Perangkat Lunak CAD / CAM dan Permesinan Kecepatan Tinggi

Perangkat Lunak CAD / CAM dan Permesinan Kecepatan Tinggi

Apa itu perangkat lunak CAD / CAM?

Desain dengan bantuan komputer. Ketika datang ke perangkat lunak, itu adalah cara untuk merancang dan membuat bentuk dan model yang dapat digunakan dalam proses pembuatan suatu produk. Manufaktur dengan bantuan komputer.

Ketika datang ke perangkat lunak, ini adalah cara untuk memproses model bagian yang dirancang, membuat jalur perkakas mesin untuk berbagai komponennya, dan membuat program NC yang dikirim ke perkakas mesin CNC yang dibuat.

CAD dan CAM terintegrasi menjadi satu sistem. Perangkat lunak CAD / CAM juga dikenal sebagai perangkat lunak CNC. Istilah “perangkat lunak CNC” yang sering dicari juga mencakup perangkat lunak pengontrol cnc berbasis PC. Di sini Anda dapat mengubah komputer Anda menjadi pengontrol untuk mesin yang mendukung program hingga 6 sumbu. Perangkat lunak pengontrol Mach 3 ArtSoft adalah contoh yang bagus.

Tujuan CAD / CAM adalah untuk mengotomatisasi dan merampingkan pemrograman CNC sehingga inovator, desainer, dan perusahaan CNC dapat memproduksi produk mereka dan membawanya ke pasar lebih cepat dan lebih menguntungkan daripada sebelumnya. Konsepnya adalah menghasilkan produk lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih mudah.

Baca Juga :  8 Jenis-Jenis Tang yang Umum Dijumpai

Offset tradisional dan jalur alat cepat

Istilah “jalur pahat” digunakan untuk menampilkan dan menggambarkan secara visual rute di mana sisi CAM perangkat lunak menginstruksikan pahat pemotong untuk mengerjakan area geometris dari model bagian. Ini adalah jalur yang diambil alat selama pemesinan. Jalur pahat pada dasarnya ditentukan oleh bagian atau area yang dipilih pengguna untuk mesin, ukuran pahat yang digunakan, area pemotongan pahat tersebut, dan jenis metode pemesinan yang digunakan.

Ini adalah jalur pahat untuk pabrik, router, laser, mesin pembakaran, jet air, atau mesin bubut cnc. Membuat program NC mencakup banyak data lain yang terkait dengan parameter pasca-pemrosesan seperti kecepatan dan laju umpan berdasarkan strategi, data material dan alat, dll. Pengontrol mesin mungkin berbeda dalam cara mereka memastikan bahwa kode-g program dibaca dengan benar oleh pengontrol. Itu adalah jalur alat.

Baca Juga :  5 Tips Merawat Agar Mesin Genset yang Jarang Digunakan

Beberapa jalur pahat biasanya digunakan untuk melakukan operasi pemesinan. Ini biasanya merupakan operasi “roughing” dan “finishing”. Kasar biasanya merupakan langkah pertama dalam pemesinan. Di sinilah alat menghilangkan sebagian besar materi dalam beberapa langkah ke bawah.

Operasi kedua adalah operasi finishing untuk menyelesaikan fase pemesinan. Ada juga “semi-finishing”. Contohnya adalah penggunaan roughing level-Z untuk menghilangkan sebagian besar material. Selanjutnya, operasi penyelesaian tingkat-Z untuk “semi-selesai” bagian, dan akhirnya operasi “kontur offset setara” untuk menyelesaikan bagian. Dengan menggunakan jalur pahat cepat untuk operasi pemesinan, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lebih cepat daripada menggunakan jalur pahat offset tradisional.

Bahkan di dunia pemrosesan 3D. Perangkat lunak BobCAD-CAM menawarkan operasi Advanced Roughing yang unik, termasuk opsi untuk menggunakan teknik pemesinan Adaptive High Speed. Ini telah ditambahkan secara khusus untuk keuntungan programmer saat membuat area 2D atau 3D dari sebagian atau seluruh bagian.

Baca Juga :  5 Tips Mengatasi Mobil Overheat

Dengan membuat dan menggunakan batasan, Anda dapat membagi jalur pahat menjadi area tertentu dari bagian tersebut, rongga yang dalam, atau area yang perlu dikerjakan dengan alat yang lebih kecil. Itu tidak digunakan untuk menggantikan operasi REST. Operasi pemesinan REST tingkat lanjut digunakan sebagai bagian dari proses penyelesaian untuk membersihkan area yang tidak dapat dikerjakan dengan alat besar.

