Keamanan listrik untuk anak-anak: kabel listrik, instruksi manual, sengatan listrik

Keamanan listrik untuk anak-anak: kabel listrik, instruksi manual, sengatan listrik

Jika Anda ingin mempelajari tentang keselamatan listrik anak Anda, Anda perlu menyadari risiko kerusakan atau kegagalan kabel listrik Anda. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kabel elektronik konsumen memiliki lapisan karet?

Lapisan karet sebenarnya adalah lapisan isolasi yang memerangkap listrik. Isolator seperti kebalikan dari konduktor. Konduktor menghantarkan listrik dan isolator tidak.

Kabel alat memiliki konduktor dan isolator. Konduktor ada di dalam, dan listrik dari stopkontak mencapai alat. Isolator berada di luar, menjebak listrik di dalam kabel dan melindunginya dari sengatan listrik.

Baca Juga :  4 Alasan Instalasi Listrik¬†Harus Terpasang Baik

Sangat penting untuk menggunakan alat dan kode sebagaimana dimaksud. Oleh karena itu, pabrikan memberikan instruksi dan informasi keselamatan dalam manual.

Manual menyatakan bahwa Anda tidak boleh melakukan apa pun selain dari petunjuk “cara” umum. Dalam hal keselamatan listrik untuk anak-anak, mengetahui apa yang harus dilakukan sama pentingnya dengan mengetahui apa yang harus dilakukan. Dengan mengikuti instruksi pabrik kata demi kata, Anda dapat melakukan segalanya dengan benar untuk keselamatan listrik Anda dan mendapatkan kesempatan terbaik untuk menghindari kecelakaan listrik.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Menyambung Kabel Listrik yang Baik dan Benar

Dengan mengikuti petunjuk dan menggunakan alat dengan cara yang benar, Anda dapat menghindari kerusakan lapisan insulasi kabel. Ingatlah bahwa lapisan insulasi di bagian luar kabel memerangkap listrik di dalamnya. Tanpa itu, listrik dapat “melarikan diri” dan bergerak melalui Anda ketika Anda menyentuhnya.

Anda tidak dapat menyelesaikan pendidikan keselamatan listrik untuk anak-anak tanpa memahami apa itu “saluran langsung”. Kawat hidup pada dasarnya adalah kabel penghantar, tetapi tanpa lapisan luar isolasi. Kabel hidup tidak diisolasi, jadi ketika Anda menyentuhnya, listrik dari kabel akan mengalir.

Baca Juga :  3 Alasan Utama Mengapa Lampu LED Banyak Diminati

Saluran listrik dan mainan di dalam perangkat dapat bersentuhan dengan bagian dalam perangkat. Ketika ini terjadi, menyentuh perangkat sama dengan menyentuh saluran langsung. Apakah garis hidup terekspos di dalam peralatan atau mainan tidak dapat ditentukan oleh penampilan saja, jadi perlu untuk selalu mempertimbangkan kemungkinan dan memastikan keamanan.

Jika alat terlihat tua atau rusak, periksalah sebelum mencolokkannya. Sebagian besar perangkat yang kami lihat dibuat dengan cukup cermat dan tidak mungkin terkejut jika bertemu saluran langsung atau jika perangkat rusak.

Baca Juga :  Sistem pemantauan dan kontrol daya nirkabel dengan fungsi pemantauan untuk pembangkit listrik tenaga surya rumah

Sengatan listrik tidak selalu berakibat fatal, tetapi selalu menyakitkan. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa listrik dalam jumlah yang sangat kecil pun dapat berakibat fatal dan tidak boleh diuji. Bahkan “Mari kita lihat seperti apa rasanya”.

Kabel besar dan peralatan besar bukan satu-satunya bahaya. Bahkan peralatan berukuran biasa di sekitar rumah dapat menyebabkan kejutan yang dapat membunuh orang.

Baca Juga :  6 Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Kalian Coba Selain AC

Saat belajar tentang keselamatan listrik pada anak-anak, Anda perlu memahami cara mengukur listrik. Arus diukur dalam ampere. Satu miliamp adalah seperseribu amp. Artinya, 1.000 milliamps setara dengan 1 amp, dan 2.000 milliamps setara dengan 2 amp.

Efek terbesar yang dimiliki miliampere adalah kejutan kecil yang bisa Anda rasakan. Ini adalah sensasi kesemutan yang tidak menyenangkan. 5-10 Dampak milliamps memiliki efek “menempel” yang menyambar orang dan tidak mudah melepaskannya. Tidak mengherankan, itu jauh lebih menyakitkan daripada lem.

Baca Juga :  Tips Memilih Jenis Lampu Senter Sesuai Kebutuhan Pekerjaan

Guncangan pada 20-50 miliampere memiliki konsekuensi serius, menyebabkan luka bakar, peningkatan cepat dalam denyut jantung dan denyut nadi, dan dalam beberapa kasus kematian. Sengatan listrik di atas 60mA hampir selalu berakibat fatal.

Mengingat bahwa bahkan peralatan listrik biasa, termasuk peralatan biasa seperti alat cukur listrik, bola lampu, dan pengering rambut, dapat dengan mudah mengirimkan kejutan listrik melebihi 60mA, kita tahu bahwa listrik perlu ditangani dengan hati-hati. Untuk keamanan kelistrikan, selalu lakukan semua tindakan pencegahan sebelum mengoperasikan alat.

Baca Juga :  5 Tips Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah

Tergantung pada tingkat keparahannya, sengatan listrik dapat menyebabkan kelemahan, kejang otot, pernapasan dangkal, denyut nadi cepat, luka bakar, ketidaksadaran, dan bahkan kematian. Dengan sengatan listrik, bagian tubuh yang dilalui aliran listrik memanas dengan sangat cepat.

Luka bakar yang parah dapat terjadi pada tubuh di sepanjang jalur listrik. Kulit adalah yang paling rentan terhadap luka bakar, terutama di sekitar area di mana listrik masuk dan keluar dari tubuh.

Baca Juga :  Penyebab dan Solusi untuk Korsleting Listrik Peralatan Rumah Tangga

Sangat mudah untuk belajar tentang keselamatan listrik untuk anak-anak. Dan bahkan lebih mudah untuk menerapkan petunjuk, mengikuti saran, dan mengikuti aturan. Hanya ada beberapa hal yang perlu diingat. Dengan begitu, Anda akan mempraktikkan keselamatan listrik selama sisa hidup Anda.