat elektronik hemat energi

Jangan ragu untuk memilih perangkat elektronik berdaya rendah. Terutama pada peralatan rumah tangga dengan frekuensi penggunaan yang tinggi, seperti TV, lemari es, AC, dll.

Baca Juga :  Kenali 6 Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

2. Hijaukan halaman rumah

Pepohonan dan tanaman lain yang ditanam di pekarangan seperti kanopi yang melindungi rumah dari sinar matahari yang berlebihan di siang hari.

Jadikan pekarangan Anda hijau dan asri melalui berbagai tanaman, pasti akan menurunkan suhu di sekitar rumah, termasuk di dalam ruangan. Keterbatasan ukuran setiap unit rumah tidak menghalangi keberadaan berbagai tanaman.

Baca Juga :  4 Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri di Rumah Kalian

Hal itu dikarenakan, seiring dengan kemajuan teknologi, kini telah tersedia beberapa inovasi lanskap yang memberikan solusi menanam di lahan sempit, seperti aplikasi vertical garden dan roof garden.

3. Hadirkan desain rumah sehat

Sejak didirikan, langkah pertama dalam penghematan listrik adalah mendesain rumah yang lebih sehat. Usahakan membawa sirkulasi udara segar, cahaya alami bisa masuk. Bangun rumah dengan banyak jendela dan lubang ventilasi. Dalam hal ini, maka Ruangan akan terasa lebih sehat.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Menyambung Kabel Listrik yang Baik dan Benar

4. Ganti pencahayaan lampu dengan LED

Menggunakan lampu LED untuk menerangi seluruh ruangan memang menghabiskan banyak uang pada awalnya. Namun, dalam jangka panjang, itu akan membantu menghemat energi.