4 Tips Cara Membuat Mesin Standar Lebih Cepat dan Awet

4 Tips Cara Membuat Mesin Standar Lebih Cepat dan Awet

Bagi sebagian pengendara sepeda motor, kecepatan menjadi hal penting saat berkendara. Berbagai metode sedang dipelajari untuk meningkatkan performa mesin.

Pada umumnya bagi Otolovers untuk meningkatkan kecepatan sebuah mobil harus menyeimbangkan perubahan pada mesin. Mengganti beberapa bagian mesin dengan bagian balap adalah pilihan yang layak.

Namun, penggantian ini biasanya memiliki efek yang sama yaitu membuang lebih banyak bahan bakar pada mesin yang sedang berjalan dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Berapa Banyak Uang yang Perlu Anda Keluarkan untuk Mesin Pitching?

Nah, artikel di bawah ini membahas tips akselerasi motor, tapi mesinnya masih standar. Berikut cara membuat mesin kencang dengan mesin standar dilansir dari berbagai sumber:

Cara membuat mesin kencang dengan mesin standar

1. Gunakan BBM yang benar

Tidak perlu mengganti banyak suku cadang mesin untuk performa mesin yang cepat. Otolovers cukup memperhatikan bahan bakar yang diimbangi dengan tekanan mesin. Memilih bensin berdasarkan tekanan mesin menghasilkan kinerja keluaran yang lebih baik, menghasilkan mesin yang lebih cepat meskipun spesifikasi standar.

Baca Juga :  5 Keuntungan Menggunakan Pengisi Daya Aki Portabel

2. Ganti dengan roda yang ringan

Agar mesin berjalan lebih cepat, opsi kedua adalah mengganti velg yang ringan. Roda pemasangan dapat dibuat dari bahan aluminium dengan metode pemesinan tempa atau forging.

Misalnya, velg standar Yamaha Nmax berbobot 8,38 kg. Saat diganti dengan aluminium tempa RCB FG 506, bobotnya 6,25 kg. Hal ini sangat mempengaruhi performa mobil.

Baca Juga :  3 Tips Bagaimana Cara Memperbaiki Mesin Diesel Susah Hidup

Tapi, sayangnya, velg aluminium tempa itu tidak murah. Otolovers harus merogoh kocek hingga Rp 10 juta untuk membawa pulang velg tersebut.

* Apakah itu nyata atau scam? Untuk memverifikasi kebenaran informasi yang disebarluaskan, silakan kirim Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787670 ke WhatsApp dengan kata kunci yang diperlukan.

Menggunakan filter udara aftermarket juga menjadi alternatif untuk hasil yang maksimal. Padahal, filter bawaan pabrik terbuat dari busa atau kertas, jadi jika ingin mesin bekerja lebih cepat, sebaiknya pilih filter udara kain. Selain itu, disarankan agar mesin dilengkapi dengan filter baja tahan karat yang diproduksi oleh Ferrox.

Baca Juga :  4 Tips Memotong Kaca dengan Mesin Gerinda

Filter udara di atas juga dapat digunakan untuk waktu yang lama. Jika kotor, tinggal dicuci saja. Namun, harganya cukup mahal dan harganya lebih dari 500.000 rupee.

3. Menggunakan busi iridium

Menggunakan busi iridium juga bisa menjadi solusi. Keuntungan dari komponen yang sama adalah memiliki inti elektroda yang terbuat dari paduan iridium. Efek penggunaan busi iridium adalah konduktivitas dan ketahanan yang lebih baik dalam kondisi yang keras.

Baca Juga :  6 Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Maktec Tidak Hidup

Juga, busi iridium memiliki bentuk inti elektroda yang meruncing. Ini membuat percikan lebih fokus dan dapat diandalkan. Untuk membawa busi ini Anda perlu membawa uang 100.000 rupiah untuk pemasangan di sepeda motor Otolovers.

4. Penggantian knalpot balap

Knalpot racing juga bisa digunakan oleh Otolovers untuk mempercepat mesinnya, tapi untuk hasil terbaik, beberapa komponen di atas juga perlu diganti.

Baca Juga :  4 Kompresor Angin Mini Terbaik Untuk Mengecat

Selain itu, karbon monoksida dan hidrokarbon juga harus disiapkan di unit kontrol elektronik mesin. Ini untuk performa yang lebih baik dan knalpot tidak pecah. Harga knalpot racing Rp. 3 juta.

Lantas bagaimana membuat mesin kencang, tapi tetap standar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat untuk semua Otolovers.