Cara Mudah dan Terbaru Cetak Akta Kelahiran Online

Cara Mudah dan Terbaru Cetak Akta Kelahiran Online 2022

Warga perlu mengetahui cara mencetak akta kelahiran secara online. Sehingga warga yang membutuhkan akta kelahiran bisa mencetaknya sendiri.

Akta kelahiran adalah dokumen yang menjadi bukti dan bahan kelahiran seorang anak dalam bentuk lembaran kertas yang dicetak. Seperti halnya dokumen kependudukan lainnya, akta kelahiran juga penting dalam mengurus urusan kependudukan lainnya.

Oleh karena itu, warga harus membawa salinan fisik akta kelahiran atau mencetak akta kelahiran sendiri. Bagaimana cara mencetak akta kelahiran secara online? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :  Rincian Biaya Haji 2022, Rp 39,8 Juta Per Jemaah Berikut Rinciannya

Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, dari 24 Layanan Pengelolaan Kependudukan (Adminduk), 22 layanan bisa dicetak di atas kertas putih.

Pencetakan dokumen kependudukan dapat dilakukan secara mandiri. Yang masih perlu dicetak di kertas putih adalah e-KTP dan Kartu Tanda Penduduk (KIA).

“Warga memiliki pilihan untuk mencetak dokumen mereka sendiri, mereka dapat meminta file dari layanan Dukcapil setempat. Rekan-rekan mengurusnya secara online, persyaratannya diunggah. Nanti jika file sudah siap akan dikirim via email atau whatsapp. Setelah itu teman-teman bisa print dokumennya sendiri, di rumah, di atas kertas HVS putih ukuran A4 80 gram,” jelas Dirjen Zudan secara detail, dikutip dari situs resmi Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga :  Cara Daftar Bansos PPKM 2021 Serta Syarat dan Link Cek Penerima Bantuan

Aturan untuk pencetakan akta kelahiran online independen

Aturan pencetakan akta kelahiran secara online juga diatur dalam Permendagri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku Pengelolaan Kependudukan. Pada Bab IV Pasal 12 meliputi pencetakan dokumen yang tidak lagi menggunakan blanko security printing, tetapi dapat menggunakan kertas warna putih HVS 80g A4 yang dilengkapi dengan tanda tangan elektronik (TTE) berupa kode QR.

Baca Juga :  Begini Cara Isi E-HAC Di PeduliLindungi Agar Bisa Mudik Lebaran 2022

Dengan menggunakan TTE, keaslian dokumen kependudukan seperti akta kelahiran dapat diverifikasi dengan memindai kode QR itu sendiri. Pemindaian kode QR dapat dilakukan dengan aplikasi pemindai kode QR apa pun yang dapat diunduh dari App Store/Play Store.

Cara cetak akta kelahiran online mandiri di rumah

Menurut laman portal informasi Indonesia (Indonesia.go.id), ada beberapa langkah agar warga bisa mencetak akta kelahiran secara online. Cara mencetak akta kelahiran sendiri secara online di rumah:

  1. Mengajukan permohonan akta kelahiran dengan mengunjungi kantor dukcapil setempat. Atau bisa juga cetak akta kelahiran secara online melalui website www.dukcapil.kemendagri.go.id dan aplikasi layanan kependudukan yang dibuat oleh masing-masing dukcapil dengan mengunggahnya dari platform Play Store.
  2. Harus menyertakan nomor ponsel atau alamat email yang dapat dihubungi. Ini untuk penerimaan data dokumen kependudukan yang dikirim petugas dukcapil dalam format digital atau Portable Document Format (PDF).
  3. Setelah mengajukan permohonan, selanjutnya akan diproses oleh perwakilan dukcapil.
  4. Permohonan layanan pencetakan akta kelahiran yang diproses oleh dinas dukcapil setempat kemudian divalidasi oleh pengelola layanan dukcapil setempat melalui mekanisme tanda tangan elektronik (TTE) berupa pemindai kode QR.
  5. Kemudian aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIAK) akan mengirimkan notifikasi melalui short message service (SMS) dan email berupa informasi link dan PDF website Dukcapil.
  6. Bersamaan dengan pengiriman notifikasi dari aplikasi SIAK, layanan dukcapil setempat juga memuat nomor identitas diri (PIN) yang dapat digunakan sebagai password untuk membuka layanan. PIN ini bersifat rahasia dan tidak boleh diberikan kepada pihak ketiga.
  7. Setelah Anda menerima semua dokumen yang diemail oleh petugas dukcapil dalam format PDF, periksa kembali apakah sesuai dengan informasi pribadi Anda atau tidak.
  8. Jika masih ada data yang kurang, segera laporkan dengan mengunjungi kantor Dukcapil setempat atau melalui website www.dukcapil.kemendagri.go.id.
  9. Jika tidak ada lagi data yang harus dilengkapi, Anda bisa langsung mencetaknya dari rumah.
  10. Simpan file data digital dalam format PDF di komputer atau laptop untuk dapat digunakan kembali setiap saat untuk mencetak dokumen untuk berbagai keperluan.
Baca Juga :  Cеk Penerima BST Rр 600 Ribu, PKH dаn Bаntuаn Beras Sесаrа Online, Lоgіn cekbansos.kemensos.go.id

Demikian informasi cara cetak akta kelahiran online yang perlu anda ketahui. Mungkin berguna.