4 sikap buruk yang tidak boleh dibudayakan

4 sikap buruk yang tidak boleh dibudayakan

Jalkotku – Budaya adalah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan di suatu tempat. Tidak hanya itu, budaya juga bisa berarti kebiasaan yang sangat melekat pada suatu kelompok masyarakat dan sulit diubah.

Sesuatu yang diusahakan harus berupa hal-hal yang baik dan mempererat hubungan sosial. Namun belakangan ini, beberapa perilaku buruk tampaknya telah menjadi budaya di masyarakat kita. Sebenarnya, semua ini tidak boleh dibudidayakan.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berkencan Dengan Pacar

Beberapa perilaku buruk tersebut adalah:

1. Korupsi

Korupsi begitu merajalela bahkan disebut sebagai budaya di negeri ini. Mengambil hak orang lain tampaknya normal dan tidak ada salahnya. Padahal, korupsi bukan hanya soal penyelewengan dana pemerintah. Ada berbagai bentuk korupsi seperti: B. Korupsi Waktu. Contoh korupsi waktu adalah penggunaan jam kerja yang tidak sah untuk keuntungan pribadi.

Baca Juga :  4 Tanda Kamu Telah Menemukan Pria Yang Pantas Untuk Diperjuangkan

Korupsi adalah perilaku buruk yang tidak boleh dipupuk. Belum lagi membiasakan diri, apapun bentuknya dan sekecil apapun korupsinya, tidak boleh dibiarkan. Korupsi adalah kesalahan dan pelakunya pantas dihukum, bukan kebiasaan.

2. Melanggar aturan

Kita dapat dengan mudah menemukan pelanggar aturan di sekitar kita. Misalnya meninggalkan kendaraan di tempat yang sebenarnya dilarang parkir, membuang sampah atau merokok saat berkendara.

Baca Juga :  6 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Iri Dengan Pencapaian Orang Lain

Perilaku yang melanggar aturan seringkali diremehkan dan tidak lagi dihitung sebagai kesalahan. Padahal, perilaku melanggar aturan tidak ada gunanya bagi siapa pun dan bahkan cenderung merugikan diri sendiri dan orang lain.

3. Penipuan

Perilaku siswa yang menyontek, misalnya. Kebiasaan tersebut harus segera dihentikan atau perilaku tersebut akan berdampak negatif di kemudian hari. Begitu seseorang terbiasa menipu hal-hal sepele, perilaku ini akan semakin mendominasi mereka. Lama kelamaan ia akan terbiasa selingkuh dan akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Baca Juga :  Berikut 4 efek buruk yang akan kamu alami jika sering menunda-nunda

4. Marah saat dimarahi

Dewasa ini sering kita jumpai perilaku orang yang melakukan kesalahan, namun ketika ditegur, bukannya mengakui kesalahannya malah menjadi marah dan merasa tidak berkenan. Ada juga orang yang terlilit hutang dan enggan membayar padahal sudah punya uang, tapi saat ditagih malah lebih ganas dari orang yang menagihnya. Perilaku seperti ini jelas tidak boleh dilakukan, apalagi dibudayakan.

Baca Juga :  4 Hal Dapat Membantu Anda Semakin Dekat Dengan Kesuksesan

Ini adalah empat perilaku yang tidak boleh dipupuk. Mari kita tanamkan kebiasaan baik mulai dari sekarang!