Cara Sederhana Untuk Membuat Orang Lain Lebih Menghargai Anda

5 Cara Sederhana Untuk Membuat Orang Lain Lebih Menghargai Anda

Sebagai makhluk sosial, setiap manusia tentunya membutuhkan peran orang lain untuk memenuhi kehidupannya. Semua orang akan saling membantu agar hubungan persaudaraan tetap baik. Namun apa jadinya bila perbuatan baik kita tidak dihargai oleh orang lain?

Berdasarkan cerita Henry Manampiring, penulis buku Mega Filosofi Teras yang laris, bahwa tindakan orang lain terhadap kita tidak berada di bawah kendali kita.

Baca Juga :  5 Kebiasaan Sederhana Ini Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Hidup Kamu

Intinya, yang terpenting kita sudah berbuat baik kepada orang lain. Terserah mereka untuk membalas perbuatan baik kita atau tidak, terserah mereka. Lagi pula, itu sama sekali tidak berpengaruh pada kita (tidak peduli).

Namun, atas nama orang, harus selalu ada rasa ingin dihargai. Semua orang selalu ingin dianggap ada. Itu hal yang sangat wajar untuk dilakukan, mengingat manusia memiliki sifat egoisnya masing-masing.

Baca Juga :  4 Tanda Jika Kamu Masih Memiliki Sifat Kekanak-Kanakan

Ada banyak cara agar kita bisa lebih dihargai oleh orang lain. Dihormati di sini bukan berarti kita sombong. Namun, kita pantas mendapatkannya ketika kita memperlakukan orang lain dengan baik melebihi keputusan akhir orang itu untuk menghormati kita atau tidak.

Setidaknya ada beberapa cara agar kita bisa bersikap sopan agar orang lain lebih menghargainya. Berikut cara mudah yang bisa Anda lakukan yang telah di rangkum oleh jalkotku.

Baca Juga :  4 Hal Yang Kamu Temui Saat Cowok Introvert Jatuh Cinta

Cara Sederhana Untuk Membuat Orang Lain Lebih Menghargai Anda

1. Jangan mengganggu orang lain

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat orang lain lebih menghargai Anda adalah tidak menyela pembicaraan orang lain dari waktu ke waktu. Biarkan mereka menyelesaikan apa yang ingin mereka katakan terlebih dahulu.

Hanya dengan begitu Anda dapat berbicara dengannya. Juga, hindari menyapa atau menelepon orang yang sedang berbicara di telepon. Hal sederhana ini membuat kita sopan dan pasti akan dihargai oleh orang lain.

Baca Juga :  5 kebiasaan orang cerdas, apakah kamu salah satunya?

2. Jangan ganggu siapa pun saat makan

Siapa yang mau diganggu saat makan? Saya jamin, hampir semua orang tidak suka diganggu saat sedang makan, apalagi saat sedang bersenang-senang.

Tentu saja, selain mengurangi nafsu makan dan khawatir akan tersedak, mengganggu orang saat sedang makan bukanlah sifat yang terpuji. Jika kita benar-benar perlu mengatakan sesuatu yang mendesak, tunggu sampai orang tersebut selesai makan.

Baca Juga :  4 Hal Yang Bisa Membuat Pria Merasa Rendah Diri Saat PDKT Sama Cewek

3. Jangan bertanya tentang privasi kepada orang yang tidak terlalu dekat denganmu

Setiap orang pasti memiliki hal-hal pribadi atau pribadi yang tidak perlu diketahui orang lain. Bahkan, keluarga mereka mungkin tidak menyadari privasi yang dilindungi.

Juga, jika kita tidak terlalu dekat dengan individu tertentu, alangkah baiknya jika kita tidak terlalu terlibat dengan masalah privasi yang sensitif. Misalnya menanyakan status, gaji, pendidikan, dan hal-hal privasi lainnya yang tidak perlu ditanyakan.

Baca Juga :  4 Sikap Pria Yang Membuatnya Lebih Menarik

4. Terima pemberian orang lain meskipun kita tidak menyukainya

Salah satu hal sederhana yang membuat kita berkualitas adalah menerima pemberian orang lain dalam bentuk apapun. Kalaupun kita lebih mampu atau tidak suka dengan pemberian orang itu, paling tidak hargai dengan menerimanya dengan rasa syukur.

Jangan sampai kita menolak hadiah atau malah berkomentar buruk. Tentu saja, orang senang ketika hadiah itu diterima dengan gembira.

Baca Juga :  5 Hal Ini Dapat Membuat Anda Mengenali Diri Di Masa Depan

5. Selesaikan makan tuan rumah selama kunjungan

Kunjungan merupakan salah satu kegiatan silaturrahmi yang mudah dan sulit. Kunjungan akan mudah jika kita dapat menjaga karma baik.

Di sisi lain, jika kita berperilaku baik di rumah, kunjungan akan sulit. Melalui kunjungan tersebut, karakter seseorang dapat diketahui.

Jika tuan rumah menyajikan makanan, alangkah baiknya jika kita memakannya sampai habis. Setiap tuan rumah tentu sangat senang ketika tamunya makan sampai tidak ada yang tersisa.

Baca Juga :  5 Tips Cara Menghibur Teman Yang Sedih

Itulah lima hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kualitas kita agar orang lain selalu menghargai kita. Seperti kata pepatah, jika kita ingin dihormati oleh orang lain, kita harus terlebih dahulu menghormati orang lain.