4 Tanda Jika kamu Memiliki Sikap Tanggung Jawab

4 Tanda Jika kamu Memiliki Sikap Tanggung Jawab

Orang yang bertanggung jawab seringkali memiliki tempat khusus di hati banyak orang. Sebab, sikap tanggung jawab akan membuat manusia mampu melaksanakan segala kewajiban dan menanggung segala sesuatu yang menjadi tugasnya.

Tentu saja, ada berbagai tanda yang menunjukkan seseorang memiliki sikap bertanggung jawab, berikut beberapa di antaranya.

4 Tanda Jika kamu Memiliki Sikap Tanggung Jawab

1. Mengutamakan kewajiban daripada hak

Penanggung jawab akan memahami bahwa kewajiban harus dilaksanakan sebelum meminta haknya. Oleh karena itu, dia akan menyelesaikan tugasnya terlebih dahulu, kemudian dia meminta hak yang layak dia dapatkan.

Baca Juga :  4 Alasan Penting Kamu Tidak Harus Bergantung pada Orang Lain

Misalnya, seorang mahasiswa yang bertanggung jawab tidak akan langsung bertanya kepada dosen ketika nilainya dianggap tidak memuaskan. Siswa yang bertanggung jawab pasti akan berusaha tepat waktu di setiap kelas, mengerjakan setiap tugas yang diberikan dan mengerjakan ujian dengan baik.

Jika mendapat nilai yang dirasa tidak sesuai dengan usahanya, maka ia menghubungi dosen untuk menanyakan nilai tersebut.

Baca Juga :  5 tanda seseorang tidak mau berteman denganmu

2. Berani mengakui kesalahan

Berani mengakui kesalahan merupakan salah satu ciri seseorang yang memiliki sikap bertanggung jawab. Dia tidak akan menyangkal kesalahan yang dia lakukan dan dia akan memastikan dia meminta maaf dengan benar kepada orang-orang yang terlibat atau terpengaruh oleh kesalahannya.

Dia tidak akan banyak menghindar atau menyalahkan orang lain atas kesalahannya. Juga, dia akan mencoba memperbaiki kesalahannya.

Baca Juga :  5 Hal Yang Membuat Uang Kamu Cepat Habis, Segera Sadari!

3. Menjaga ucapanya

Orang yang bertanggung jawab akan menepati kata-kata dan janjinya. Misalnya, ketika seseorang berjanji untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya dari temannya ketika dia telah menerima gajinya.

Jika orang tersebut bertanggung jawab, dia pasti akan mengembalikan pinjaman tepat waktu, atau bahkan sebelum waktu yang dijanjikan.

4. Berani menanggung akibat perbuatanya

Orang yang bertanggung jawab akan selalu berani menanggung akibat dari perkataan dan perbuatannya. Dia akan dapat menerima hukuman ketika dia melakukan kesalahan atau menerima reaksi orang lain ketika dia secara tidak sengaja mengatakan sesuatu yang menyinggung.

Baca Juga :  7 Tips Murah Traveling Saat Pandemi Yang Bisa Kalaian Coba

Ini adalah empat tanda orang yang bertanggung jawab. Mari selalu berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab.