4 Efek Buruk Jika Suka Pamer

4 Efek Buruk Jika Suka Pamer, Hindari Segera!

Perilaku pamer identik dengan kesombongan dan keangkuhan. Perilaku pamer bukan hanya soal kekayaan, tapi bisa juga soal prestasi, kebahagiaan, atau hal lain yang membuat kita lebih unggul dari orang lain. Tentu saja tampilan perilaku tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak buruk, beberapa di antaranya adalah:

4 Efek Buruk Jika Suka Pamer

1. Merasa malu ketika tidak bisa menunjukkan sesuatu

Misalnya, jika seseorang terbiasa memamerkan kekayaannya. Dia mungkin melakukan itu karena kondisi keuangannya sedang naik. Namun, kondisi keuangan seseorang tidak selalu sama. Kadang naik, kadang turun.

Baca Juga :  4 Alasan Kenapa Orang Susah Menabung, Pernah Merasakannya?

Nah, kebiasaan seseorang memamerkan kekayaannya akan membuatnya merasa malu jika suatu saat tidak bisa menunjukkan kemewahan hidupnya. Ia akan berusaha melakukan apapun agar ia tetap terlihat memiliki kelebihan kekayaan. Hal ini dapat menyebabkan dia rela berutang dan mempersulit dirinya sendiri.

2. Suka  berbohong

Seseorang yang terbiasa pamer biasanya sangat peduli dengan penilaian orang lain. Hal ini menyebabkan dia rela berbohong dan melebih-lebihkan cerita tentang dirinya sehingga orang lain menilai dia sebagai orang yang hebat atau berprestasi.

Baca Juga :  5 Hal Ini Dapat Membuat Anda Mengenali Diri Di Masa Depan

3. Stres ketika tidak ada respon dari orang lain

Seseorang yang suka pamer biasanya haus akan umpan balik dan pujian dari orang lain. Padahal, umumnya orang tidak menyukai seseorang yang suka pamer dan sering malas menanggapi. Seseorang yang terbiasa pamer akan mudah merasa stres, apalagi jika dia tidak mendapatkan respon dari orang lain seperti yang dia inginkan.

Baca Juga :  5 Cara Sederhana Untuk Membuat Orang Lain Lebih Menghargai Anda

4. Menimbulkan kecemburuan dan dengki

Seseorang yang suka menunjukkan kelebihannya dalam berbagai aspek kehidupannya, baik kekayaan, pangkat, jabatan, keluarga dan lain-lain, bukan tidak mungkin menimbulkan rasa iri dan dengki di hati orang lain. Kita harus menghindari segala sesuatu yang menimbulkan penyakit jantung, baik pada diri kita sendiri maupun pada orang lain.

Baca Juga :  Saatnya Ubah Kerja Keras Menjadi Kerja Cerdas dengan 3 Cara Ini

Itulah empat dampak buruk perilaku pamer. Mari mensyukuri apa yang kita miliki dengan cara yang baik. Semoga kita terhindar dari segala bentuk perilaku pamer, ya!