Jalur pahat offset tradisional telah menjadi bentuk jalur pahat yang paling umum sejak munculnya perangkat lunak CAM. Namun, karena semakin banyak toko yang menggunakan HSM, kepercayaan mereka terhadap HSM menjadi kurang penting dan kurang penting, dan mereka mulai menikmati manfaatnya.

Tujuan penggunaan jalur mesin trochoidal adalah untuk membatasi berapa kali tepi pahat berbenturan dengan material, mengurangi beban chip, dan menggunakan pahat pada kedalaman pemotongan yang lebih untuk membuat pahat itu sendiri lebih efektif. Lebih cepat.

Baca Juga :  7 Jenis Genset dan Spesifikasinya yang Sering Dijumpai

Ada perbedaan yang jelas antara manipulasi jalur pahat, bidang, offset, dan kecepatan tinggi (HSM).

Pesawat (1) adalah yang paling dasar dari ketiganya dan pada dasarnya mengiris material bolak-balik. Pilihan untuk gaya toolpath ini termasuk kemampuan untuk bekerja dalam satu arah (zig) dan maju mundur (zigzag). Anda juga harus dapat menentukan arah pemotongan (memanjat atau konvensional), menentukan parameter “sudut balapan”, dan menentukan langkah pemotong. Beberapa sistem CAM dapat menyertakan kelonggaran samping dan bawah sehingga material dapat dibiarkan untuk lintasan akhir.

Saat menggunakan jenis strategi ini, lead-in dan lead-out tool sering kali terbatas pada lead-in terjun, ramp, atau spiral, dan setiap opsi dapat ditentukan dengan parameter input. Selain itu, Anda dapat menggunakan kontrol koreksi di jalur finish. Opsi ini termasuk database/pustaka alat lengkap dengan tempat tidur alat dan pustaka pemegang alat, dan basis data/pustaka bahan lengkap.

Baca Juga :  10 Tips Agar Mesin Cuci Kalian Tahan Lama

Perangkat lunak CAM dirancang untuk mengatur variabel yang terkait dengan strategi ini. BobCAD-CAM telah mengembangkan setiap operasi pemesinan menjadi “penyihir” yang memungkinkan operator untuk melangkah melalui langkah-langkah untuk mengatur fitur dan memastikan bahwa variabel tidak tertinggal. Ini membuat proses lebih mudah dipahami dan dilalui.

Selain itu, perangkat lunak CAM memungkinkan parameter alat sistem diganti, sehingga operator berpengalaman tidak dibatasi. Ini termasuk dengan atau tanpa alat sistem, tinggi alat dan nilai offset, kecepatan operasi, dan parameter umpan. Operasi ini juga harus memperhitungkan perlambatan pahat saat memasuki sudut busur (saat tidak menggunakan HSM).

Offset (2) paling umum untuk kantong dan slot dinding terbuka atau tertutup dengan pemesinan cnc dalam program 2D ​​/ 2,5 sumbu (X, Y, Z step down). Sangat mirip dengan pesawat, tetapi jenis operasi ini dalam sistem CAM menggunakan input variabel yang sama.

Baca Juga :  Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mesin Las 450 Watt

Perbedaannya adalah apakah akan membuat offset IN atau offset OUT. Offset konsentris ini mulai dari luar menuju pusat area pemotongan yang ditentukan, atau mulai dari tengah dan berlanjut ke dinding luar atau area yang ditentukan.

Semua operasi ini dalam program CAM juga mencakup opsi satu langkah atau banyak langkah. Di sini, kedalaman total dihitung secara otomatis berdasarkan model bagian atau dimasukkan secara manual oleh programmer. Saat Anda memasukkan kedalaman pemotongan, program CAM secara otomatis menghitung jumlah pemotongan Z yang diperlukan untuk mesin (pemotongan kasar) area bagian.

Jalur pahat offset biasanya memiliki banyak belokan ke kanan atau ke kiri, yang dapat menyebabkan banyak penghentian dan pengoperasian pahat selama pemesinan. Semakin banyak ini diulang, semakin banyak keausan alat tersebut. Seringkali, jalur pahat jenis ini akan menghasilkan tingkat getaran yang lebih tinggi dan akan membutuhkan lebih banyak uang untuk dihabiskan pada pahat untuk pekerjaan dengan desain pemotong yang meminimalkan panas di zona pemotongan untuk mengurangi konsumsi daya.

