Cara Mengatasi Kipas Angin Tidak Mau Berputar

Cara Mengatasi Kipas Angin Tidak Mau Berputar

Cara Mengatasi Kipas Angin Tidak Mau Berputar – Kipas angin merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memegang peranan penting terutama untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Namun, penggunaan kipas ini sering menimbulkan beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering muncul saat menggunakan kipas angin adalah tidak bisa berputar.

Baca Juga :  Rekomendasi Blender Daging yang Bagus Untuk Kebutuhan Dapur Kalian

Apalagi saat cuaca panas, kondisi kipas angin yang tidak bisa berputar tentunya akan cukup mengganggu. Dalam ulasan kali ini, kami membahas cara memperbaiki kipas yang tidak mau berputar sambil menunggu rekomendasi kipas terbaru.

Cara mengatasi kipas tidak berputar

Kipas yang tidak mau berputar biasanya terjadi karena beberapa alasan dan dapat diperbaiki dengan mudah. Nah, jika kipas angin di rumah Anda tidak berputar, jangan buru-buru membuangnya, karena Anda bisa mencoba beberapa cara memperbaikinya melalui ulasan yang akan dibahas berikut ini.

Baca Juga :  Otomasi Kendaraan Listrik-Alasan dan Hasil yang Wajar Saat Membeli

1. Lepaskan bingkai kipas

Cara pertama untuk memperbaiki kipas yang tidak berputar adalah dengan melepas bingkai kipas terlebih dahulu. Sebelum memperbaiki kipas, bingkai harus dilepas terlebih dahulu. Frame yang perlu dilepas adalah fan grill dan frame di bagian belakang.

Melepaskan rumah kipas akan mempermudah proses perbaikan. Cara ini juga dapat membantu mengidentifikasi bagian yang rusak dengan lebih mudah. Hati-hati saat melepas bingkai kipas agar tidak merusak bagian apa pun.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tukang listrik

2. Periksa penutup dinamo

Setelah rangka kipas dilepas dengan benar, langkah selanjutnya adalah memeriksa penutup dinamo. Dinamo adalah tempat atau bagian yang menggerakkan motor kipas. Bagian ini bisa menjadi akar penyebab mengapa kipas tidak bisa berputar.

Pengecekan pada bagian ini harus dilakukan dengan hati-hati dan dapat memeriksa stator atau sumbu kipas yang mudah rusak. Jika part tersebut rusak, solusinya adalah menggantinya dengan yang baru. Bagian ini cukup halus, jadi perlu diperiksa perlahan

Baca Juga :  6 Jenis CCTV Yang Umum Dijumpai Di Pasaran

3. Cari busing kipas atau bagian bantalan

Langkah selanjutnya adalah memeriksa bushing atau bantalan kipas yang menjadi penyebab utama kipas tidak berputar. Bagian ini terletak pada dinamo motor dan bisa dicek untuk melihat apakah ada kondisi aus atau tidak. Caranya adalah dengan melihatnya secara sekilas atau bisa juga dengan menancapkan sumbu motor ke stop kontak.

Baca Juga :  5 Tips Hemat Daya Listrik yang Bisa Sobat Lakukan di Rumah

Jika motor dipasang pada bushing dan digeser ke kanan atau ke kiri maka akan terasa kendor yang artinya bushing atau bantalannya sudah aus dan perlu segera diganti dengan yang baru. Setelah bushing atau bantalan diganti dengan yang baru, dapat dipasang kembali ke dinamo motor dan memastikan terpasang dengan bersih.

4. Bersih dari debu atau kotoran

Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinamo, bantalan atau bushing, dan bagian lain dari kipas angin dari debu atau kotoran. Kipas angin memiliki potensi yang cukup untuk mengangkat debu atau kotoran sehingga dapat dibersihkan secara berkala untuk menjaga kualitasnya.

Baca Juga :  5 Tips Instalasi Kabel Listrik Agar Terhindar Dari Kecelakaan

Bersihkan debu atau kotoran dari dinamo motor kipas dengan menggunakan kain atau sikat hingga debu yang menempel benar-benar hilang. Debu atau kotoran memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menyebabkan kipas tidak berfungsi, sehingga perlu dibersihkan dengan baik.

5. Pasang kembali rumah kipas

Setelah semua bagian dinamo motor bersih dan bagian yang rusak diganti seluruhnya, langkah selanjutnya adalah memasang kembali rangka kipas yang telah dilepas sebelumnya. Setelah itu, bagian yang dilepas akan kembali normal dan coba nyalakan kembali kipasnya.

Baca Juga :  4 Tips Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menggunakan Lampu LED Pada Motor

Kipas angin yang tidak dapat berputar harus dihindarkan salah satunya adalah dengan membersihkannya secara rutin, menjauhi cipratan air agar dapat menggunakan kipas dengan baik, dan tidak menggunakannya terlalu keras agar daya tahan dan fungsi kipas dapat terjaga dengan baik.

Pencarian Kata Kunci : cara memperbaiki kipas angin language:id-