Alat Cuci Mobil Di Rumah Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

9 Alat Cuci Mobil Di Rumah Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Alat cuci mobil di rumah – Menjaga kebersihan mobil adalah tugas yang sangat penting bagi pengendara. Dengan menjaga kebersihan, Anda tidak hanya mempercantik mobil, tetapi juga memastikan umur panjang beberapa komponen penting, karena terlindungi dari karat.

Perawatan mobil ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Selain itu, pencucian mobil di rumah juga dapat membuat kendaraan menjadi lebih bersih karena pemilik dapat membersihkan kendaraan hingga ke sudut-sudut dengan lebih teliti, prosesnya lebih mudah dilakukan.

Tips melakukan cuci mobil dengan benar

Meski terlihat sederhana dan mudah, ternyata mencuci mobil juga ada aturannya lho. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca Juga :  6 Cara Memperbaiki Mesin Gerinda Maktec Tidak Hidup

1. Jangan terkena sinar matahari langsung

Mengapa? Hal ini karena air keran atau air PAM yang biasa kita gunakan untuk mencuci mobil memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi dan dapat menimbulkan jamur atau noda air jika terkena sinar matahari langsung.

2. Cuci di pagi atau sore hari

Disarankan untuk mencuci mobil sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 4 sore. Mengapa? Sehingga mobil tidak terkena sinar matahari langsung dan menimbulkan noda air. Bagaimana dengan mencuci mobil di malam hari? Bisa, tapi keterbatasan cahaya di malam hari akan menyulitkan Anda untuk mencuci atau mengeringkan mobil.

3. Dilakukan oleh 2 orang

Kecuali mobil Anda termasuk dalam kategori City Car atau LCGC, yang omong-omong kecil. Anda harus mencuci mobil dengan bantuan orang lain. Mengapa? Karena dapat mempercepat proses cuci dan jemur mobil.

Baca Juga :  Hanya Butuh 5 menit Untuk Cek Kondisi Mobil Sebelum Digunakan

Peralatan Cuci mobil di rumah

Dibandingkan dengan cuci mobil, membersihkan mobil di rumah juga lebih murah. Pasalnya, peralatan yang dibutuhkan murah dan cukup mudah ditemukan. Jadi peralatan apa yang Anda butuhkan? Berikut penjelasannya.

1. Kit wash

Tentunya untuk mencuci mobil Anda membutuhkan shampo cuci mobil agar kendaraan Anda tetap terlihat bersih dan berkilau. Namun, pilihannya tidak boleh sembarangan. Jika nilai PH pada shampo mobil terlalu tinggi akan menggores lapisan cat mobil dan membuat warnanya menjadi kusam.

Baca Juga :  Tips Bagimana Cara Mudah Menggunakan dan Merawat Mesin Las Listrik

Nah biar nggak bingung, ada satu produk yang bisa kamu beli yaitu Kit Wash and Glow. Produk sampo mobil ini memiliki formula pH balance yang aman digunakan pada semua jenis cat mobil.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan polimer premium untuk melindungi cat dan menjaga mobil Anda tetap mengkilap. Nah, bagi Anda yang melapisi mobil dengan wax, Anda bisa menggunakan produk ini karena formulanya yang aman untuk wax coat Anda.

2. Sabun Cuci Mobil Seri Emas 3M

Produk ini memiliki nilai PH netral yang tidak korosif, sehingga lebih aman untuk mobil Anda. 3M Car Wash Soap Gold Series dilengkapi dengan anti static agent yang mencegah debu dan air menempel, sehingga Anda tidak perlu sering-sering mencuci mobil.

Baca Juga :  4 Tips Memilih Kompresor Angin Sesuai Kebutuhan Anda

Dengan kapasitas 450ml, produk ini mengandung formula high gloss yang akan menambah kilau pada mobil kesayangan Anda. Dari segi harga, produk ini dijual dengan harga sekitar Rp31.000.

3. Spons Kameko Busa

Selain sampo yang bagus, Anda juga membutuhkan spons cuci yang bagus untuk mencuci mobil Anda. Benda ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan busa dalam jumlah banyak dari sampo dan memiliki daya serap yang tinggi.

Baca Juga :  5 Mesin Cuci yang Praktis dan Mudah Digunakan

Ada banyak jenis dan merek spons di pasaran yang bisa Anda gunakan. Harganya juga relatif murah, mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 45.000. Nah, salah satu sponge yang bisa kamu pilih adalah Kameko Sponge. Produk ini memiliki dimensi yang cukup besar yaitu 17,5 x 11,5 x 5 cm. Ini memungkinkan Anda menjangkau banyak sisi tubuh dengan mudah.

