5 Tips Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng

5 Tips Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng, Salah satunya Jaga Komunikasi

Tahukah kamu bahwa memiliki sahabat yang tidak dimiliki semua orang adalah sebuah anugerah. Ada banyak kasus teman-teman yang dulu keren menjadi semakin asing dari waktu ke waktu. Nah, untuk menghindari kejadian janggal tersebut, berikut lima tips menjaga persahabatan tetap langgeng yang telah dirangkum oleh Jalkotku.

Tips Menjaga Persahabatan Tetap Langgeng

1. Ekspresikan perasaan jujur ​​Anda

Bahkan jika sahabatmu terkadang memahamimu tanpa kamu harus mengatakannya, sahabatmu hanyalah manusia. Jika Anda kesal, tidak setuju dengan tindakannya, atau merasakan ketidaksetujuan, katakan padanya.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Hidup Kamu

Banyaknya perbedaan pendapat di antara Anda menunjukkan bahwa Anda benar-benar percaya satu sama lain dalam hal menyuarakan pikiran satu sama lain. Jadi sahabat tidak harus selalu sehati, hanya keinginan egois yang akan menjadi bom waktu di masa depan.

Di sisi lain, jika Anda senang atau sedih ketika Anda bersamanya. Anda sebaiknya mengatakannya juga. Dengan begitu, Anda membuatnya sadar bahwa Anda peduli padanya. Ini pasti akan memperkuat hubungan di antara kalian berdua!

Baca Juga :  4 Tanda Kamu Sudah Menjauh dari Tuhan Sang Pencipta

2. Jaga komunikasi

Nah, komunikasi juga penting! Jangan berhubungan dengan teman-teman Anda hanya ketika Anda sedang down. Anda tidak harus mengobrol dengannya setiap hari, cukup luangkan waktu, meskipun itu hanya sapaan atau pertanyaan tentang apa yang dia lakukan.

Anda juga perlu waspada saat merasakan keterasingan di antara Anda. Saat keterasingan mulai menyentuh hubungan Anda, mulailah berkomunikasi terlebih dahulu dan undang dia ke pertemuan. Untuk mengembalikan mereka yang telah pergi tentu terlalu sulit daripada mempertahankan mereka yang telah setia untuk bertahan selama ini.

Baca Juga :  5 kebiasaan orang cerdas, apakah kamu salah satunya?

3. Kejutkan sesekali

Ini juga merupakan poin yang sangat penting untuk umur panjang hubungan pertemanan Anda. Jangan kaget hanya di hari ulang tahunnya. Mulailah kejutan dari hal terkecil. Seperti mengunjungi rumahnya tanpa memberitahunya sebelumnya, atau memberikan sesuatu di hari kerja sebagai ungkapan kasih sayang belaka. Tapi jangan lakukan dengan niat egois, karena itu tandanya perlakuan kamu tidak setulus yang kamu kira selama ini!

Baca Juga :  7 Tips Murah Traveling Saat Pandemi Yang Bisa Kalaian Coba

4. Ceritakan tentang kehidupan sehari-hari Anda

“Teman adalah tempat di mana kita bisa mengatakan apa masalah kita.”

Yah, berpikir seperti itu mungkin tidak salah, tapi itu jelas bukan hal yang benar untuk dilakukan. Teman bukanlah tempat sampah atau kotak untuk masalahmu. Sahabat adalah orang-orang yang dekat dengan Anda dan lebih berarti dalam hidup Anda.

Baca Juga :  5 Hal Yang Menghambat Anda Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Ada kalanya orang harus mengalami kebosanan juga, apalagi saat datang hanya untuk mengadu dan menebar aura negatif. Daripada hanya mengeluh, sahabatmu pasti akan lebih bahagia jika kamu berbagi cerita bahagiamu juga.

5. Peka terhadap perasaannya

Ada banyak kasus atau masalah yang bahkan mungkin tidak bisa kita bagikan sebagai teman. Seperti masalah parenting, pekerjaan rumah tangga dan juga hal-hal lain yang terlalu privat.

Baca Juga :  4 Kelebihan Dimiliki Wanita Introvert Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Nah, tentunya sebagai sahabat kita tidak bisa memaksanya untuk bercerita. Namun Anda pasti merasakan aura yang berbeda dari biasanya. Ajak dia untuk menghabiskan waktu bersama Anda, entah itu untuk jalan-jalan atau sekedar refreshing ringan. Jika dia yakin dengan perhatian Anda, secara alami dia akan lebih terbuka dengan Anda.