Cara Membangun Komputer dan Pemilihan Komponen

Cara Membangun Komputer dan Pemilihan Komponen

Saya sering mendapat pertanyaan yang sama, bagaimana membangun komputer? Ini bisa sangat menipu mata orang kebanyakan ketika mereka melirik ke komputer yang terbuka. Ada berbagai “potongan” yang dapat ditemukan dan beberapa kabel yang berputar dari satu bagian ke bagian berikutnya. Semua ini bisa sangat membingungkan dan mengecewakan.

Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah terlihat lebih rumit dari yang sebenarnya. Jangan takut untuk melakukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk mencari tahu, dengan alasan. Tentu saja Anda harus berhati-hati dan tidak memaksakan komponen di tempat yang bukan tempatnya, tetapi sulit untuk mencampuradukkannya karena kebanyakan hal hanya bisa berjalan satu arah, dan hanya akan muat di lokasi yang benar.

Baca Juga :  6 Kebiasaaan Ini Bisa Dapat Membuat Laptop Kalian Cepat Rusak

Selama bertahun-tahun itu adalah bagaimana saya belajar sebagian besar dari apa yang saya lakukan hari ini, coba-coba. Jika ada yang salah, selalu ada cara untuk memperbaikinya, dan terkadang dibutuhkan kesabaran dan penelitian untuk menemukan cara memperbaiki masalah tersebut.

Saya mulai membangun komputer sekitar tahun 1996, ketika saya berusia sepuluh tahun, dan itu menjadi hobi saya yang menghasilkan bisnis sekitar 16 bulan yang lalu. Selama bertahun-tahun, ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipelajari, dan itulah yang terjadi dengan teknologi dan komputer.

Komputer selalu berubah dan diperbarui untuk kinerja yang lebih baik, andal, ukuran yang lebih kecil, kemudahan penggunaan, dan konsumsi energi yang lebih sedikit dalam beberapa tahun terakhir untuk menjadi “hijau” bagi lingkungan.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah

Tapi itu sudah cukup dengan sejarah, sekarang saatnya untuk beralih ke proses pembangunan komputer yang sebenarnya dari awal sampai akhir. Ada cukup banyak yang harus dibahas dan ada banyak cara untuk menjalani prosesnya, tetapi saya akan membagikan pandangan dan pendapat pribadi saya di sepanjang jalan.

Untuk memulai, Anda harus bertanya pada diri sendiri untuk apa Anda menginginkan komputer. Ini bisa menjadi mesin dasar untuk penjelajahan web sederhana, seperti Facebook dan E-mail. Kebutuhan lain dapat berupa media center, sebuah komputer yang terhubung dengan pusat hiburan untuk keperluan menonton film, musik, rekaman, dan televisi internet serta penggunaan lain yang terhubung ke televisi secara full time.

Baca Juga :  Tips Cara Cek Tagihan Bulanan IndiHome Dengan Mudah

Mesin dapat digunakan terutama untuk bermain game. Komputer gaming bisa menjadi subjek yang sensitif karena pandangan setiap orang berbeda. Beberapa mungkin hanya senang bermain game pada pengaturan yang lebih rendah, dan yang lain mungkin ingin semuanya berjalan maksimal dengan ruang kosong untuk judul game di masa mendatang. Penggunaan terakhir yang akan saya sentuh adalah pengeditan foto dan video. Sering kali komputer gaming kelas atas, dan mesin pengedit foto/video akan memiliki banyak kesamaan.

Anda tidak harus memiliki sistem yang sangat kuat untuk video dan foto, tetapi itu pasti akan mengurangi waktu yang dibutuhkan. Jika seseorang ingin menghasilkan video yang panjang, diperlukan waktu lama untuk menyelesaikannya di komputer yang kurang bertenaga. Satu hal yang akan saya katakan adalah tidak peduli apa yang Anda cari untuk membangun komputer, cari tahu anggaran dana yang tersedia dan mulai dari sana.

Baca Juga :  Hati-hati, Penipuan dengan Email Palsu Telah Meningkat Secara Signifikan

Tidak ada gunanya melihat komponen premium yang sangat mahal, ketika tidak ada anggaran untuk itu. Banyak yang akan cukup terkejut melihat betapa murahnya sistem yang cukup kuat “sekarang ini”. Saya tidak pernah merekomendasikan untuk membeli yang terbaru dan terbaik karena harganya akan mahal dan akan diganti dengan sesuatu yang lebih baik dalam waktu sekitar enam bulan. Begitulah cara dunia komputer bekerja.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengembalikan Uang Dari Tokopedia Melalui Toko Minimarket

Setelah tujuan komputer dan anggaran direncanakan, ada beberapa komponen utama yang diperlukan untuk merakit komputer yang berfungsi penuh. Komponen inti ini meliputi;

