Evolusi Teknologi - Sejarah Komputer

Evolusi Teknologi – Sejarah Komputer

Sementara komputer sekarang menjadi bagian penting dari kehidupan manusia, ada masa di mana komputer tidak ada. Mengetahui sejarah komputer dan seberapa banyak kemajuan yang telah dibuat dapat membantu Anda memahami betapa rumit dan inovatifnya penciptaan komputer.

Tidak seperti kebanyakan perangkat, komputer adalah salah satu dari sedikit penemuan yang tidak memiliki satu penemu tertentu. Sepanjang perkembangan komputer, banyak orang telah menambahkan kreasi mereka ke dalam daftar yang diperlukan untuk membuat komputer berfungsi. Beberapa penemuan adalah jenis komputer yang berbeda, dan beberapa di antaranya adalah bagian yang diperlukan untuk memungkinkan komputer dikembangkan lebih lanjut.

Baca Juga :  Beli Paket Murah dan Hemat Kuota di Telkomsel Dengan Kode Kaket Ini

Awal mula

Mungkin tanggal paling penting dalam sejarah komputer adalah tahun 1936. Pada tahun inilah “komputer” pertama dikembangkan. Itu dibuat oleh Konrad Zuse dan dijuluki Komputer Z1. Komputer ini berdiri sebagai yang pertama karena merupakan sistem pertama yang sepenuhnya dapat diprogram. Ada perangkat sebelum ini, tetapi tidak ada yang memiliki kekuatan komputasi yang membedakannya dari elektronik lainnya.

Baru pada tahun 1942 bisnis mana pun melihat keuntungan dan peluang di komputer. Perusahaan pertama ini disebut komputer ABC, dimiliki dan dioperasikan oleh John Atanasoff dan Clifford Berry. Dua tahun kemudian, komputer Harvard Mark I dikembangkan, memajukan ilmu komputasi.

Baca Juga :  Berikut Daftar Fitur Menarik di WhatsApp MOD APK yang Perlu dicoba

Selama beberapa tahun berikutnya, para penemu di seluruh dunia mulai mencari lebih banyak studi tentang komputer, dan bagaimana memperbaikinya. Sepuluh tahun berikutnya mengatakan pengenalan transistor, yang akan menjadi bagian penting dari cara kerja bagian dalam komputer, komputer ENIAC 1, serta banyak jenis sistem lainnya. ENIAC 1 mungkin salah satu yang paling menarik, karena membutuhkan 20.000 tabung vakum untuk beroperasi. Itu adalah mesin besar, dan memulai revolusi untuk membangun komputer yang lebih kecil dan lebih cepat.

Baca Juga :  4 Fitur Kamera Smartphone Yang Bikin Foto Makin Estetik

Usia komputer selamanya diubah oleh pengenalan Mesin Bisnis Internasional, atau IBM, ke dalam industri komputasi pada tahun 1953. Perusahaan ini, selama sejarah komputer, telah menjadi pemain utama dalam pengembangan sistem dan server baru untuk publik. dan penggunaan pribadi. Pengenalan ini membawa tanda-tanda nyata pertama persaingan dalam sejarah komputasi, yang membantu memacu perkembangan komputer yang lebih cepat dan lebih baik. Kontribusi pertama mereka adalah IBM 701 EDPM Computer.

Bahasa Pemrograman Berkembang

Setahun kemudian, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang berhasil dibuat. Ini adalah bahasa pemrograman yang tidak ditulis dalam ‘perakitan’ atau biner, yang dianggap bahasa tingkat sangat rendah. FORTRAN ditulis agar lebih banyak orang dapat mulai memprogram komputer dengan mudah.

Baca Juga :  Ruang Lingkup Pembelajaran Komputer

Tahun 1955, Bank of America, bersama dengan Stanford Research Institute dan General Electric, melihat penciptaan komputer pertama untuk digunakan di bank. The MICR, atau Magnetic Ink Character Recognition, ditambah dengan komputer yang sebenarnya, ERMA, merupakan terobosan bagi industri perbankan. Baru pada tahun 1959 sepasang sistem mulai digunakan di bank yang sebenarnya.

Selama tahun 1958, salah satu terobosan terpenting dalam sejarah komputer terjadi, penciptaan sirkuit terpadu. Perangkat ini, juga dikenal sebagai chip, adalah salah satu persyaratan dasar untuk sistem komputer modern. Pada setiap motherboard dan kartu dalam sistem komputer, ada banyak chip yang berisi informasi tentang apa yang dilakukan papan dan kartu. Tanpa chip ini, sistem seperti yang kita kenal sekarang tidak dapat berfungsi.

Baca Juga :  5 Tips Menggunakan HUAWEI WATCH FIT 2 Agar Hidup Jauh Lebih Sehat

Game, Tikus, & Internet

Bagi banyak pengguna komputer sekarang, game adalah bagian penting dari pengalaman komputasi. 1962 melihat penciptaan permainan komputer pertama, yang diciptakan oleh Steve Russel dan MIT, yang dijuluki Spacewar.

Mouse, salah satu komponen paling dasar dari komputer modern, diciptakan pada tahun 1964 oleh Douglass Engelbart. Itu mendapatkan namanya dari “ekor” yang keluar dari perangkat.

Baca Juga :  5 Fungsi Smartwatch untuk Kehidupan Sehari-hari

Salah satu aspek terpenting dari komputer saat ini ditemukan pada tahun 1969. ARPA net adalah Internet asli, yang memberikan dasar bagi Internet yang kita kenal sekarang. Perkembangan ini akan menghasilkan evolusi pengetahuan dan bisnis di seluruh planet ini.

Baru pada tahun 1970 Intel memasuki panggung dengan chip RAM dinamis pertama, yang menghasilkan ledakan inovasi ilmu komputer.

Baca Juga :  9 Manfaat Internet untuk Membantu Aktifitas Sehari-Hari

Di belakang chip RAM adalah mikroprosesor pertama, yang juga dirancang oleh Intel. Kedua komponen ini, selain chip yang dikembangkan pada tahun 1958, akan menjadi salah satu komponen inti komputer modern.

Setahun kemudian, floppy disk dibuat, mendapatkan namanya dari fleksibilitas unit penyimpanan. Ini adalah langkah pertama yang memungkinkan kebanyakan orang untuk mentransfer bit data antara komputer yang tidak terhubung.

Kartu jaringan pertama dibuat pada tahun 1973, memungkinkan transfer data antara komputer yang terhubung. Ini mirip dengan Internet, tetapi memungkinkan komputer terhubung tanpa menggunakan Internet.

Munculnya PC Rumah Tangga

Tiga tahun berikutnya sangat penting bagi komputer. Ini adalah saat perusahaan mulai mengembangkan sistem untuk konsumen rata-rata. Komputer Scelbi, Mark-8 Altair, IBM 5100, Apple I dan II, TRS-80, dan Commodore Pet adalah pelopor di bidang ini. Meskipun mahal, mesin ini memulai tren untuk komputer di rumah tangga biasa.

Baca Juga :  Mengenal Fungsi RAM pada PC dan Laptop dan Perbedaannya dengan ROM

Salah satu kesulitan terbesar dalam perangkat lunak komputer terjadi pada tahun 1978 dengan dirilisnya program VisiCalc Spreadsheet. Semua biaya pengembangan dibayar dalam jangka waktu dua minggu, yang menjadikan ini salah satu program paling sukses dalam sejarah komputer.

Tahun 1979 mungkin merupakan salah satu tahun terpenting bagi pengguna komputer rumahan. Ini adalah tahun dimana WordStar, program pengolah kata pertama, dirilis ke publik untuk dijual. Ini secara drastis mengubah kegunaan komputer untuk pengguna sehari-hari.

Baca Juga :  Sejarah Singat Steve Jobs Menamai Perusahaannya Apple

Komputer IBM Home dengan cepat membantu merevolusi pasar konsumen pada tahun 1981, karena terjangkau bagi pemilik rumah dan konsumen standar. 1981 juga melihat mega-raksasa Microsoft memasuki panggung dengan sistem operasi MS-DOS. Sistem operasi ini benar-benar mengubah komputasi selamanya, karena cukup mudah untuk dipelajari semua orang.

Kompetisi Dimulai : Apple vs. Microsoft

Komputer melihat perubahan penting lainnya selama tahun 1983. Komputer Apple Lisa adalah yang pertama dengan antarmuka pengguna grafis, atau GUI. Sebagian besar program modern berisi GUI, yang memungkinkannya mudah digunakan dan enak dipandang. Ini menandai awal dari keluarnya sebagian besar program berbasis teks saja.

Baca Juga :  Begini Cara Mudah Mengubah Voice Note WhatsApp Menjadi Teks

Di luar titik ini dalam sejarah komputer, banyak perubahan dan perubahan telah terjadi, dari perang Apple-Microsoft, hingga pengembangan mikrokomputer dan berbagai terobosan komputer yang telah menjadi bagian yang diterima dari kehidupan kita sehari-hari. Tanpa langkah awal sejarah komputer, semua ini tidak akan mungkin terjadi.