Tips Sederhana Bagaimana Memulihkan File yang Terhapus di Flash Disk

Tips Sederhana Bagaimana Memulihkan File yang Terhapus di Flash Disk

Pernahkah Anda secara tidak sengaja menghapus atau memformat file di flash disk Anda? Apalagi jika file penting seperti skripsi atau makalah terhapus. Tentu saja, dalam keadaan ini, jika Anda tidak tahu cara mengembalikannya, Anda akan panik.

Bisakah itu dikembalikan? Ya tentu saja itu bisa dilakukan dengan perangkat lunak yang disebut Recuva. Recuva adalah perangkat lunak yang dapat dengan aman dan gratis memulihkan file yang dihapus pada perangkat penyimpanan seperti flash disk. Mengapa harus Recuva? Tidak seperti aplikasi sejenis yang memiliki batasan dalam proses pemulihan di versi gratis, perangkat lunak Recuva juga tidak memiliki ini di versi gratis.

Baca Juga :  Berikut Daftar Fitur Menarik di WhatsApp MOD APK yang Perlu dicoba

Lalu bagaimana cara menggunakan software Recuva ini untuk memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja? Nah, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut seperti di bawah ini:

Proses pemindaian file di Recuva

Antarmuka perangkat lunak Recuva di Windows
Antarmuka perangkat lunak Recuva di Windows 

Sebelum Anda memulai proses scanning, Anda harus terlebih dahulu menginstal software Recuva di laptop Anda. Anda dapat mengunduh Recuva di halaman ini www.ccleaner.com/recuva/download. Jika demikian, Anda dapat melanjutkan pemindaian file dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan flash drive Anda ke port USB laptop. Kemudian buka software Recuva yang terinstall di laptop anda.
  2. Sebuah antarmuka akan muncul Selamat datang di penyihir RecuvaTekan tombol Lanjut.
  3. Sebuah menu akan muncul jenis file. Berikut adalah pilihan Semua file, gambar, musik, dokumen, video, terkompresi, dan Surel.
  4. Pilih salah satu dari opsi ini. Jika Anda tidak yakin tentang format file yang Anda cari, Anda dapat memilih opsi Semua data agar Recuva dapat menemukan semua format file yang terhapus di flash disk Anda.
  5. Maka akan muncul menu file lokasi. Ada pilihan seperti Saya tidak yakin di kartu memori atau iPod saya, di dokumen saya, di tempat sampah, di lokasi tertentu, dan Di CD/DVD. Karena Anda menggunakan flash disk, pilih opsi Di tempat tertentu -> Tekan Carilalu pilih nama flash drive Anda dan tekan Oke lalu tekan Lanjut.
  6. Kemudian antarmuka Recuva akan muncul menjelaskan bahwa Recuva sekarang siap untuk mencari file Anda. Kemudian tekan tombol Awal.
  7. Tunggu hingga proses scan Recuva selesai. Durasi tergantung pada kapasitas flash drive Anda dan file yang ditemukan. Ketika pemindaian selesai, daftar file yang ditemukan akan ditampilkan dan terdaftar di antarmuka Recuva.
  8. Sampai di sini, proses scanning sudah selesai. Anda dapat melihat file yang dihapus sekarang di Recuva. Kemudian Anda dapat melanjutkan untuk memulihkan file.
Baca Juga :  Begini Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah, Convert PDF to Word

Jika menurut Anda file yang ditemukan oleh software Recuva masih hilang, Anda dapat mengaktifkan fitur Enable Deep Scan sebelum mengklik tombol Start pada langkah nomor lima. Proses ini membutuhkan waktu. Namun, hasilnya bisa sepadan dengan waktu pemindaian yang lama.

Kembalikan tampilan menu file di Recuva
Kembalikan tampilan menu file di Recuva 

Sebelum Anda mulai memulihkan file di perangkat lunak Recuva, penting untuk memperhatikan ikon warna di sebelah nama file. Jika file tersebut memiliki icon berwarna merah, berarti file tersebut telah corrupt dan ditimpa oleh file data lainnya. Jika iconnya berwarna kuning, kemungkinan file tersebut masih bisa disimpan dan baik-baik saja. Dan jika berwarna hijau, maka file tersebut masih utuh dan dapat dibuka dengan baik tanpa ada kesalahan.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengembalikan Uang Dari Tokopedia Melalui Toko Minimarket

Langkah-langkah recovery file menggunakan software Recuva :

  1. Cari nama file Anda yang sebelumnya terhapus di software Recuva setelah proses scanning.
  2. Klik tanda centang di sebelah kiri file. Atau jika Anda ingin mengembalikan semua file yang ada, klik tanda centang di sebelah tab nama file.
  3. Jika ya, tekan tombol pulih di pojok kanan bawah. Kemudian pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut di laptop Anda.
  4. Kemudian tekan tombol OKE.
  5. Saat notifikasi muncul proses selesailalu tekan tombol OKE.
  6. Selamat, file Anda yang sebelumnya terhapus sekarang telah disimpan oleh software Recuva. Sejauh ini langkah-langkah di atas telah selesai.
Baca Juga :  Kenali 5 Fitur Keamanan di Telegram untuk Keamanan Data Anda

Ingatlah bahwa Anda juga dapat memulihkan file dengan ikon merah bersama dengan file lainnya. Bahkan jika file terbuka, itu rusak atau rusak. Dan juga file yang disimpan sebelumnya akan tetap utuh dan tidak akan rusak saat dibuka kecuali data tersebut telah ditimpa oleh file data lain. Jadi, setelah file Anda dihapus, cobalah untuk tidak menyalin dan menempelkan flash drive Anda agar file data baru tidak menimpa file yang dihapus.

Baca Juga :  5 Tips Menghindari Penipuan Lewat WhatsApp

Nah, itulah cara memulihkan file yang terhapus di flashdisk menggunakan software Recuva. Selain flash, cara ini juga berlaku untuk penyimpanan seperti harddisk, SD card, penyimpanan kamera, dan lain-lain. Mungkin berguna.