Apakah Radiator Listrik Efisien?

Apakah Radiator Listrik Efisien?

Pakar radiator sering ditanya apakah radiator listrik “efisien”, khususnya jika penyimpanan panas lebih “efisien” daripada jenis pemanas listrik lainnya.

Berbicara tentang radiator, kata “efisiensi” dapat diartikan dalam banyak hal. Dari pengalaman kami, jika pelanggan bertanya, “Radiator mana yang paling efisien?”, Mereka dapat berarti:

Radiator listrik umumnya dianggap 100% efisien karena hampir 100% daya yang dikonsumsi radiator diubah menjadi panas dan dilepaskan ke dalam ruangan. (Ini berbeda dengan sistem pemanas sentral pipa air panas, di mana sebagian panas dapat hilang melalui pipa dalam perjalanan ke radiator dan boiler.) Oleh karena itu, semua radiator listrik memiliki radiator energi. panas dilepaskan.

Baca Juga :  Begini Cara Memasang Lampu Gantung Hias yang Baik dan Benar

Oleh karena itu, pertanyaan di atas tidak dapat dijawab dari segi efisiensi. Alih-alih, kunci untuk memilih radiator listrik terbaik adalah menentukan apa yang bekerja paling baik dalam situasi tertentu.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi dan fakta yang jelas untuk membantu Anda memilih produk pemanas listrik terbaik untuk gaya hidup dan kebutuhan pemanas Anda yang unik. Ini meminimalkan energi yang terbuang dan mengurangi jumlah bahan bakar yang digunakan, mengurangi biaya tagihan listrik dan dampak lingkungannya.

Baca Juga :  Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tukang listrik

Terlepas dari jenis pemanas listrik yang Anda pilih, harga listrik dapat bervariasi secara signifikan, jadi disarankan untuk merujuk ke daftar harga penyedia energi yang berbeda untuk membandingkan harga. Harga bervariasi tidak hanya antara pemasok, tetapi juga di antara berbagai tarif yang ditawarkan oleh masing-masing pemasok.

Di bawah ini adalah ikhtisar opsi pemanas listrik yang tersedia di pasar, merinci kekuatan dan kelemahannya, dan memungkinkan Anda memilih opsi mana yang terbaik untuk rumah Anda.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Peralatan Dapur Elektronik untuk kalian yang Hobi Masak

Pemanas listrik atau radiator biasanya datang dalam dua gaya yang berbeda.

Pemanas penyimpanan panas

Mereka menggunakan listrik murah yang tersedia di malam hari dengan biaya yang ekonomis. Listrik digunakan untuk memanaskan batu bata keramik di pemanas semalaman, “menyimpan” panas dan melepaskannya secara perlahan pada hari berikutnya. Pemanas penyimpanan termal secara historis dianggap sebagai satu-satunya alternatif yang benar untuk pemanas sentral gas dan masih umum di rumah-rumah di seluruh Inggris.

Baca Juga :  6 Tips Cara Memilih Stop Kontak yang Bagus untuk Rumah Anda

Contoh: Saat menggunakan pemanas penyimpan panas di ruangan yang membutuhkan pemanas 1kW

Ini berarti efisien karena melepaskan semua energi yang dikonsumsi oleh pemanas penyimpanan termal, tetapi menghabiskan banyak energi. Pemanas penyimpanan termal awalnya dikembangkan selama pemogokan di akhir 70-an dan didorong untuk menggunakannya selama periode ini karena pemerintah ingin menjaga pembangkit listrik tetap berjalan dan membuatnya bergantung pada industri batu bara.Ada perdebatan.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bohlam Lampu Tidur Agar Tidur Kamu Semakin Nyaman

Pemanas penyimpanan termal dapat memberikan solusi praktis bagi banyak pemilik rumah. Misalnya, pemanas penyimpan panas cocok untuk orang yang sudah pensiun atau tinggal di rumah sepanjang hari, karena panas dilepaskan sepanjang hari. Atau, jika Anda bekerja penuh waktu dan tidak membutuhkan pemanas di siang hari, pemanas regeneratif mungkin bukan pilihan terbaik. Bahkan ketika Anda tidak berada di sana, panas dilepaskan dan energi terbuang sia-sia.

