Keuntungan Menggunakan Pengisi Daya Aki Portabel

5 Keuntungan Menggunakan Pengisi Daya Aki Portabel

Bagi pemilik kendaraan, ada banyak keuntungan dari charger aki portabel. Apalagi di antara berbagai komponen yang ada pada sepeda motor atau mobil, aki memegang peranan penting. Pasalnya, tanpa komponen ini akan sulit menghidupkan mobil atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Namun seiring penggunaan, performa aki bisa menurun. Apalagi jika mobil jarang digunakan, yang menyebabkan daya baterai rendah. Dalam hal ini, akan sulit untuk menghidupkan mobil atau motor. Dalam hal ini, keunggulan pengisi daya baterai portabel sangat terasa.

Keuntungan Menggunakan Pengisi Daya Aki Portabel

Karena daya aki yang rendah dapat diatasi dengan menggunakan charger aki portabel yang mulai banyak tersedia di pasaran. Dengan perangkat ini di rumah, masalah baterai bisa diharapkan lebih cepat. Oleh karena itu, menggunakan pengisi daya aki portabel memiliki sejumlah keunggulan. Apa pun?

Baca Juga :  Kenali 14 Power Tools dan Fungsinya Agar Tidak Salah Menggunakanya

1. Pekerjaan saya

Keuntungan pertama yang ditawarkan charger aki portabel tentu saja kepraktisannya. Dengan charger aki portabel ini, pemilik kendaraan tidak perlu lagi repot melepas aki mobilnya untuk mengisi atau mengisi ulang.

Apalagi jika aki mobil yang ukurannya besar tentu menimbulkan masalah tersendiri saat Anda harus membawanya. Tak hanya itu, bobot aki mobil juga begitu memadai sehingga membuat pemilik mobil perlu tenaga ekstra untuk membawanya.

Baca Juga :  10 Tips Agar Mesin Cuci Kalian Tahan Lama

2. Mudah digunakan di rumah

Selain kepraktisan yang ditawarkan, keuntungan menggunakan charger aki portabel juga mudah dilakukan di rumah. Jadi seperti namanya, charger baterai portabel ini menawarkan pengoperasian yang mudah.

Pengguna hanya memerlukan catu daya rumah tangga atau colokan listrik di rumah untuk menggunakan pengisi daya aki portabel. Cukup sambungkan pengisi daya aki portabel ke sumber listrik di rumah, dan perangkat ini dapat digunakan.

Baca Juga :  Apakah Perlu Membeli Mesin Jahit Bekas?

3. Indikator pengisian daya

Menariknya, charger aki portabel ini juga memiliki indikator saat aki sedang diisi. Terlebih lagi, fitur ini juga bisa melaporkan status baterai yang sudah tidak bagus lagi. Jika status baterai masih bisa diisi ulang, indikator pengisian daya akan bergerak seperti indikator pengisian daya di layar ponsel.

Keunggulan selanjutnya dari charger aki portable ini adalah juga dapat menampilkan indikator charging saat aki yang ingin di charge bermasalah. Saat baterai terhubung, lampu indikator pengisian daya tidak akan bergerak tetapi hanya menyala sepenuhnya. Dalam hal ini berarti baterai penghantar listrik tidak layak pakai dan harus diganti.

Baca Juga :  10 Mesin Pemotong Kayu Berkualitas Pengganti Gergaji Manual

4. Otomatis terputus saat terisi penuh

Fitur lain yang tak kalah menarik dari charger baterai portabel adalah fitur auto cut-off. Jadi pengguna tidak perlu repot menunggu baterai terisi penuh. Karena ketika baterai sudah dianggap penuh, maka charger baterai portable akan memutus arus dengan sendirinya.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang kelebihan baterai. Berkat fitur pemutus otomatis ini, pengguna dipastikan tetap dapat beraktivitas sambil mengisi daya baterai rumah.

