10 Peralatan Listrik yang Harus dimiliki di Rumah

10 Peralatan Listrik yang Harus dimiliki di Rumah

Listrik merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Khusus untuk keluarga, listrik hampir dapat memenuhi semua kebutuhan pokok, seperti memasak, menonton TV, mengisi baterai ponsel pintar, dan kebutuhan penerangan.

Selain memahami fungsi berbagai peralatan listrik, tentunya Anda harus menguasai beberapa alat listrik dasar agar berbagai peralatan listrik di rumah dapat berjalan dengan lancar. Jadi, apa saja peralatan yang dibutuhkan di rumah?

1. Saklar Listrik

Saklar Listrik

Banyak orang mungkin tidak menyadari perbedaan antara sakelar dan soket. Fungsi dari alat listrik adalah untuk memutus aliran listrik untuk menghemat listrik rumah tangga. Penggunaan sakelar sangat nyaman, karena daya dapat dihidupkan dan dimatikan dengan menekan tombol alat listrik searah dengan permukaan.

Baca Juga :  Keuntungan CCTV Untuk Memantau Aktifitas Binatang Peliharaan Di Rumah

2. Stop Kontak Listrik

Perangkat listrik pertama yang harus dilengkapi di setiap sudut rumah adalah stop kontak. Jenis perangkat listrik berupa stop kontak ini merupakan titik sambungan yang bertanggung jawab untuk menyalurkan daya ke berbagai perangkat elektronik di rumah Anda dan memasangkannya dengan cara dicolokkan ke dinding atau menggunakan kabel.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Lampu Plafon Untuk Rumah Anda

Stop Kontak Listrik

Alat listrik ini memiliki berbagai jenis, bentuk, ukuran, batas arus dan tegangan sesuai standar nasional. Untuk Indonesia, soket yang digunakan adalah Tipe C dan Tipe F, dengan frekuensi 50 Hz dan tegangan 220 volt.

3. Steker Listrik

Steker Listrik

Colokan listrik atau yang biasa dikenal dengan istilah colokan listrik adalah perangkat listrik dengan fungsi konduktif yang dihubungkan dengan stop kontak. Pada saat yang sama, penggunaan alat listrik ini sangat sederhana, cukup masukkan steker ke dua soket searah.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Daftar Merk Saklar dan Stop Kontak Terbaik

4. Meteran Listrik

Meteran Listrik

Setiap rumah yang terhubung dengan jaringan listrik harus dilengkapi dengan meteran listrik yang dipasang di dinding rumah. Dengan peralatan listrik semacam ini, jumlah listrik yang digunakan oleh konsumen akan ditampilkan dalam kilowatt-jam (kilowatt-hour) dan dicatat oleh pejabat PLN untuk pembayaran.

5. Fitting Lampu

Fitting Lampu

Lampu juga merupakan salah satu peralatan listrik yang dibutuhkan setiap rumah tangga. Alat listrik ini digunakan untuk menempatkan bola lampu di tengah. Di pasaran, ada dua model alat listrik ini, yaitu model ulir dan model sumpit, yang dipasangkan dengan cara menusukkan ujung lampu ke tempatnya.

Baca Juga :  Inovasi Perkembangan Kelistrikan di Dunia

6. Ballast Lampu

Ballast Lampu

Tugas peralatan listrik berupa ballast lampu adalah untuk menyeimbangkan dan mengatur arus yang masuk ke lampu, membuat kinerjanya lebih stabil, dan melindungi lampu dari kerusakan karena menggunakan karakteristik daya yang sesuai. Saat memasang, Anda dapat memasang alat listrik ini ke kap lampu, atau menggunakan dudukan di dekat lampu untuk memasangnya secara terpisah.

Baca Juga :  Tahukah Kamu Mengapa AC Tidak Boleh Dipasang Di Atas Pintu?

7. Soket Listrik

Soket Listrik

Jangan lewatkan alat listrik ini karena termasuk dalam daftar alat listrik penting di rumah Anda. Secara umum colokan listrik atau stop kontak jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan colokan listrik, namun tujuannya lebih spesifik. Alat listrik ini digunakan untuk menyalurkan arus ke berbagai jenis peralatan rumah tangga, seperti TV atau telepon dengan lubang khusus.

Baca Juga :  Ini Solusi MCB Posisi On Tapi Listrik Mati

8. Pengaman Listrik

Pengaman Listrik

Setiap rumah juga perlu menggunakan proteksi listrik untuk meminimalisir kemungkinan kebakaran akibat korsleting. Sebagai peralatan listrik untuk menghindari arus berlebih, Anda dapat memilih fuse atau sekering, MCB atau pemutus sirkuit mini, pentanahan yang bekerja dengan memasukkan arus bocor ke bumi, ELCB atau pemutus sirkuit kebocoran, dan bentuk pengaman listrik lainnya dari peralatan listrik.

Baca Juga :  Peralatan Listrik Rekondisi Agar Bisa Aman, Handal, dan Berkelanjutan

9. Kabel Listrik

Kabel Listrik

Peralatan listrik yang harus digunakan di rumah adalah kabel yang berfungsi untuk menghantarkan arus. Di pasaran, Anda dapat menggunakan tiga varian kabel utama, seperti kabel listrik NYA dalam berbagai warna, NYM putih, dan NYY hitam.

Kabel NYA merupakan kabel berisolasi inti tunggal, sehingga perlu dimasukkan ke dalam pipa PVC agar tidak terkelupas. Kabel NYM dilindungi oleh selubung karet, sehingga lebih kuat dari kabel NYA dan cocok untuk ditanam di dinding saat pemasangan.

Baca Juga :  7 Tahapan Cara Pasang AC Yang Benar di Rumah

Pada saat yang sama, kabel NYY memiliki isolasi ganda, sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik. Kabel NYY ini tentunya tahan air dan tahan tekanan, sehingga sangat cocok untuk ditanam atau digunakan di bagian luar rumah.

10. Extension Stop Kontak

Apakah rumah Anda memiliki outlet listrik yang terbatas? Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan alat listrik ini. Soket ekstensi adalah sambungan kabel yang dapat menambah colokan atau soket. Selain menambah, alat ekstensi soket listrik juga merupakan perpanjangan soket. Oleh karena itu, jika perangkat elektronik yang Anda gunakan memiliki soket kontak terbatas, Anda dapat menggunakan alat ekstensi soket listrik ini agar lebih fleksibel.

Baca Juga :  Sistem pemantauan dan kontrol daya nirkabel dengan fungsi pemantauan untuk pembangkit listrik tenaga surya rumah

Extension Stop Kontak

Kesepuluh jenis peralatan listrik di atas harus tersedia di rumah agar instalasi listrik tetap terjaga dan berjalan normal. Nah, buat kamu yang sedang membangun atau merenovasi rumah, jangan lupa siapkan peralatan listrik di atas ya!

Pencarian Kata Kunci : Penghemat Listrik - Alat Hemat Listrik - Penurun Daya Listrik - Penghemat Daya Listrik - Harga Penghemat Listrik - Grosiran Alat Listrik - Daftar Alat Listrik - Alat Untuk Menstabilkan Tegangan Listrik - Alat Untuk Menghemat Listrik - Alat Untuk Menaikan Tegangan Listrik - Alat Penurun Daya Listrik - Alat Penghemat Listrik 900 Watt - Alat Penghemat Listrik 2200 Watt - Alat Penghemat Listrik - Alat Penghemat Daya Listrik - Alat Menstabilkan Tegangan Listrik - Alat Listrik Dan Fungsinya - Peralatan Listrik -