Tips Cara Mencairkan Dana Insentif Kartu Prakerja dengan Mudah

Tips Cara Mencairkan Dana Insentif Kartu Prakerja dengan Mudah

Anda para pencari kerja pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah kartu prakerja bukan? Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya yang ditujukan bagi pencari kerja, pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja atau yang membutuhkan keterampilan kerja.

Seperti dilansir situs resmi prakerja.go.id, ada beberapa syarat dan juga keuntungan finansial yang akan Anda terima. Apa-apaan? Lihat di bawah ini!

Baca Juga :  Cara Cetak dan Download Sertifikat Vaksin Online Ke 1 dan 2

Persyaratan Kartu Prakerja

Nah, jika Anda ingin mengikuti program Kartu Prakerja, Anda harus memenuhi beberapa syarat. Ini dia syarat yang harus kamu penuhi!

  • Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak ada pelatihan formal saat ini.
  • Pencari kerja, pekerja/pekerja yang diberhentikan atau pekerja/pekerja yang perlu ditingkatkan keterampilan kerjanya, seperti pekerja/pekerja yang diberhentikan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk usaha mikro dan kecil.
  • Tidak ada lagi penerima kesejahteraan selama pandemi Covid-19.
  • Bukan penyelenggara negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa serta direksi/komisaris/pengawas di BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK penerima Kartu Prakerja.
Baca Juga :  Pemerintah Memberikan Bantuan di Daerah PPKM level 4, 1,2 Juta Rupiah Per Pelaku Usaha

Cara Mencairkan Saldo Prakerja

Bagi Anda yang memenuhi persyaratan kelayakan Kartu Prakerja dan telah lulus Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja, Anda akan menerima hingga $3,55 juta dalam bentuk dana kuliah dan insentif. Seperti dilansir Prakerja.go.id, dana pelatihan ditransfer ke rekening kartu prakerja dengan rincian berbeda tanpa uang tunai.

Rincian dukungan yang akan Anda terima berupa Rp 1.000.000 untuk pelatihan kerja di platform bekerja dengan pra-kerja, Rp 600.000 untuk biaya pencarian pekerjaan per bulan selama 4 bulan dan biaya satu survei Valuasi dengan total Rp 150.000.

Baca Juga :  Biaya Haji Tahun 2022 Sebesar Rp 39,8 Juta Per Jemaah Telah DiTetapkan Pemerintah

Sebelum Anda dapat mencairkan dana insentif, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan sejumlah langkah. apa pun? Berikut langkah-langkahnya.

  • Penyelesaian pelatihan ditandai dengan sertifikat.
  • Diberikan peringkat di dasbor.
  • Memiliki nomor rekening bank atau dompet digital yang terhubung di situs web pra-kerja.
  • Nomor rekening harus divalidasi dengan NIK yang sama terdaftar di preset.
  • Untuk memudahkan penarikan dana hibah Kartu Prakerja, Anda dapat menggunakan dompet digital DANA. DANA adalah mitra resmi program Kartu Prakerja dalam menyalurkan dana insentif kepada Anda yang telah melalui semua tahapan di atas.
Baca Juga :  Beasiswa Gratis Kuliah di Jepang dan Tunjangan 17 Juta Perbulan

Dengan DANA Anda mendapatkan berbagai fasilitas seperti: B. Kemungkinan untuk memeriksa insentif dalam riwayat transaksi dengan nama Agen Top Up. Anda juga dapat mentransfer insentif yang diterima langsung ke bank lain tanpa biaya. Selain itu, saldo DANA Anda dapat digunakan untuk berbagai transaksi lainnya

Seberapa mudah dan aman pencairan dana hibah kartu prakerja yang bisa Anda dapatkan dari DANA? Tapi kamu harus ingat bahwa akun DANA kamu harus akun DANA premium! Jangan khawatir, Anda tidak perlu menunggu Jakarta bersih dari kemacetan untuk mengubah status akun DANA Anda.

Baca Juga :  Cara Download Sertifikat Vaksin Melalui SMS dan Website Pedulilindungi

Anda hanya perlu menunggu kurang dari 1 jam untuk proses verifikasi dengan melengkapi informasi pribadi Anda untuk mengupgrade akun DANA Anda ke akun DANA premium.

Jadi tunggu apa lagi? Bagi yang lolos program Kartu Prakerja, download saja aplikasi DANA sekarang juga agar tidak mempermasalahkan pembayaran dana insentif dan bisa langsung digunakan!

Baca Juga :  Syarat dan Ketentuan Mudik 2022 Gratis PT Jasa Raharja Melalui Aplikasi JRku