Pengertian Dan Fungsi AVO Meter Sebagai Alat Utama Pengukuran Listrik

Pengertian Dan Fungsi AVO Meter Sebagai Alat Utama Pengukuran Listrik

Avo meter adalah alat yang sangat penting, terutama cocok untuk sobat yang ingin mencoba memperbaiki berbagai peralatan elektronik rumah tangga seperti TV, radio, DVD, mesin cuci, kulkas, pompa air, dll.

Pernahkah Anda melihat sesuatu seperti ini di gambar? Ini disebut AVO meter, dan ahli kelistrikan biasanya menggunakannya untuk mengukur komponen. Menurut para ahli kelistrikan atau elektronika, Multitester atau multimeter adalah nama lain dari Avometer.

Baca Juga :  4 Cara Pasang Saklar Lampu Sendiri di Rumah Kalian

Bagi mereka, benda ini merupakan alat ukur yang sangat penting, karena tanpa alat ini mereka seolah-olah tidak ada kehidupan. Demikian pula, menurut ayah saya, dia adalah seorang tukang reparasi elektronik.

Namun tahukah Anda bahwa tidak semua orang bisa menggunakannya, Anda memerlukan keahlian dalam membaca satuan listrik seperti ampere dan ohm, terutama Avometer yang sulit dibaca atau multimeter analog.

Baca Juga :  Mengenal Satelit Luar Angkasa

Apakah Anda tahu cara menggunakannya, tahukah Anda mengapa disebut AVO meter? Berikut penjelasanya.

Pengertian AVO meter

AVO meter mewakili ampere, volt, dan ohmmeter, sehingga Avometer adalah alat untuk mengukur arus, tegangan, dan hambatan dalam suatu rangkaian.

Kita hanya perlu mengarahkan saklar pemilih pada AVOmeter ke arah yang ingin kita ukur, apakah itu ampere, volt atau ohm. Dan tusuk kedua jarum tersebut ke dalam komponen yang ingin Anda ukur, lalu pointer akan menampilkan hasilnya.

Baca Juga :  3 Tips Cara Memperbaiki Stop Kontak Dirumah kalian

AVO meter

Sebelum saya perkenalkan dua bersaudara itu, yaitu multimeter analog dan multimeter digital. Avometer analog adalah multimeter yang menggunakan pointer untuk mendapatkan hasil pengukuran.

Multimeter analog cukup sulit untuk dibaca, karena selain melihat dengan cermat arah penunjuk, Anda juga harus melihat skala pada pemilih sakelar, kemudian mengalikannya dengan rumus yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Tips Memilih Jenis Lampu Senter Sesuai Kebutuhan Pekerjaan

Avometer digital lebih simpel karena Anda hanya perlu melihat hasil pengukuran yang akan tertera jelas langsung dengan model hasil pengukuran Anda. Namun, multimeter jenis ini sangat mahal, jadi jarang ada.

Ada juga multimeter yang dapat mengeluarkan suara.Fungsi suara pada multimeter adalah untuk melihat hasil pengukuran ohm (apakah terdapat penghantar pada rangkaian).

Baca Juga :  Begini Cara Memasang Lampu Gantung Hias yang Baik dan Benar

Biasanya teknisi atau tukang seperti saya (promosi) selalu menyimpan multimeter di sakunya, karena harus membuka dan memeriksa multimeter saat mengukur hambatan adalah hal yang merepotkan.

Bagian-bagian dari Avometer

Jarum penunjuk atau Pointer

Digunakan untuk menampilkan nilai hasil pengukuran selama pengukuran. Pointer ini hanya ditemukan di Avometer analog.

Skala ukur

Skala pengukuran adalah nilai yang terdapat dalam multimeter, dan jarum pengukur akan menampilkannya untuk melihat berapa nilai yang Anda ukur.

Baca Juga :  5 Stop Kontak yang Awet Digunakan Dirumah Kalian

Terminal + dan – com

Tеrmіnаl + dan – соm аdаlаh bаgіаn dаrі аvоmеtеr уаng berhubungan lаngѕung dengan rаngkаіаn agar dapat dіukur, sedangkan tulіѕаn + dаn – соm іnі adalah ѕеbаgаі tаndа agar kеtіkа mеngukur DCV аtаu DcmA tіdаk tertukar posisi tеrmіnаlnуа, kаrеnа hal tеrѕеbut dapat mempengaruhi hasil реngukurаn ѕоbаt.

Selektor switch

Selektor switch adalah bagian dari multimeter. Ini adalah sakelar putar yang digunakan untuk memilih posisi meteran dan batas pengukuran. Misalnya, sakelar pemilih mengarah ke bagian ohm x10, yang berarti resistansi dapat diukur, tetapi arus atau tegangan tidak dapat diukur.

Baca Juga :  Tips Cara Merawat Setrika Agar Tahan Lama

Sеlеktоr ѕwіtсh mеruраkаn bаgіаn dаrі avometer уаng mеnjаdі kunсі utаmа bіlа kіtа menggunakan аvоmеtеr. Pаdаbаgіаn ѕеlеktоr ѕwіtсh bіаѕаnуа tеrdараt 4 роѕіѕі ukur dаn ѕаtu роѕіѕі оff.

Posisi ACV yang tеrdіrі 10, 50,250, 1000 bеrfungѕі untuk mengukur tеgаngаn аruѕ AC,

Pоѕіѕі dari оhm уаng tеrdіrі dаrі x1, x10, x10, x1k, dаn x10k bеrfungѕі untuk mengukur tаhаnаn

Baca Juga :  Tahukah Kamu Mengapa AC Tidak Boleh Dipasang Di Atas Pintu?

Pоѕіѕі DcmA уаng terdiri dаrі µ50, 2,5, 25, 0,25A bеrfungѕі untuk mengukur mili аmреrе, роѕіѕі іnі ѕеrіng digunakan оlеh anak-anak еlеktrоnіkа, nаmun уаng sering раrа tеknіѕі pakai аdаlаh роѕіѕі оhmmеtеr.

Pоѕіѕі DCV уаng tеrdіrі dаrі 0.1, 0.5, 2.5, 10, 50, 250, 1000 bеrfungѕі untuk mеngukur tegangan аruѕ DC

Angka BU

Tunjukkan nilai dan nilai yang ingin Anda ukur.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kipas Angin Tidak Mau Berputar

Zero Adjusment

Penyetelan nol digunakan untuk membuat atau mengatur penunjuk atau penunjuk ke posisi nol pada saat standby/netral ketika Anda ingin menggunakan posisi ohm, karena hal ini akan mempengaruhi hasil pengukuran Anda.

Meter kolektor

Saat menggunakan tabel AVO, digunakan untuk mengatur penunjuk AVO ke nol.

Penjelasan bagian-bagian dan fungsi masing-masing bagian dari multimeter diatas tidak berlaku untuk AVOmeter atau multimeter digital, karena avometer digital lebih mudah digunakan daripada saudara analognya.

Baca Juga :  5 Tips Hemat Daya Listrik yang Bisa Sobat Lakukan di Rumah