Baca Juga :  4 Tips Memilih Pompa yang Baik untuk Sumur Bor

Menyeimbangkan jalur pahat dapat mengakibatkan defleksi pahat yang tinggi, yang dapat menyebabkan bagian terpotong melebihi toleransi dan memiliki permukaan akhir yang tidak memadai. Ini sering berarti bahwa kecepatan dan umpan yang lebih tinggi tidak tersedia. Toolpath offset sangat berguna, tetapi strategi toolpath tercepat menawarkan manfaat terbesar.

Strategi jalur pahat mesin (3) yang cepat, juga dikenal sebagai jalur pahat permesinan “trochoidal”, membuka pintu untuk banyak manfaat penting.

Sebagian besar toko sekarang memotong lebih cepat daripada 10 tahun yang lalu. Albert Einstein mengatakan bahwa ungkapan “semua gerakan adalah relatif” adalah yang pertama dan terbaik. Dari perspektif itu, peningkatan “tarif” secara bertahap berarti pabrik memproses lebih cepat dari sebelumnya.

Baca Juga :  Tips Merawat Suspensi Motor Agar Tetap Awet dan Nyaman Digunakan

Meningkatkan laju pengumpanan ball end mill baja perkakas dari 12 ipm menjadi 24 ipm dan kecepatan spindel dari 4.000 rpm menjadi 8.000 rpm meningkatkan kecepatan potong hingga 100%, serangkaian fitur yang biasa ditemukan di sebagian besar pusat permesinan CNC.

Selain itu, ketika pemotong membuat keripik, panas yang dihasilkan oleh tindakan tersebut ditransfer ke keripik. Ketika keripik pecah dan meninggalkan area pemotongan, panasnya terbawa bersamanya. Keuntungan besar dari pemesinan kecepatan tinggi adalah bahwa peningkatan kecepatan dan laju umpan memotong chip dengan kecepatan tinggi dan mengeluarkannya, sehingga sedikit atau tidak ada panas yang ditransfer ke benda kerja mentah.

Ini sering menghilangkan kebutuhan akan pendingin. Pada kecepatan pemrosesan tradisional, ada waktu bagi panas untuk berpindah dari kepingan ke logam mentah, menciptakan kondisi pengerasan-kerja.

Ini meningkatkan gaya yang dibutuhkan untuk membuat chip dan menghasilkan lebih banyak panas. Pendingin mengurangi siklus dengan menurunkan suhu zona pemotongan dan membuang chip. Namun, pada kecepatan yang sangat tinggi, rotasi pahat melepaskan cairan pendingin dari area pemotongan, sehingga tidak akan mencapai area pemotongan tanpa tekanan yang sangat tinggi atau pemipaan melalui pahat.

Baca Juga :  4 Profesi Ini Takkan Mampu Digantikan oleh Robot dan Mesin

Keripik yang terperangkap dapat tetap berada di dalam keripik sehingga dapat dipotong kembali dengan alat. Oleh karena itu, peledakan udara sangat efisien untuk evakuasi chip dalam aplikasi kecepatan tinggi.

Pemesinan berkecepatan tinggi tentu membantu toko menghasilkan suku cadang yang lebih akurat dengan permukaan akhir yang lebih baik. Selain itu, pemesinan berkecepatan tinggi sering kali membutuhkan perkakas mesin dan pengaturan benda kerja yang sangat ketat, sehingga menghasilkan konsistensi benda kerja yang lebih baik. Semua ini digabungkan untuk meningkatkan efisiensi program CNC, permesinan dan akhirnya profitabilitas bisnis CNC.

Baca Juga :  Daftar Tools  yang Wajib Dimiliki Di Rumah

Ambil rute cepat menuju profitabilitas CNC

Saya benar-benar tidak dapat menemukan buku pelatihan yang membahas pemesinan berkecepatan tinggi dan CAD / CAM bersama-sama. Namun, perangkat lunak CAD / CAM mutlak diperlukan untuk membuat jenis jalur alat pemesinan ini. Tanpa perangkat lunak CAD-CAM, mereka tidak akan ada hari ini.

Manfaat yang dijelaskan dalam buku putih ini menguraikan semua alasan mengapa toko perlu memanfaatkan teknologi ini dan sekarang, strategi roughing adaptif cepat yang tersedia untuk pertama kalinya melalui BobCAD-CAM untuk pemesinan cnc multi-sumbu membuka pintu ke tugas cnc yang lebih kompleks yang memanfaatkan kemampuan yang kuat dan hasil peningkatan pendapatan.

Waktu alat berat adalah uang, dan waktu siklus yang lebih pendek menghasilkan perputaran yang lebih cepat, pelanggan yang lebih memuaskan, hasil akhir yang lebih baik, biaya alat yang lebih rendah, dan masa pakai alat mesin CNC yang lebih lama.