Selain itu, Kameko Sponge juga memiliki busa lembut yang mengurangi risiko goresan pada bodywork saat mencuci mobil. Untuk memilikinya, kamu bisa membeli Kameko Sponge dari Bukalapak hanya dengan Rp. 9.000.

4. Selang Magic X

Bagi sebagian orang, mencuci mobil memang melelahkan. Pasalnya, saat kita mencuci, kita tidak hanya membersihkan bodi, tetapi juga beberapa bagian yang sulit dijangkau, salah satunya di bawah mobil.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Merawat Mesin Mobil Agar Awet

Untuk mengatasinya anda membutuhkan selang Magic X Hose. Salah satu tempat cuci mobil di rumah ini dilengkapi dengan spray gun dengan 7 fungsi berbeda yaitu shower, stream, mist, flat, full, cone dan center.

Selang Magic X terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tidak mudah terpuntir saat digunakan untuk menjaga aliran air tetap lancar. Celana Magic X tersedia dalam warna biru dan hijau dengan panjang kurang lebih 15 meter. Untuk memilikinya kamu bisa membelinya seharga Rp. 61.000.

Baca Juga :  Kenali 5 Tanda Perkakas Listrik Anda Sudah Mulai Rusak

5. Bersihkan Chamois Super Seibu

Tentu saja, setelah mencuci mobil, mobil harus dilap hingga kering. Karena jika Anda membiarkan air cucian mengering dengan sendirinya, maka akan meninggalkan noda pada bodywork dan membuatnya terlihat tidak menarik. Namun, sebaiknya jangan hanya memilih satu putaran untuk mengurangi risiko mobil tergores.

Itu sebabnya Anda membutuhkan lap Super Seibu Chaomis. Dengan dimensi 430 x 320 mm, Super Seibu chamois dapat menyerap air hingga 280 ml, berkat bodywork yang mengering dalam waktu singkat. Untuk memilikinya Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 24.000.

6. Getf1 Metallic Crystal Wax

Setelah mobil dicuci dan dikeringkan, saatnya Anda melapisi bodywork Anda dengan wax agar tetap mengkilap. Salah satu produk yang bisa Anda gunakan adalah Getf1 Metallic Crystal Wax.

Baca Juga :  10 Vacuum Cleaner Mobil Terbaik Yang Bisa Kalian Coba

Memiliki isi sekitar 473 ml, produk ini diperkaya dengan bahan pengkilap khusus bernama Hard Shell Finish yang bertujuan untuk memberi body mobil tampilan yang memukau. Memiliki daya tahan sampai 60 hari, Getf1 Metallic Crystal Wax bisa kamu dapatkan di Bukalapak dengan harga sekitar Rp84 ribu saja.

7. Mesin Cuci Tekanan STANLEY [STPW1400-B1]

Buat kamu yang sedang mencari alat cuci mobil dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi memiliki performa yang tangguh, STANLEY Pressure Washer [STPW1400-B1] bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

Baca Juga :  5 Cara Cepat Mengatasi Saluran Air Mampet

Untuk mengoperasikan mesin steam ini dibutuhkan daya sebesar 1400 watts. Menariknya, mesin yang memiliki kapasitas 6,5 liter per menit ini sudah dilengkapi dengan selang sepanjang 5 meter dan sebuah pistol untuk memudahkan Anda menjangkau bagian bawah mobil yang sudah dicapai.

Dengan bodi plastik yang dilengkapi handle dan roda, Anda bisa mendapatkan mesin uap ini dengan harga sekitar Rp1,5 juta.

8. Sarung tangan cuci microfiber

Sarung tangan khusus untuk mencuci mobil hingga bersih. Bentuknya menyerupai sarung tangan biasa (bahkan ada yang bentuknya menyerupai tangan gorila atau cakar harimau).

Baca Juga :  10 Mesin Pemotong Kayu Berkualitas Pengganti Gergaji Manual

Terbuat dari bahan microfiber yang terbukti efektif membersihkan kotoran. Perbedaan antara sarung tangan cuci microfiber dan handuk microfiber adalah teksturnya lebih lembut dan lebih tebal.

9. Ember yang bisa dilipat

Bagi Anda yang lebih suka mencuci dengan ‘cara tradisional’ alias tanpa sprayer dan menggunakan ember. Maka Anda harus memiliki ember yang bisa dilipat atau ember yang bisa dilipat ini. Cocok untuk mencuci mobil kesayangan Anda.

Terbuat dari bahan tahan air. Kapasitasnya cukup besar yaitu 9-11 liter dan tidak memakan tempat apalagi saat disimpan. Karena ember ini bisa langsung dilipat setelah digunakan.

Jadi, dari jajaran pencucian mobil di rumah, mana yang Anda miliki?