4 Cara Menjaga Kepercayaan Orang Lain, Sudahkah Kamu Menerapkannya?

Kepercayaan adalah dasar dari hubungan yang sehat, produktif, dan menguntungkan. Mendapatkan kepercayaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dan dimiliki oleh setiap manusia.

Ketika sudah mendapatkan kepercayaan, maka jangan sia-siakan kepercayaan itu, karena jika nilai kepercayaan sudah rusak tentu akan sulit untuk kembali lagi.

Namun, menjaga kepercayaan bukanlah hal yang mudah. Bahkan kepercayaan yang sudah lama berdiri bisa hilang dalam sekejap.

Baca Juga :  5 Cara Sederhana Untuk Membuat Orang Lain Lebih Menghargai Anda

4 Cara Menjaga Kepercayaan Orang Lain

1. Akui kesalahan dengan cepat dan tulus

Jika kita memang telah berbuat salah kepada orang lain, penting untuk segera meminta maaf dan mengakui kesalahan dengan tulus. Hal ini penting untuk menghindari orang lain tidak bisa mempercayai kita lagi.

Dengan mengakui kesalahan kita secara serius, orang lain dapat menilai kita sebagai orang yang jujur ​​dan bertanggung jawab, daripada jika kita tidak mengakui kesalahan, risikonya akan tinggi.

Baca Juga :  Hindari 5 keputusan ini saat kamu tidak punya uang

2. Biarkan orang lain mendapatkan pengakuan

Dalam sebuah hubungan, jelas bahwa pengakuan orang lain sangat penting. Pengakuan orang lain berarti menginginkan keberadaan seseorang. Pengakuan di sini bukan hanya fisik, tetapi pengakuan atas kemampuan dan kekurangannya.

Kita tidak boleh membenarkan seseorang atas pekerjaannya meskipun ia memiliki kekurangan. Namun harus diterima bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan juga penting untuk tidak membandingkannya dengan orang lain.

Baca Juga :  4 Alasan Kenapa Orang Susah Menabung, Pernah Merasakannya?

3. Terlibat secara empatik dari hati ke hati

Terlibat dalam empati dari hati ke hati berarti ada hubungan yang kuat antara satu orang dengan orang lain. Hal ini diperlukan agar kepercayaan dapat tetap langgeng dan tentunya hubungan dapat terjalin kuat agar terjalin kerjasama yang baik.

4. Jangan pernah mengatakan “kamu salah”

Meskipun dalam hubungan dengan orang lain ada kalanya kesalahan dibuat, penting agar kita tidak langsung menyalahkan dan menghindari mengatakan “kamu salah”.

Baca Juga :  Saatnya Ubah Kerja Keras Menjadi Kerja Cerdas dengan 3 Cara Ini

Meskipun teman-teman kita jelas-jelas salah, tidak etis untuk langsung membenarkan kesalahan. Teman yang salah harusnya diberi peringatan, bukan malah ditegur. Hal ini dimaksudkan agar rasa percaya dapat dipertahankan, di sisi lain, sebagai cara untuk memperbaiki kesalahan ke arah yang lebih baik.

Nah, itulah empat cara menjaga kepercayaan dan semoga bisa kita praktekkan saat membangun relasi dengan teman atau rekan kerja.

Baca Juga :  4 Keuntungan Yang Akan Anda Rasakan Jika Memiliki Pasangan Yang Baik Dan Mudah Bergaul

Mendapatkan kepercayaan dari orang lain adalah aset yang sangat berharga dan harus dijaga. Melalui kepercayaan tentunya dapat mendorong menjadi manusia yang lebih baik dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain.