Hanya Butuh 5 menit Untuk Cek Kondisi Mobil Sebelum Digunakan

Hanya Butuh 5 menit Untuk Cek Kondisi Mobil Sebelum Digunakan

Mobil harus dirawat agar tetap awet dan nyaman digunakan. Bagaimana cara merawat mobil agar tetap awet dan nyaman saat dikendarai? Mobil yang sering digunakan tentunya perlu ekstra hati-hati. Jika mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan, Anda tidak akan menginginkannya bukan?

Apapun jenis mobilnya, baik mobil matic maupun manual, perawatan tetap diperlukan. Perawatan rutin harus dilakukan untuk menjaga mobil agar selalu aktif dan dalam kondisi baik saat digunakan.

Baca Juga :  5 Mesin Las 450 Watt Termurah dan Tahan Lama

Seperti yang kita ketahui bersama, agar mobil tetap dalam kondisi baik dan siap pakai, maka harus dirawat secara rutin.

Caranya tidak sulit, cukup datang ke bengkel resmi dan tunggu mekanik mengecek bagian-bagian penting.

Biasanya dilakukan setiap beberapa bulan, tergantung pada jarak yang ditempuh atau jangka waktu tertentu yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Baca Juga :  7 Penyebab Mesin Cuci Rusak dan Cara Mengatasinya

Namun, terkadang kerusakan terjadi setelah mobil menemui kondisi tertentu. Misalnya, menabrak lubang di jalan atau mengalami kecelakaan ringan dengan mobil lain.

Kendaraan tidak langsung mogok, namun beberapa bagian mengalami kerusakan. Jika tidak diperiksa, mobil dapat menjadi tidak dapat digunakan dan harus diderek ke bengkel.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pemilik mobil sebaiknya mengecek kondisi mobil setiap kali melakukan perjalanan. Caranya tidak sulit, hanya membutuhkan waktu lima menit.

Baca Juga :  Kenali 5 Tanda Perkakas Listrik Anda Sudah Mulai Rusak

komponen pertama yang diperiksa yakni air radiator, Ini dilakukan dengan melihat ke bawah mobil untuk memastikan tidak ada tetesan yang warnanya sama dengan cairan radiator. Kemudian, periksa apakah volume kotak penyimpanan cairan memenuhi peraturan.

Setelah selesai pemasangan radiator, lanjutkan pengecekan kondisi oli mesin. Caranya sama, yaitu periksa apakah ada tetesan oli di lantai dan pastikan jumlahnya masih mencukupi.

Baca Juga :  8 Jenis-Jenis Tang yang Umum Dijumpai

Cara termudah adalah dengan memeriksa oli dan pelumasan di dalam mobil. Anda dapat memantau oli mesin melalui dipstick, atau memeriksa radiator dan reservoir minyak rem.

Tutup kap mesin, lalu lanjutkan untuk memeriksa wiper atau wiper kaca depan. Jika karet sudah rapuh atau tidak bisa dibersihkan dengan sempurna saat digunakan, segera ganti dengan yang baru.

Baca Juga :  7 Tips Cara Perawatan Mesin Bor yang Baik

Terakhir, pantau kondisi ban. Tekanan angin harus cukup, tidak ada benda tajam yang tersangkut, bunga dan tidak ada kerikil.

Kondisi kendaraan yang optimal akan memberikan performa yang baik dan konsumsi bahan bakar yang irit.