4 Alasan Kenapa Orang Susah Menabung, Pernah Merasakannya?

4 Alasan Kenapa Orang Susah Menabung, Pernah Merasakannya?

Menabung bukanlah perkara mudah, terkadang ada keinginan untuk menabung, namun tidak bisa konsisten atau selalu kehabisan uang untuk dibelanjakan. Apalagi bagi yang tidak memiliki penghasilan tetap, maka tentunya menabung bisa jadi sulit.

Padahal, menabung adalah sesuatu yang harus dibiasakan dan diterapkan dalam kehidupan. Menabung tentu bisa berdampak besar pada diri sendiri yang tentunya bisa menunjang kesuksesan di masa depan.

Baca Juga :  5 Ciri Teman Palsu Yang Harus Kita Waspadai, Jangan Tanya Rahasia Kamu

Sulitnya menabung mungkin tidak memiliki prinsip yang kuat atau bahkan dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Bisa juga susah menabung karena sangat mudah tergoda untuk membeli barang yang belum tentu menjadi kebutuhan demi memenuhi keinginan, kondisi seperti itu tentunya sangat sulit membuat orang menabung.

4 Alasan Kenapa Orang Susah Menabung

1. Gengsi

Orang yang memiliki gengsi besar cenderung menggunakan sebagian besar uangnya untuk keinginan yang bisa membuat dirinya lebih bergengsi, bukan kebutuhan nyata. Kondisi seperti ini tentunya sangat sulit untuk bisa konsisten menabung karena uang akan sulit ditabung.

Baca Juga :  Berikut 5 hal yang harus dihindari agar masa mudamu berkualitas

2. Tidak tahan dengan diskon

Tentu kita tahu bahwa di pusat perbelanjaan baik online maupun offline terkadang mereka memasang diskon untuk memikat pembeli. Bagi orang yang tidak tahan dengan diskon, akan sulit untuk menabung.

Sebenarnya yang namanya konyol jika kita selalu terhipnotis dengan diskon. Bagi orang yang selalu berbelanja barang dengan harga diskon padahal sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, akan sulit untuk menyimpan uang untuk ditabung.

Baca Juga :  4 Aplikasi Belajar Bahasa Gratis Yang Bisa Membantu Kamu Mahir Bahasa Asing

3. Berada di lingkungan yang boros

Sulitnya menabung juga bisa disebabkan karena berada di sekitar orang-orang yang boros. Penting untuk diingat bahwa hangout Anda juga dapat memengaruhi masa depan Anda. Berani hang out jika Anda merasa teman Anda membawa hal-hal negatif ke dalam hidup Anda.

4. Tidak memiliki tujuan keuangan

Tidak memiliki tujuan finansial seperti perahu tanpa nahkoda, hidup Anda akan mengambang tidak jelas mengikuti arus air dan angin. Lain halnya jika Anda memiliki tujuan yang jelas tentunya akan selalu ada panduan untuk mencapai tujuan tersebut, begitu juga dengan syarat saat menabung.

Baca Juga :  4 sikap buruk yang tidak boleh dibudayakan

Itulah empat alasan mengapa orang sulit menabung, semoga setelah mengetahui alasan tersebut kita bisa menghindarinya dan bisa menabung secara konsisten.

Jadi, jika Anda ingin mulai menabung, penting untuk menurunkan gengsi, belajar mengendalikan diri, mengevaluasi teman, dan menetapkan tujuan menabung.