3 cara untuk memeriksa apakah aki mobil masih bagus atau tidak

3 cara untuk memeriksa apakah aki mobil masih bagus atau tidak

Bagaimana cara memeriksa apakah aki masih bagus atau tidak? Ingatlah bahwa tidak disarankan untuk membongkar mobil sendiri. Pasalnya,  mungkin secara tidak sengaja merusak beberapa komponen saat ingin memeriksa baterai.

Bukankah lebih baik menyerahkan ini kepada teknisi berpengalaman daripada melakukannya sendiri? Namun bagaimana jika dalam keadaan darurat dan tidak bisa membawanya ke bengkel? Ada beberapa cara untuk memeriksa ini tanpa membongkar mobil. Simak cara-cara berikut ini.

Baca Juga :  5 Cara Cepat Mengatasi Saluran Air Mampet

3 cara cek aki mobil masih bagus atau tidak

Jika Anda dalam kondisi mendesak, mis. B. jika mobil berhenti tiba-tiba atau tidak mau hidup, jangan langsung panik. Kepanikan hanya membuat Anda tidak bisa berpikir jernih untuk mencari solusi. Tenang dan coba tiga hal berikut ini.

1. Lihat Pengukur Elektrolit

Tampilan elektrolit dapat dilihat di kap depan. Tidak ada bagian yang perlu dibongkar. Lihat saja bagian atas aki mobil, Anda harus melihat pengukurnya.

Baca Juga :  10 Mesin Pemotong Kayu Berkualitas Pengganti Gergaji Manual

Jika Anda melihat indikator biru, baterai masih dalam kondisi baik. Namun jika warna indikatornya merah atau putih, berarti baterainya sudah tidak bagus lagi.

2. Perhatikan lampu indikator

Selain itu, terdapat lampu indikator di dalam kabin kendaraan, terutama di bagian dasbor rentang kemudi. Lampu indikator harus menyala saat Anda memasukkan dan memutar kunci mobil.

Baca Juga :  Tips Merawat Suspensi Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Tanpa harus menstarternya terlebih dahulu, semua lampu indikator harus dalam jangkauan dasbor menyalakan. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa indikator baterai tidak menyala, ini adalah sinyal bahwa ada sesuatu yang salah.

3. Coba nyalakan mobil

Akhirnya Anda dapat memeriksanya dengan menyalakan mobil. Jika Anda mendapati mobil tidak menyala selama beberapa waktu, ada kemungkinan baterainya habis.

Baca Juga :  4 Tips Memilih Pompa yang Baik untuk Sumur Bor

5 ciri aki mobil rusak

Anda harus selalu membawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 untuk perawatan rutin agar tetap dalam kondisi prima. Jangan menunggu mesin mobil mati sebelum membawanya ke bengkel.

kegunaan melayani atau perawatan rutin adalah untuk memastikan bahwa semua komponen masih beroperasi. Tentunya jika aki mobil tiba-tiba mati, Anda akan sangat khawatir bukan? Selain itu, ada beberapa ciri yang perlu Anda ketahui saat aki mobil kurang bagus. Berikut ciri-ciri dan penjelasannya.

Baca Juga :  5 Keuntungan Menggunakan Pengisi Daya Aki Portabel

1. Klakson tidak keras

Suara klakson sudah tidak keras lagi? Atau tidak ada suara sama sekali? Ini mungkin menandakan bahwa aki mobil Anda kurang bagus.

Memang benar bahwa masalah klakson besar atau kecil bukan hanya baterai. Bisa jadi karena klaksonnya sendiri sudah tua dan perlu diganti. Tapi ada kemungkinan baterai menjadi penyebabnya.

Baca Juga :  Daftar Harga Bor Listrik Terbaik, Murah dan Terbaru

Baca Juga: Inilah 7 Penyebab Mesin Mobil Lambat di RPM Rendah

2. Lampu mobil redup

Fitur selanjutnya adalah lampu mobil Anda mulai meredup. Jika Anda mendengar klakson samar dan lampu depan mobil mulai redup, kemungkinan besar baterai perlu diganti.

Hal ini dikarenakan lampu hanya dapat memancarkan cahaya jika terdapat arus listrik yang merupakan sumber energi. Ketika arus listrik mengalir dengan kekuatan penuh, lampu harus sangat terang.

Baca Juga :  3 Komponen Utama Mesin Las Listrik yang Perlu Diketahui

3. Sulit untuk menghidupkan mobil

Ciri-ciri aki yang buruk juga ditandai dengan kesulitan dalam menstarter mobil. Jika mobil Anda biasanya hidup segera setelah tuas pengunci diputar, kemungkinan besar baterai hampir habis.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat melihat lampu indikator baterai di area kemudi. Jika lampu indikator tidak menyala, bisa dipastikan baterai Anda lemah atau perlu diganti dengan yang baru.

Baca Juga :  Sejarah Mesin Jahit yang Perlu Diketahui

4. Waktu penggunaan sudah habis

Masa pakai rata-rata aki mobil adalah 2 hingga 5 tahun. Wajar jika lampu redup dan suara klakson tidak lagi keras karena baterai sudah habis.

Jika demikian, Anda tidak perlu ragu untuk mengganti baterai di bengkel Auto2000. Jika Anda meninggalkan baterai yang tidak dapat digunakan lagi, Anda membahayakan diri sendiri di jalan.

Baca Juga :  10 Tips Merawat Mesin Genset Yang Baik Dan Benar

Saat ini mungkin hanya mempengaruhi lampu dan klakson, tetapi bagaimana jika mobil Anda tidak dapat dihidupkan? Sangat menyebalkan, bukan?

5. Baunya tidak enak

Bau tidak sedap saat menghidupkan mobil? Ini bisa jadi pertanda aki mobil sudah jelek atau bahkan rusak. Bau tak sedap tentu mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Bayangkan Anda dan keluarga sedang menempuh perjalanan jauh dengan mesin mobil yang mengeluarkan bau tak sedap. Pasti semua orang di dalam mobil akan merasa pusing, sulit bernapas atau muntah.

Baca Juga :  7 Penyebab Mesin Cuci Rusak dan Cara Mengatasinya

Perjalanan yang seharusnya 2-3 jam kini berubah menjadi 5 jam karena pemberhentian yang lama zona tenang.