  • Sasis yang menampung dan melindungi semua komponen,
  • Catu daya (PSU) yang memasok daya ke komputer dari dinding,
  • Motherboard yang merupakan lokasi sentral bagi semua komponen untuk saling berkomunikasi,
  • Kartu grafis, yang bertanggung jawab untuk menempatkan gambar di layar komputer Anda yang dapat Anda lihat dan berinteraksi dengannya,
  • Processor (CPU) yang berfungsi sebagai otak operasi, menghitung jutaan operasi setiap detik,
  • Memori (RAM) yang menyimpan informasi sementara yang dihitung oleh prosesor untuk akses cepat,
  • Hard drive, atau hard disk yang merupakan perangkat penyimpanan permanen, menampung semua data dan program pengguna,
  • Penyimpanan yang dapat dilepas seperti pembaca dan pembakar CD/DVD/Blu-Ray, drive USB, dan perangkat penyimpanan lainnya.
Baca Juga :  Gunakan Cara ini untuk Atasi Kinerja Lambat pada Smartphone Kalian

Komponen pertama yang akan kita mulai adalah motherboard. Ini adalah lokasi sentral di mana semuanya terhubung. Motherboard penuh dengan “jalan raya” yang melewatkan data di antara semua komponen. Ada banyak jenis motherboard yang tersedia, yang paling umum adalah motherboard berbasis AMD dan Intel. Motherboard berbasis AMD harus dicocokkan dengan prosesor AMD dan sebaliknya. Motherboard berbasis Intel dengan prosesor Intel.

Ada juga faktor bentuk yang berbeda, atau ukuran yang tersedia, yang harus dicocokkan dengan casing yang tepat agar pas. Yang paling umum adalah Micro ATX, ATX, Extended ATX, dan yang terbaru Mini ITX yang ukurannya sangat kecil untuk ruang yang sangat terbatas, seperti di pusat hiburan. Ada juga ukuran lain yang tersedia tetapi ini adalah platform paling umum yang saya tangani.

Baca Juga :  Dengan Cara Ini Hacker Bisa Ambil Alih Komputer Lewat File Microsoft Word

Casing komputer yang dipilih harus kompatibel dengan ukuran motherboard, jika motherboard adalah faktor bentuk ATX, casing harus mendukung ukuran ATX. Faktor utama lain yang perlu dipertimbangkan adalah jenis soket. Prosesor (CPU) dipasang ke motherboard dan soketnya harus sama. Baik AMD dan Intel memiliki soket dan skema penamaan mereka sendiri.

Misalnya mesin Intel modern mungkin soket 1155, dan mesin AMD mungkin soket AM3. Jadi jika motherboard adalah papan 1155, CPU juga harus 1155. Pastikan untuk melakukan penelitian Anda dan pastikan bahwa CPU dan motherboard yang dipilih kompatibel satu sama lain. Perlu dicatat bahwa CPU tidak dapat dikembalikan setelah pembelian kecuali jika rusak. Jadi kesalahan memasangkan CPU yang salah dengan motherboard tidak akan menjadi hal yang baik terjadi

Baca Juga :  Rekomendasi 3 Aplikasi Penghasil Uang 2022 Dengan Cara Main Game Saja

Prosesor atau CPU adalah chip kecil yang terbuat dari wafer silikon yang menghitung jutaan angka dengan sangat cepat. Di dunia komputer semuanya adalah sistem biner yang terdiri dari satu dan nol. Kombinasi yang berbeda menghasilkan hal yang berbeda.

CPU biasanya disebut sebagai otak dari komputer. Pada prosesor Intel modern, sisi kontak berisi sejumlah besar bantalan yang membuat kontak dengan pin pada soket motherboard. AMD sebaliknya memiliki pin pada CPU itu sendiri, dan bantalan pada motherboard. Beberapa tahun yang lalu, Intel juga memiliki pin pada CPU tetapi itu berubah selama bertahun-tahun. Saya ingat memiliki pin yang bengkok dan meluruskannya dengan benda runcing kecil. Itu akan sangat sulit dilakukan sekarang karena ada lebih dari 1.000 pin yang berdekatan satu sama lain.

Baca Juga :  5 Memanfaat THR Untuk Membeli Smartphone Terbaik 2022

Prosesor menghasilkan panas dalam jumlah besar, dan membutuhkan sesuatu untuk menjaga suhu tetap terkendali. Jika tidak, dalam hitungan detik di bawah banyak pekerjaan, CPU akan “membakar” dirinya sendiri dan menjadi pemberat kertas. Dalam kebanyakan kasus, heat sink dan kipas pendingin akan menyelesaikan tugas ini.

Lapisan tipis senyawa termal diterapkan di antara permukaan prosesor dan unit pendingin untuk mengeluarkan panas secara optimal. Sebuah heat sink biasanya akan terdiri dari beberapa sirip pendingin yang kemudian didinginkan oleh kipas yang meniupkan udara.

Baca Juga :  Ruang Lingkup Pembelajaran Komputer

Banyak prosesor AMD dan Intel kotak ritel akan datang dengan solusi pendinginan stok yang cukup untuk pengguna rata-rata. Pabrikan tidak akan menjual pendingin beserta produknya yang tidak memadai. Pendingin aftermarket dapat dipilih untuk mengurangi kebisingan kipas, atau bagi mereka yang suka mendorong komputer mereka melewati pengaturan pabrik, yang menciptakan lebih banyak panas, menghasilkan unit pendingin berperforma lebih tinggi.