9 Tips Membuat Kamar Mandi Menjadi Cerah

9 Tips Membuat Kamar Mandi Menjadi Cerah

Selain bersih dan bebas bau, suasana kamar mandi juga harus terlihat cerah agar bisa nyaman. Namun, banyak kamar mandi memiliki cahaya alami yang terbatas atau tanpa jendela, membuatnya agak gelap.

Kita tentu memiliki gambaran ideal kamar mandi yang sempurna di rumah kita. Biasanya Anda akan melihat beberapa desain interior di media sosial, mengambil foto kamar mandi yang unik dan menarik dari berbagai sudut, tidak peduli sepertinya ada cahaya yang masuk di dekat jendela, lalu dipantulkan ke dinding dan bersinar di dekat area rias, membuat kamar mandi terlihat sempurna.

Baca Juga :  7 Daftar Penyebab Utama Keramik Pecah

Jadi, bagaimana jika kamar mandi Anda tidak terlihat seperti versi di media sosial? Jangan khawatir, Anda seharusnya tidak memiliki ruangan yang gelap dan suram. Berikut tips kami untuk menerangi kamar mandi saat cahaya terbatas atau tidak ada cahaya yang masuk sama sekali

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa teknik efektif yang bisa digunakan untuk menerangi kamar mandi yang gelap.

Baca Juga :  5 Cara Memotong Kaca Dengan Mudah

1. Tambah pencahayaan

Apakah sulit membaca label perlengkapan mandi di kamar mandi? Saatnya untuk menambahkan beberapa pencahayaan.

Jika Anda tidak dapat menambahkan cahaya alami, tambahkan lampu tersembunyi di langit-langit kamar mandi. Dapatkan bantuan dari tukang untuk membuat pencahayaan yang lebih cocok untuk kamar mandi yang gelap.

2. Gunakan keramik netral

Jika Anda berencana untuk merenovasi kamar mandi Anda, Anda memiliki kesempatan untuk mengganti ubin kamar mandi, termasuk dinding dan lantai.

Baca Juga :  5 Jenis Tipe Gembok untuk Rumah dan Bangunan

Sebagai gantinya, pilihlah keramik berwarna netral dan ubin bermotif. Warna yang disukai adalah gading, krem, dan putih.

Akhiri tampilan dengan mengecat dinding dengan warna netral dan menggunakan cat putih pada plafon untuk memantulkan banyak cahaya dan terlihat cerah.

3. Cat dengan warna cerah

Jika dinding kamar mandi Anda dilapisi dengan cat gelap atau wallpaper yang menyerap cahaya, tambahkan beberapa lapis pernis.

Baca Juga :  Kenali 8 Penyebab Lantai Keramik Terangkat dan Pecah dan Cara Mengatasinya

Warna cat tidak harus putih. Ada banyak pilihan warna cat cerah seperti biru, kuning, merah, yang dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan terasa lebih cerah.

4. Pasang lampu di pinggiran cermin

Agar cermin di kamar mandi dapat digunakan, gunakan pencahayaan yang baik. Jika pantulan cermin redup, tambahkan pencahayaan dari scone cahaya di setiap sisi cermin.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Retak Rambut Bercabang di Dinding Rumah Anda

Lampu ini akan menerangi wajah Anda secara detail sehingga Anda bisa merias wajah dengan baik.

5. Jauhkan kekacauan

Kamar mandi yang gelap dan berantakan akan terlihat suram. Oleh karena itu, banyak cahaya yang digunakan untuk membuat kamar mandi terlihat rapi dan rapi.

6. Gunakan permukaan reflektif

Perlengkapan sanitasi, lampu dan bingkai cermin yang terbuat dari kuningan atau krom digunakan di kamar mandi.

Baca Juga :  4 Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit

Permukaan logam reflektif yang mengkilap dapat memantulkan cahaya di sekitar kamar mandi yang gelap, membuat ruangan terlihat lebih cerah.

7. Pertimbangkan Wallpaper

Wallpaper dapat membuat kamar mandi yang paling kusam sekalipun terlihat lebih cerah. Karena ukuran kamar mandi biasanya kecil, wallpaper menjadi pilihan yang ekonomis.

Pilih pola yang menarik, imut, atau sesuatu dengan elemen logam untuk mendapatkan hasil akhir yang ringan dan elegan. Tentu saja, Anda dapat menggunakan wallpaper di area cermin atau dinding toilet, bukan di area shower.

Baca Juga :  Jenis Konstruksi yang Perlu Diketahui

8. Pasang Rak Penyimpanan Terbuka

Jika ruangan gelap dan sempit, hal terakhir yang Anda inginkan adalah lemari pakaian besar yang memakan banyak ruang dinding. Di sisi lain, Anda pasti menginginkan ruang terbuka yang terang dan lapang.

Dengan cara ini, memiliki ruang penyimpanan terbuka akan memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, rak dapat ditempatkan aksesoris cantik seperti tanaman dan lilin.

Baca Juga :  4 Komponen Penting dalam Membangun Rumah agar Hemat Biaya

9. Tambahkan Tanaman kecil

Tanaman kecil akan menambah vitalitas ke ruangan mana pun, tetapi ketika tidak ada cahaya alami untuk menjaga vitalitas tanaman, itu bisa menjadi sedikit rumit. Keuntungannya adalah Anda bisa memasang tanaman buatan yang bisa beradaptasi dengan nuansa ruangan, dan lebih mudah perawatannya.