Tips Untuk Membuat Logo Perusahaan Yang Baik

4 Tips Untuk Membuat Logo Perusahaan Yang Baik

Setiap orang memiliki cara mereka sendiri untuk membuat logo perusahaan yang sempurna. Tren baru dalam desain logo muncul setiap tahun. Berhati-hatilah untuk tidak jatuh ke dalam perangkap mengikuti setiap tren baru.

Saat ini, usaha kecil dan perusahaan baru harus bersaing dengan perusahaan yang lebih besar dan lebih mapan di dunia yang semakin kompleks. Untuk melakukan itu, perusahaan besar perlu “mengenal Anda.”

Konsumen yang baru saja menemukan merek Anda membutuhkan pengingat, dan logo perusahaan dapat berfungsi sebagai pengingat merek Anda di mata konsumen.

Baca Juga :  Karir Hebat Untuk Para Pekerja Desainer Grafis

Preferensi konsumen dan pasar berubah dari waktu ke waktu, jadi penting untuk memahami tren sebelum beradaptasi dengan merek Anda.

Di sini kami telah memecah logo itu sendiri menjadi fitur dan fungsi utamanya. Hasil? Panduan Anda untuk mendesain logo seefektif mungkin. Pada dasarnya, logo adalah karya seni simbolis kecil yang mewakili sebuah perusahaan.

Berikut hal-hal yang harus dicantumkan dalam logo perusahaan yang baik:

1. Logo perusahaan yang baik harus mewujudkan merek Anda

Pertama dan terpenting, logo harus mewujudkan merek perusahaan Anda. Ini lebih penting daripada kesederhanaan, keseimbangan, garis, atau warna.

Baca Juga :  5 Jenis Iklan yang Sering Digunakan Dalam Media Promosi

Bahkan logo yang estetis sempurna tidak akan berguna jika tidak mengomunikasikan esensi dari merek yang diwakilinya.

Logo Anda adalah pengenal visual untuk bisnis Anda. Anda ingin menyampaikan esensi bisnis Anda dengan cepat dan mudah. Ini adalah satu-satunya kualitas yang benar-benar memberi peluang logo menjadi efektif.

Jika logo Anda tidak membuat konsumen memikirkan merek Anda, Anda harus memulai dari awal.

Baca Juga :  4 Zodiak Ini Sangat Berbakat dan Terlahir Sebagai Seniman Hebat

Sebelum logo dapat mengatakan apa pun tentang merek Anda, Anda perlu memahami merek Anda. Nilai, praktik, manfaat, produk, atau layanan apa yang membedakan perusahaan Anda dan menjadikannya unik?

Logo Anda harus mendapatkan makna dari merek Anda, bukan sebaliknya. Merek-merek terbaik di dunia tidak dikenal karena logo mereka, mereka dikenal karena orang-orangnya dan visi yang dilambangkan oleh logo tersebut. Misalnya, orang mengenal Google sebagai mesin pencari, bukan karena logo di situs web mereka.

Baca Juga :  Ulasan Mengenai Berbagai Jenis Sablon yang Banyak Digunakan

2. Logo perusahaan yang baik harus mudah  dikenali

Sebagai duta visual untuk merek Anda, logo harus mudah dikenali. Anda ingin orang segera memikirkan merek Anda ketika mereka melihat logo Anda.

Pertama, logo harus cukup unik untuk dengan mudah mengingatkan konsumen akan merek Anda.

Salah satu tugas logo Anda adalah mengidentifikasi merek Anda secara visual. Tentu saja, untuk berhasil mencapai tujuan ini, logo Anda harus unik. Anda ingin konsumen mengaitkan logo Anda dengan bisnis Anda. Dan Anda ingin mereka mengembangkan hubungan saling percaya dengan logo; dan tentu saja merek Anda.

Baca Juga :  Kenali Prinsip Dasar Desain dalam Poster agar Desain Kalian Menarik

Jika logo Anda terlihat seperti logo pesaing Anda, logo Anda tidak akan membangun hubungan saling percaya dengan Anda.

Kedua, desain logo yang baik harus dapat dikenali secara visual. Logo dengan garis tebal dan kuat, bentuk unik mudah dikenali secara visual. Lihatlah “centang” Nike, panda hitam putih dari Federasi Margasatwa Dunia (WWF), atau apel bermerek Apple. Semuanya memiliki bentuk visual yang kuat, mudah dikenali dan unik.

Baca Juga :  3 Buku Pilihan Menghilangkan Rasa Jenuh Kalian

3. Logo perusahaan yang baik harus serbaguna

Sebuah logo harus serbaguna agar efektif. Logo muncul di setiap bagian produk perusahaan Anda. Ini bisa berupa kartu nama atau media seperti baliho, dari ukuran terkecil hingga terbesar. Logo Anda harus cocok secara efektif di berbagai ukuran.

Jadi apa artinya ini dalam diskusi desain? Logo Anda harus fleksibel dari ukuran kecil hingga sedang. Tekstur mendetail dan detail rumit dapat sepenuhnya mengaburkan (memburamkan logo) logo Anda saat diperkecil hingga seukuran kartu nama atau stempel tinta. Kesederhanaan adalah teman Anda.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Poster yang Baik dan Berkualitas

Desain yang terlalu mengandalkan warna juga bisa dirasakan. Gradien benar-benar bisa kehilangan bentuknya saat dibuat kecil. Dan detail penting bisa hilang saat membuat logo hitam putih saat desain terlalu bergantung pada warna.

Logo Anda harus terlihat di permukaan apa pun, dalam warna apa pun, dan dalam ukuran apa pun. Jika logo Anda tidak dapat digunakan di mana merek Anda perlu berada di suatu tempat, lalu apa gunanya?

Baca Juga :  5 Tahap Menjadi Seorang Desainer Produk

4. Logo perusahaan yang baik harus abadi

Logo perusahaan adalah alat branding atau merek dagang. Dan branding yang baik adalah branding yang konsisten.

Anda ingin konsumen mengembangkan loyalitas dan kepercayaan pada merek Anda. Tapi kepercayaan dan loyalitas tidak tumbuh dalam semalam. Konsistensi merek jangka panjang adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan loyalitas.

Baca Juga :  5 Alasan Mengapa Desainer Grafis adalah Karir yang Perlu dicoba

Dan setelah Anda membangun hubungan saling percaya dan setia dengan pelanggan Anda, memulai dengan logo baru benar-benar dapat menyegarkan Anda. Anda perlu terhubung kembali dengan audiens dengan identitas merek Anda dari awal.

Intinya: Ingatlah bahwa tidak ada “jawaban yang benar” dalam hal desain logo. Apa yang digunakan oleh satu merek belum tentu sama dengan merek lain.

Baca Juga :  Program Desain Grafis - Corel Draw

Ingatlah untuk mencari desain yang mudah dikenali, tak lekang oleh waktu, dan serbaguna.

Untuk mengetahui apakah logo yang Anda gunakan bagus, tanyakan pada diri Anda sekali lagi. Seberapa baik kinerja logo Anda?