Aplikasi Bisa Digunakan Memantau Kemacetan Lalu Lintas

3 Aplikasi Bisa Digunakan Memantau Kemacetan Lalu Lintas

Masyarakat Indonesia sepertinya mudik usai menghabiskan Ramadhan atau mudik lebaran bersama keluarga.

Lalu lintas kendaraan meningkat di beberapa ruas jalan saat mudik Lebaran. Orang-orang yang kembali ke kota menggunakan lalu lintas jalan menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan.

Perjalanan pulang untuk Idul Fitri bisa terasa membosankan jika ada kemacetan di sepanjang jalan. Untuk menghindari hal tersebut, saat mudik Lebaran 2022, Anda bisa mengecek kemacetan menggunakan berbagai aplikasi di ponsel Anda.

Baca Juga :  Cara Praktis Daftar ShopeeFood Secara Online

Beberapa dari Anda mungkin sudah familiar dengan Google Maps dan beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melihat kemacetan lalu lintas, seperti Waze.

Ada juga aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk melihat kemacetan lalu lintas, seperti Travoy. Sudah bertanya-tanya bagaimana cara memeriksa kemacetan lalu lintas melalui tiga aplikasi ini? Simak uraiannya di bawah ini.

Aplikasi Memantau Kemacetan Lalu Lintas

1. Cara cek kemacetan di Google Maps

Ilustrasi aplikasi yang menampilkan kemacetan lalu lintas di App Store Google Maps

Baca Juga :  10 Aplikasi Game Penghasil Uang yang Perlu Kalian Coba

Google Maps adalah aplikasi peta dan navigasi dengan panduan rute yang cukup lengkap, termasuk kondisi lalu lintas. Google Maps dapat menunjukkan kemacetan lalu lintas di jalan.

Peta yang disediakan oleh Google Maps memiliki tiga warna jalan untuk menunjukkan kondisi lalu lintas, termasuk yang berwarna merah, kuning, dan hijau. Jalan merah menunjukkan kemacetan lalu lintas.

Baca Juga :  Daftar 5 Aplikasi Pencari Kerja Terbaik & Terpercaya

Jalan kuning menunjukkan lalu lintas sangat padat, tetapi masih ada jarak antar kendaraan. Jika jalan berwarna hijau, berarti lalu lintas lancar dan tidak ada hambatan atau kemacetan.

/Zulfikar Ilustrasi warna rute di Google Maps. (1) Jalan Merah (2) Jalan Hijau (3) Jalan Kuning

Dengan fitur ini, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk mengecek kemacetan jalan yang ingin Anda lewati saat sedang dalam perjalanan pulang untuk Lebaran. Sangat mudah untuk melihat kemacetan lalu lintas di Google Maps.

Baca Juga :  6 Cara Daftar Paket Darurat Telkomsel 5111 via SMS, Telepon dan Aplikasi

Pertama, Anda harus memiliki aplikasi Google Maps di ponsel Anda. Jika Anda tidak memiliki Google Maps, unduh Google Maps terlebih dahulu dari Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Kemudian buka aplikasi dan periksa apakah Google Maps dapat mengakses fitur lokasi ponsel Anda. Saat Google Maps terbuka, pilih ikon kotak kecil yang muncul di bagian Tampilan Peta.

Baca Juga :  Cara Top Up Saldo GoPay Di Mobile Banking BCA, Mandiri, BRI, Mandiri, Dan BNI

Selanjutnya, pilih opsi jenis peta “Lalu Lintas” dan Google Maps akan menampilkan peta dengan informasi spesifik tentang kondisi lalu lintas di jalan.

2. Bagaimana cara mengecek kemacetan lalu lintas di Waze

Ilustrasi Aplikasi untuk Menampilkan App Store Waze Jam

Aplikasi untuk mengetahui kemacetan Anda selanjutnya adalah Waze. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang mirip dengan Google Maps, yaitu peta dan navigasi. Waze juga memiliki kemampuan untuk menampilkan kondisi lalu lintas jalan.

Baca Juga :  4 Aplikasi Belajar Bahasa Gratis Yang Bisa Membantu Kamu Mahir Bahasa Asing

Kondisi lalu lintas jalan di aplikasi Waze ditampilkan dalam tiga warna: merah, kuning, dan abu-abu. Merah berarti ada kemacetan lalu lintas. Jalan kuning menunjukkan lalu lintas yang sangat padat.

Di sisi lain, jalan abu-abu berarti kondisi lalu lintas lancar atau tidak ada kemacetan. Waze dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Baca Juga :  Cara cepat daftar MyPertamina bagi pemula

Contoh kondisi lalu lintas yang disediakan oleh aplikasi /Zulfikar Waze

Juga mudah untuk melihat kemacetan lalu lintas di Waze. Cukup buka aplikasi di ponsel Anda dan tunggu beberapa saat untuk melihat situasi lalu lintas segera.

3. Bagaimana Travoy melihat kemacetan?

Ilustrasi Aplikasi Menampilkan Kemacetan Travoy App Store

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Travoy adalah aplikasi yang hanya menyediakan peta, bukan navigasi atau petunjuk arah. Travoy juga tidak bisa digunakan untuk mengetahui kondisi lalu lintas di semua jalan.

Baca Juga :  Aplikasi Nonton Drakor Gratis Sub Indo di Smartphone

Namun aplikasi yang dioperasikan oleh Jasa Marga Korporasi ini memiliki keunggulan dapat mengetahui secara langsung atau langsung kondisi kemacetan jalan pada ruas jalan tol di wilayah Pulau Jawa.

Fitur Travoy ini dimungkinkan karena kamera CCTV Jasa Marga dipasang di berbagai titik di jalan tol.

Sehingga Anda dapat menonton siaran CCTV secara real time melalui aplikasi Travoy untuk memantau kondisi lalu lintas di jalan tol. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Baca Juga :  Download 4 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik

Melihat kondisi jalan secara real-time di Travoy dapat dilakukan dengan memilih opsi ‘Peta’ yang tercantum di halaman beranda aplikasi. Setelah membuka peta, klik ikon kamera CCTV yang muncul di bagian rute dengan grafik lalu lintas.

Ilustrasi kemacetan lalu lintas dengan kamera pengintai lalu lintas jalan dari /Zulfikar Travoy

Kemudian tunggu beberapa saat hingga aplikasi menampilkan siaran CCTV. Anda sekarang dapat melihat kondisi lalu lintas terbaru di jalan tol dengan aplikasi Travoy.

Baca Juga :  Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online Tahun 2022, Mudah dan Praktis

Ketiga aplikasi di atas masih bisa digunakan dengan tepat dan sangat efektif dalam menampilkan kemacetan jalan. Ini adalah tiga aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melihat kemacetan saat Anda tiba di rumah pada Idul Fitri 2022, dan kami harap Anda dapat menggunakannya.