Perlu Diketahui Sebelum Membeli Komputer Baru

Perlu Diketahui Sebelum Membeli Komputer Baru

Ketika Anda pergi keluar dan membeli komputer  baru, Anda akan takjub melihat betapa cepat kerjanya saat Anda membuka kotaknya dan menyalakannya, seperti yang dilakukan kebanyakan orang. Komputer baru selalu berjalan lebih cepat daripada komputer lama dan tampaknya booting lebih cepat.

Aplikasi dan game tampaknya berjalan tanpa melambat, dan saat Anda terhubung ke Internet, halaman dimuat secara instan di layar Anda, memungkinkan Anda menavigasi dengan cepat dari satu situs web ke situs web lainnya. Namun, seiring waktu, komputer Anda mungkin melambat dan tidak berjalan secepat saat masih baru.

Perlambatan ini dapat terjadi karena berbagai alasan, yang dapat membuat frustasi dan merusak pengalaman komputasi. Dalam banyak kasus, jika ini terjadi, Anda dapat memperbaikinya dengan membersihkan hard drive Anda atau menjalankan diagnostik. Komputer Anda mungkin terinfeksi virus, dan menghapus virus dapat memulihkan kinerja. Bagaimana jika Anda sudah melakukan semua ini dan komputer Anda masih lambat?

Baca Juga :  5 Tips Live Streaming dari Lazada untuk Tingkatkan Penjualan Ecommerce

Jika komputer Anda lambat saat Anda mencoba menghapus virus dan meningkatkan kinerja sistem, ada kemungkinan bahwa persyaratan komputer Anda saat ini berada di luar kemampuan komputer Anda.

Saat menggunakan komputer, kita cenderung menginstal aplikasi perangkat lunak baru dan mencoba menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan. Perangkat lunak baru yang kami instal mungkin memerlukan lebih banyak sumber daya komputer, seperti lebih banyak memori komputer, CPU yang lebih cepat, atau unit pemrosesan pusat, untuk menjalankan aplikasi dan game perangkat lunak dengan benar. …

Baca Juga :  Berikut Rekomendasi 10 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Tahun 2022

Jika Anda adalah orang seperti saya, Anda lebih suka menggunakan lebih banyak sumber daya komputer dengan menjalankan beberapa aplikasi perangkat lunak atau membuka beberapa jendela browser internet secara bersamaan. Semakin banyak sumber daya yang Anda gunakan, semakin lambat komputer Anda akan berjalan.

Ini adalah masalah konstan dalam komputasi, karena teknologi komputer berlipat ganda kira-kira setiap 18 bulan. Dengan permintaan akan aplikasi perangkat lunak yang lebih kaya fitur, pengembang perangkat lunak membuat program perangkat lunak yang menghabiskan lebih banyak sumber daya.

Baca Juga :  5 Tips Membeli Laptop Baru Yang Perlu Diketahui

Untuk memenuhi permintaan perangkat lunak yang terus meningkat, produsen komputer terus membangun komputer yang lebih cepat dan lebih mahal. Menurut pendapat saya, ini adalah lingkaran setan di mana pengguna komputer harus pergi keluar dan membeli komputer baru setiap beberapa tahun untuk mempertahankan pengalaman komputasi yang cepat dan menyenangkan.

Untungnya, saya tidak perlu khawatir tentang masalah itu. Saya seorang ahli komputer bersertifikat dan telah membangun dan memperbaiki komputer selama lebih dari 15 tahun. Ketika saya menginginkan komputer yang lebih cepat, saya tidak keluar dan membeli komputer baru yang mahal.

Anda mempelajari cara memutus siklus pembelian komputer baru dengan memutakhirkan komputer Anda. Dengan memutakhirkan daripada membeli komputer baru, Anda dapat dengan mudah membuat komputer yang lebih cepat dengan biaya yang lebih murah.

Baca Juga :  Tips Menjaga Akun Twitter Aman dari Serangan Hacker

Anda juga dapat memutus siklus pembelian komputer. Anda tidak harus menjadi ahli komputer seperti saya. Beberapa pengetahuan tentang komputer sudah cukup. Anda dapat menguasai driver dan mengikuti beberapa instruksi sederhana. Namun, sebelum berpikir untuk memutakhirkan komputer Anda, penting untuk mendapatkan gambaran singkat tentang cara kerja komputer Anda.

Dasar-dasar komputer

Komputer terdiri dari kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak. Jika Anda tidak terbiasa dengan fungsi komputer Anda, itu bisa terlihat sangat rumit. Memahami cara kerja komputer pada tingkat dasar dapat mengurangi kerumitan itu.

Baca Juga :  6 Kebiasaaan Ini Bisa Dapat Membuat Laptop Kalian Cepat Rusak

Pada tingkat yang paling dasar, komputer mengambil input dan menghasilkan output. Komputer menerima input melalui perangkat input (perangkat keras) seperti keyboard dan mouse. Setiap kali Anda mengklik mouse pada tautan atau menggerakkan mouse di atas layar, itu akan memberi tahu komputer Anda untuk mengetik atau melakukan sesuatu.