Baca Juga :  3 Jenis Mesin Mengamplas Permukaan Kayu yang Banyak Digunakan

5. Mendukung aki mobil dan sepeda motor

Meski memiliki bentuk yang ringkas, charger baterai portabel ini mendukung penggunaan untuk berbagai jenis baterai. Dalam artian, charger aki portabel tentu mendukung penggunaan aki sepeda motor dan mobil.

Tidak hanya itu, charger baterai portabel ini juga mendukung pengisian baterai 6 dan 12V. Singkatnya, pengisi daya baterai portabel ini mendukung berbagai jenis baterai di pasaran. Baik untuk sepeda motor maupun mobil dengan tegangan 6 atau 12 volt.

Baca Juga :  9 Tahapan Cara Merawat Mesin Bor Dengan Baik

3 langkah untuk mengisi ulang aki kering

Banyak orang berpikir bahwa baterai kering tidak dapat diisi ulang. Tapi tunggu dulu, jangan buang aki kering Anda yang sudah tidak menyala lagi. Dengan banyak cara ini Anda dapat mengisi ulang baterai kering. Ingin tahu caranya? itu dia.

1. Lepaskan baterai dari dudukannya, lalu sambungkan kabel charger positif dan negatif ke kutub positif dan negatif baterai. Jangan bingung antara kabel merah untuk kutub positif dengan kabel merah untuk kutub negatif.

Baca Juga :  7 Merk Mesin Cuci Terbaik¬†dan Hemat Listrik

2. Atur daya pada pengisi daya dan biarkan pengisi daya mengisi daya baterai dalam waktu yang ditentukan.

3. Pastikan daya yang digunakan tidak melebihi kapasitas baterai karena akan menyebabkan baterai terendam. Setelah itu baterai bisa digunakan seperti biasa.

Hindari kesalahan saat mengisi ulang aki

Ingin mencoba mengisi daya sendiri? Tidak apa-apa untuk memperhatikan beberapa jenis kesalahan umum yang sering dilakukan pemula saat mengisi ulang baterai tanpa bantuan teknisi.

Baca Juga :  Berbagai Macam Oli dan Fungsinya pada Mobil

1.Pemasangan kabel putar yang dapat dipertukarkan

Seringkali, banyak starter keliru memasang kabel positif dan negatif dengan polaritas yang benar ke baterai. Hal ini mengakibatkan charger baterai tidak mengisi baterai sama sekali.

2. Cepat isi ulang

Kita sering menjadi tidak sabar dan melepas charger terlalu cepat. Namun, cara ini salah. Mengisi ulang baterai dengan cepat akan menyebabkan baterai cepat habis. Waktu pengisian 3-4 jam untuk aki sepeda motor dan 12 jam untuk aki mobil. Jika Anda sedang terburu-buru, lebih baik menggunakan baterai jumper.

Baca Juga :  7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Mesin Bubut CNC

3. cara merawat baterai yang baik

Setelah mengetahui cara mengisi ulang baterai, Anda juga harus mengetahui cara merawat baterai agar tidak cepat habis karena baterai yang basah tidak dapat diisi ulang.

Periksa secara teratur: Gunakan tester beban baterai untuk melihat berapa banyak daya yang masih ada di baterai. Jika berkurang terlalu banyak, segera isi ulang.

Periksa tiang: tiang adalah area penting yang harus diperhatikan. Jika ada karat, segera bersihkan menggunakan air panas dan sikat gigi bekas.

Baca Juga :  4 Kompresor Angin Mini Terbaik Untuk Mengecat

Pemanasan mobil secara teratur: Nyalakan mobil secara teratur sampai energi listrik di baterai terisi kembali. Jika mobil dibiarkan menganggur untuk waktu yang lama, daya baterai akan berkurang secara bertahap. Jika Anda berencana untuk tidak menggunakannya dalam waktu lama, cobalah menghangatkan mobil seminggu sekali selama 15 menit.

Jadi apa pun baterai yang Anda gunakan, keunggulan pengisi daya baterai portabel ini akan membantu Anda. Semoga berhasil dan Tuhan memberkati Anda!

Baca juga artikel tentang mobil atau tulisan menarik lainnya dari Yudianto Thohirin.