Karena sifat pemanas penyimpanan termal, mereka lebih sulit dikendalikan daripada produk pemanas “sesuai permintaan”. Misalnya, pertimbangkan skenario berikut.

Baca Juga :  3 Alasan Utama Mengapa Lampu LED Banyak Diminati

Selain itu, seiring bertambahnya usia pemanas penyimpan panas, insulasi internal dapat pecah. Akibatnya, panas menyebar dengan cepat dan mungkin memerlukan pemanasan tambahan di kemudian hari. Pemanasan tambahan ini dibebankan pada tingkat puncak per jam, bukan pada tingkat ekonomi.

Ingatlah bahwa tarif ekonomi puncak biasanya jauh lebih tinggi daripada tarif non-ekonomi mana pun, dan tarif ini berlaku untuk semua peralatan yang digunakan selama jam sibuk, bukan hanya radiator.

Baca Juga :  7 Tips Agar Instalasi Listrik Rumah kalian Aman dari Korsleting

Pemanas penyimpanan termal sering dianggap tidak menarik dan, karena sifat desainnya, sangat besar dan menjorok ke dalam ruangan.

Pemanas sesuai permintaan

Tiga jenis pemanas listrik berikut, tidak seperti pemanas penyimpanan panas, mengkonsumsi daya “sesuai permintaan”. Produk pemanas “sesuai permintaan” memungkinkan Anda menyalakan pemanas hanya saat Anda membutuhkannya dan mematikannya saat Anda tidak membutuhkannya.

Ini adalah pilihan yang bagus untuk menghindari pemborosan energi, karena radiator hanya dapat dinyalakan saat dibutuhkan dan Anda tidak perlu menebak cuaca 24 jam sebelumnya. Ini sangat berguna dalam iklim Inggris yang tidak dapat diprediksi. Pemanas berdasarkan permintaan biasanya digunakan dengan tarif listrik non-ekonomi biasa yang tidak menggunakan tarif malam yang lebih murah.

Baca Juga :  Penyebab dan Solusi untuk Korsleting Listrik Peralatan Rumah Tangga

Contoh: Gunakan pemanas sesuai permintaan di ruangan yang membutuhkan pemanas 1 kW

Contoh ini menunjukkan bahwa jumlah energi yang digunakan oleh orang-orang yang bekerja dalam waktu standar telah berkurang secara signifikan. Membandingkan pemanas penyimpanan termal dan pemanas sesuai permintaan, ini mungkin opsi yang paling hemat biaya untuk skenario jenis ini, meskipun harga listrik ditetapkan lebih tinggi dari tarif Ekonomi 7. ..

Baca Juga :  10 Peralatan Listrik yang Harus dimiliki di Rumah

Produk pemanas sesuai permintaan yang dirinci di bawah biasanya menawarkan solusi yang lebih baik daripada pemanas penyimpanan panas untuk pertanyaan “Radiator mana yang paling efisien?”

Jadi, secara ringkas, radiator hanyalah sebuah wadah yang dirancang untuk melepaskan energi dalam bentuk panas, dan jumlah panas yang dilepaskan oleh radiator tergantung pada jumlah energi yang dimasukkan ke dalamnya. Hal ini terutama berlaku untuk radiator listrik yang beroperasi dengan efisiensi mendekati 100%.

Baca Juga :  6 Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Kalian Coba Selain AC

Pada kenyataannya, ada banyak aspek, seperti gaya hidup, yang menentukan radiator terbaik untuk proyek Anda. Jam kerja, batasan ukuran, dekorasi interior, anggaran, ketersediaan. Pilihan Anda tergantung pada faktor mana yang diprioritaskan. Penelitian membuktikan bahwa tidak ada solusi ajaib “universal” dalam hal pemanasan.

Bicaralah dengan ahli radiator listrik untuk informasi lebih lanjut tentang memilih produk pemanas listrik yang paling efektif.