Komputer menerima input sebagai sinyal elektronik yang dibuat oleh klik mouse atau penekanan tombol keyboard. Sinyal ini dikirim melalui komputer dan diubah menjadi data digital yang dapat diartikan sebagai sistem operasi, aplikasi perangkat lunak, atau instruksi permainan.

Komputer memproses data instruksi digital dan mencetaknya di layar komputer sebagai gambar atau kata, atau mungkin pada printer.

Baca Juga :  Rekomendasi Smartphone Terbaik 2022 Selama Bulan Ramadhan

Apa yang membuat komputer lebih cepat adalah kemampuannya untuk menerima input dan menghasilkan output dengan cepat. Ada beberapa komponen yang diperlukan agar komputer dapat berfungsi, tetapi ada tiga komponen utama yang secara langsung mempengaruhi kecepatan pengoperasian komputer.

Komponen komputer utama yang menangani pemrosesan input dan mempercepat komputer Anda adalah:

Motherboard

Tidak terlalu teknis, motherboard adalah komponen komputer yang menghubungkan semua perangkat keras di komputer Anda. Motherboard dapat dianggap sebagai jalan raya data yang menghubungkan semua komponen komputer satu sama lain dan memungkinkan mereka untuk mengirim dan berkomunikasi satu sama lain.

Semua komponen komputer di komputer Anda terhubung ke motherboard baik secara langsung maupun melalui kabel data. Perangkat atau komponen yang terhubung ke motherboard adalah CPU, memori RAM, hard drive, drive CD ROM / DVD, kartu video, kartu suara, kartu jaringan, modem, keyboard, mouse, dan monitor.

Baca Juga :  Beberapa Tips Memilih Gadget yang Baik dan Aman untuk Anak

Ada periferal tambahan yang dapat dihubungkan ke motherboard melalui berbagai port data yang terhubung ke motherboard, seperti printer, kamera digital, mikrofon, bahkan HDTV. Perangkat ini dapat dihubungkan ke motherboard menggunakan salah satu dari beberapa port, termasuk port USB, paralel, Fire-Wire, SATA (Serial-ATA), dan HDMI (High Definition Multimedia Interface).

Singkatnya, motherboard menyediakan infrastruktur komunikasi data yang memungkinkan komunikasi antar semua perangkat. Apa yang membuat satu motherboard lebih cepat dari yang lain adalah jumlah data yang dikirim melalui apa yang disebut bus data dan kecepatan pengirimannya. Salah satu cara untuk memikirkannya adalah dari perspektif jalanan. Pikirkan bus data sebagai jalan. Data itu seperti mobil di jalan. Komunikasi pada motherboard lama sebanding dengan jalan dua arah dua jalur dengan batas kecepatan 25 MPH. Hari ini, motherboard baru seperti jalan raya delapan jalur dengan batas kecepatan 200MPH.

Baca Juga :  7 Tren Teknologi Terbaru di Tahun 2021

Motherboard yang lebih baru lebih cepat karena lebih cepat dan dapat memungkinkan lebih banyak lalu lintas data.

CPU

CPU atau prosesor adalah otak dari komputer. CPU bekerja dengan sistem operasi seperti Windows XP dan Windows 7 untuk menjalankan semua instruksi yang diminta. CPU hanya dapat mengeksekusi satu instruksi pada satu waktu, tetapi sangat cepat sehingga tampaknya menjalankan banyak tugas atau “multitasking” pada satu waktu.

Baca Juga :  Gunakan Cara ini untuk Atasi Kinerja Lambat pada Smartphone Kalian

CPU yang lebih baru lebih cepat karena mereka memiliki “kecepatan jam” atau “siklus jam” yang lebih cepat. Kecepatan clock adalah kecepatan di mana CPU dapat mengeksekusi instruksi. Kecepatan jam dapat dianggap sebagai pengaturan waktu metronom yang membantu musisi mempertahankan waktu musik yang benar. Ada jarum di bagian depan metronom, yang berayun maju mundur pada waktu yang ditentukan. Ketika bergetar bolak-balik, itu berdetak seperti jam. Seperti metronom, CPU juga berdetak pada interval yang ditentukan, tetapi CPU berdetak pada kecepatan yang sangat cepat yang diukur dalam mega atau gigahertz. CPU mengeksekusi instruksi pada setiap tick dalam siklus clock tersebut.

Baca Juga :  Ini Manfaat Tes Kecepatan Internet yang Perlu Diketahui

Tidak hanya CPU baru dapat mengeksekusi instruksi pada kecepatan clock yang sangat tinggi, mereka juga dapat terdiri dari beberapa inti CPU. Setiap inti dapat menjalankan instruksinya sendiri. Jika Anda memiliki CPU dual-core, Anda dapat menjalankan dua instruksi secara bersamaan, dan CPU quad-core dapat menjalankan empat instruksi. Sekarang ada enam CPU inti di luar sana, dan seperti motherboard baru, CPU ini juga memiliki bus data yang lebih besar yang mengirim dan menerima data lebih cepat melalui motherboard, meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan.